Cara Membuat Daftar Absen Pada Google Classroom

Cara Membuat Daftar Absen Pada Google Classroom – Semakin meluasnya wabah Covid-19 di Indonesia,sehingga dimasa pandemi seperti ini membuat pemerintah memperpanjang peraturan tentang Stay At Home. Hal itu pun membuat kita untuk memperpanjang Work From Home dan juga School From Home bagi yang masih sekolah. Para penyedia layanan media belajar mengajar secara online pun semakin bertambah pesat seiring dengan terjadinya pandemi ini. Salah satunya platform yang telah disediakan oleh Google, layanan ini berfungsi untuk mempermudah proses belajar mengajar secara online, yang dinamakan dengan Google Classroom.

Layanan yang bernama Google Classroom ini sendiri merupakan wadah untuk mempermudah guru dalam memposting tugas dan juga menentukan deadline tugas yang tentu saja untuk dikerjakan oleh para siswa secara online. Para siswa pun dapat langsung mengerjakan tugas tersebut, mereka dapat melakukan submit dan guru akan langsung menilai hasil atau jawaban siswa secara online. Dengan kata lain Google Classroom ini sangat membantu para siswa dan juga guru, meskipun pembelajaran harus dilakukan secara online dari rumah. Selain untuk memposing tugas dan juga deadline pelajaran, layanan Google Classroom ini juga dapat memungkinkan guru dan dosen untuk dapat mengetahui daftar kehadiran para siswa yang diajarnya. Hal ini seperti belajar mengajar di sekolah, namun dilakukan secara online dan tidak bertatap muka langsung.

Nah pada artikel kali ini, saya akan membahas mengenai bagaimana cara untuk absen di Google Classroom. Biasanya dalam kegiatan belajar mengajar, sebelum kelas dimulai pasti para guru ataupun dosen akan mengabsen para siswa dan juga mahasiswa yang hadir pada pelajarannya. Dalam platform Google Classroom ini pun para guru atau dosen dapat mengabsen para siswa dan juga mahasiswanya sebelum memposting tugas beserta deadline pelajaran. Hal ini dapat mempermudah para guru atau dosen untuk mengetahui siapa saja yang hadir kelasnya dan juga siapa saja yang mengerjakan tugas yang dipostingnya, walaupun tidak bertatap muka secara langsung.

Agar dapat membuat absen pada platform Google Classroom, kita akan mencoba memanfaatkan fitur pertanyaan yang telah tersedia pada Google Classroom. Dengan hanya menggunakan fitur tersebut, membuat absen jadi lebih mudah dan juga tidak membuang waktu. 

Cara Membuat Daftar Absen di Platform Google Classroom

Agar kalian dapat mengetahui bagaimana cara untuk membuat daftar absen pada platform Google Classroom ini, maka silahkan kalian dapat simak baik-baik ulasan di bawah ini. Saya akan memberikan informasi untuk bisa membuat daftar absen pada Google Classroom dengan mudah.

RajaBackLink.com

Berikut merupakan langkah-langkah singkat Membuat Absen Pada Google Classroom :

  1. Bukalah aplikasi Google Classroom yang telah berhasil kalian unduh.
  2. Lalu pilih menu Tugas Kelas.
  3. Setelah itu klik