Cara Download Subtitle Indonesia Terbaik Tahun 2021

Cara Download Subtitle Indonesia Terbaik Tahun 2021 –  Penerapan subtitle tidak akan pernah lepas dari kegiatan menonton film, terutama film berbahasa asing. Apalagi jika tidak memungkinkan untuk membuat subtitle sendiri, maka pilihan yang tepat adalah dengan mengunduh subtitle di situs yang sudah terkenal kredibel. Untuk mengunduh subtitle berbahasa Indonesia tidak bisa dilakukan dengan cara yang sembarangan, jadi kalian harus memastikan terlebih dahulu bahwa situs yang menyediakan subtitle tersebut memang cukup aman untuk diakses, selain itu juga file subtitle harus nyambung dengan tata bahasa yang baik. Lantas, situs download apa saja yang menyediakan subtitle Indonesia yang paling banyak digunakan? Nah untuk mengetahui situs download subtitle Indonesia paling popular dan tentu saja aman digunakan, kalian bisa simak penjelasan dari beberapa rekomendasi situs download subtitle Indonesia di bawah ini. 

Rekomendasi Situs Untuk Download Subtitle Indonesia Terbaik Dan Aman

Berikut beberapa situs yang bisa kalian gunakan :

1. Moviesubtitles.org

Situs mendownload subtitle film ini memang lumayanan populer bagi para pecinta film. Apalagi dengan adanya salah satu keunggulan dari situs ini yaiitu mereka telah menyediakan berbagai pilihan bahasa. Terdapat juga fiitur pencarian di dalamnya, fitur ini bisa akan memudahkan kalian menemukan subtitle baru. Website ini akan memunculkan secara otomatis rekomendasi teratas dari subtitle yang dicari, jadi kalian bisa memilih subtitle yang paling banyak dicari oleh pengguna website tersebut.

2. Open Subtitles

User interface yang disediakan oleh situs ini mungkin akan kembali mengingatkan kalian pada sebuah forum. Namun, tampilan pada situs ini terbilang dapat mudah dimengerti untuk para pengunjung website. Berbagai kumpulan koleksi subtitle yang terdapat di dalamnya sudah mencapai ribuan, jadi kalian juga bisa lebih mudah menemukannya melalui fitur pencarian yang disediakan, para pengguna juga dapat memilih subtitle dengan bahasa sesuai keinginan mereka. Kalian tidak perlu khawatir, sebab situs Open Subtitles ini termasuk website yang rajin melakukan update koleksi subtitle di dalamnya.

3. Subtitles.hr

Situs Subtitles.hr ini cukup popular sebagai tempat unduh mengunduh subtitle film dari berbagai bahasa, tak terkecuali juga dengan subtitle Indonesia yang mungkin sedang kalian cari untukdapat menonton film favorit, apalagi koleksi subtitle film yang disediakan oleh situ ini juga lumayan lengkap. 

Situs ini mempunyai tampilan yang ringkas, jadi ini akan dapat memudahkan kalian untuk menemukan subtitle yang dicari. Selain itu, pop up iklan pun tidak ada, hal ini pun tidak akan menggangu. Situs ini juga akan mengurutkan berbagai jenis subtitle berdasarkan alfabet dengan baik, jadi para pengguna akan lebih mudah untuk menemukan subtitle yang dibutuhkan mereka.

RajaBackLink.com

 

4. iSubtitles.org

Situs iSubtitles.org juga menyediakan berbagai kumpulan subtile film dari beragam genre, apalagi kalian bisa mengunduh berbagai subtitle yang dibutuhkan dengan secara gratis. Situs ini juga memiliki tampilan yang sangat sederhana tanpa ada iklan yang muncul. Apalagi terjemahan dari subtitle lumayan baik sehingga dapat membantu kalian untuk bisa memahami sebuah film dan serial TV.

5. SubsDog

Untuk kalian yang suka menonton film Thailand, maka situs Subsdog telah menyediakan berbagai kumpulan subtitle yang lengkap. Selain itu, di situ ini juga terdapat subtitle untuk anime Jepang ataupun film barat. Interface yang ringan membuat prose pengunduhan mudah untuk dilakukan dan tidak akan membingungkan para penggunanya. Kalian hanya perlu untuk mengetikkan judul film yang ingin kalian tonton di kolom pencarian saja, maka subtitle yang dicari pun akan segera muncul. Apalagi situs ini juga tidak terdapat iklan-iklan yang cukup mengganggu, dengan background situs yang bertema gelap akan membuat pengguna semakin betah dalam menonton film kesukaan mereka.

 

6. Island Fansubs

Situs Island Fansubs juga menyediakan subtitle dari berbagai jenis film. Sebenarnya, situs ini memang dirancang khusus untuk mereka yang sedang mencari subtitle berbahasa Indonesia. Dengan adanya situs ini, kalian juga akan bisa menemukan subtitle drama Korea maupun serial Asia lainnya. Jadi untuk kalian yang suka menonton serial film luar negeri, situs ini akan menyediakan subtitle dengan cukup lengkap. Apalagi tampilannya yang cukup ringkas dalam situs ini dan tanpa iklan menjadi keunggulan dari situs ini.

7. Subscene.com

Situs Subscene.com bisa kalian jadikan sebagai pilihan yang tepat untuk kalian menonton film. Sebab di dalam situs ini telah tersedia menu filter yang akan memudahkan penggunanya untuk menemukan subtitle film kesukaan mereka. Jika ingin menggunakan fitur ini, maka kalian hanya perlu klik edit pada bagian atas situs.

8. Subs4free

Situs ini akan menyediakan subtitle secara gratis untuk setiap penggunanya, apalagi disitus ini tersedia berbagai koleksi subtitle film dan serial TV yang lumayan lengkap sehingga sering digunakan oleh banyak orang.

9. Podnapisi

Sedang mencari subtitle film atau drama sulit dicari? Mungkin situs Podnapisi ini bisa menjadi solusi yang tepat. Database subtitle di dalamnya terus diperbarui sehingga semakin lengkap. Tak heran potensi pengunjungnya menemukan subtitle memang semakin besar.

10. DivXSubtitles

Situs ini termasuk lumayan mudah untuk dipahami sebab menampilkan detail dan informasi penting untuk setiap subtitle yang ditambahkan. Jadi kalian akan melihat tanggal rilis, judul film, uploader, dan bahasa yang digunakan pada subtitle. Dengan melalui data-data tersebut, maka kalian akan lebih mudah untuk memilih subtitle terbaik pada film yang ingin kalian tonton.

Beberapa Tips Download Subtitle Indonesia di Film

1. Perhatikan Format File Pada Film

Tips pertama yang penting untuk kalian perhatikan adalah pastikan format file pada film sudah sesuai dengan subtitle yang akan kalian unduh. Hindari juga untuk mendownload subtitle sebelum muncul tab berisi database subtitle film yang dicari, sebab apabila sembarangan mengunduh, link tersebut bisa saja merupakan malware.

2. Sesuaikan Dengan Kompatibilitas Subtitle

Apabila jendela berisi database subtitle sudah ditampilkan, maka setelah itu kalian dapat memilih subtitle sesuai dengan kebutuhan kalian. Tidak sedikit juga para uploader akan memberikan nama subtitle yang mereka unggah dengan keterangan kompatibilitas.

3. Memilih Cara Download Subtitle yang Benar

Tidak jarang situs download subtitle juga akan memberikan pilihan opsi untuk mengunduh subtitle secara otomatis ataupun dengan manual. Jadi kalian akan bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan koneksi jaringan yang tersedia pada perangkat kalian.

4. DIsarankan Untu Mengganti File yang Corrupt

Apabila sudah mendownload subtitle film, namun ternyata corrupt, maka untuk solusinya adalah mencari subtitle yang lain. Sebab hal ini tidak akan membuat kalian bingung ketika mendapati subtitle yang tidak sesuai ataupun jika terjadi error. Kendala seperti ini memang umumnya sering terjadi dan dialami ole para pecinta film yang ingin mendownload subtitle film secara gratis.

Cara Untuk Dapat Memasukkan Subtitle Film 

1. Menggunakan Pilihan Opsi Rename File

Metode ini akan dilakukan dengan cara menyesuaikan nama file film dan subtitle yang ingin dipakai, berikut langkah-langkahnya.

  1. Langkah pertama, pastikan kalian telah mendownload film yang ingin dimasukkan subtitle ke dalamnya.
  2. Lal buat satu folder untuk menempatkan subtitle film yang terkait.
  3. Kemudian pada tahap ini, kalian perlu menyesuaikan antara nama film dengan subtitlenya. Jadi hal ini yang akan membedakan adalah ekstensinya

Contoh:

Mission.Impossimble.10.720p.BluRay.x264.998MB-PAHE.in.mkv

Mission.Impossimble.10.720p.BluRay.x264.998MB-PAHE.in.srt 

2. Menggunakan Pilihan Opsi Drag File Subtitle

Pada meetode ini film dan subtitle tidak selalu harus satu folder, jadi kalian juga bisa drag dari file WinRar apaila belum diekstrak. Berikut langkah-langkahnya :

  1. Kalian harus memastikan telah menyiapkan file film dan subtitle yang ingin dimasukkan terlebih dahulu.
  2. Kemudian buka file film lalu drag file subtitle ke dalam video player., apabila file subtitle masih berada di dalam WinRar, maka kalian juga bisa melakukan drag dengan cara yang sama. Selain itu, kalian juga bisa mengekstraknya terlebih duhulu.

3. Dengan Menggunakan Video Player

Metode ini dilakukan dengan menampilkan subtitle melalui video player yang ingin kalian gunakan, berikut langkah-langkahnya : 

  1. Langkah pertama bukalah file film menggunakan video player yang ada di perangkat kalian.
  2. Lalu klik bagian kanan pada video player kemudian pilih menu.
  3. Setelah itu pilih Subtitle Exprorer, lalu klik ikon Folder atau Open.
  4. Langkah terakhir pilih file subtitle yang sesuai dengan film yang ingin kalian putar.

Apabila kalian menggunakan perangkat PC, maka aplikasi video player yang bisa kalian gunakan adalah VLC Player, Media Player Classic, dan GOM Player.

Cara Untuk Membuat Subtitle di Perangkat PC

1. Dengan Menggunakan Notepad

Notepad adalah aplikasi yang secara default sudah ada di setiap laptop Windows. Untuk membuat subtitle pada aplikasi ini memang membutuhkan ketelitian serta kesabaran yang besar.

  1. Pada baris pertama Notepad, ketikkan angka 1.
  2. Lalu klik Enter untuk membuat baris berikutnya.
  3. Kemudian masukkan waktu subtitle yang akan dimulai dengan menggunakan format jam:menit:detik:milidetik. Contohnya 00.01.20.00.
  4. Setelah itu ekan Enter kembali untuk membuat baris baru.
  5. Lalu masukkan subtittle di bawah format waktu yang sudah ditentukan sebelumnya.
  6. Kalian dapat ulangi langkah-langkah di atas secara berurutan untuk menyelesaikan subtitle yang dimasukkan.

Selain itu, beri jarak satu baris enter agar subtitle berikutnya bisa tertata dengan rapi.

2. Dengan Menggunakan Aegisub

Aegisub adalah software yang bisa kalian gunakan untuk membuat subtitle dengan font  yang lebih mudah dibaca. Bentuk font pada software ini tidak akan sama seperti yang ada di Notepad. Selain itu, kalian juga dapat memberikan warna sesuai keinginan pada subtitle. Apalagi ukuran aplikasi ini lumayan ringan untuk diinstall di perangkat PC. Penggunaannya juga gratis tanpa mengeluarkan biaya apapun. Terdapat fitur preview di dalamnya yang akan membantu kalian dalam proses mengedit. Jadi, kesalahan dalam proses membuat subtitle bisa diminimalisir.

Untuk lebih jelasnya, berikut langkah-langkah membuat subtitle menggunakan Aegisub :

Buka File Film

Langkah pertama adalah membuka file film, dengan cara klik menu Video lalu Open Video. Selanjutnya, cari dan pilih file film yang ingin kalian buat subtitlenya.

Mengatur Tampilan

Langkah yang kedua adalah menentukan tempat untuk mengatur tampilan warna, gaya font, dan ukuran dari subtitle. Jadi, kalian dapat mengatur teks subtitle dengan leluasa sesuai dengan keinginan kalian. Namun, kalian juga perlu untuk memastikan subtitle tersebut nyaman dan enak dibaca. Cara untuk mengatur tampilan adalah dengan klik menu Subtitle lalu pilih opsi Styles Manager. Kemudian pada menu tersebut, kalian bisa mengatur tampilan font subtitle dengan mudah.

Mulai Mengetik Subtitle

Pada tahap ini, kalian akan mulai untuk mengetikkan subtitle. Caranya adalah dengan memilih menu Audio Box, namun apabila kalian ingin memisahkan garis subtitle, maka kalian hanya perlu memasukkan \N agar terlihat lebih rapi. Apabila subtitle sudah selesai diketikkan, maka kalian tekan Enter atau tombol Commit untuk dapat menyimpannya.

Menyimpan Hasil Akhir Subtitle

Langkah terakhir, kalian hanya perlu untuk menyimpan hasil akhir pembuatan subtitle film, Caranya hanya dengan melakukan klik menu File lalu pilih Save Subtitle atau dengan menekan shortcut Ctrl+S.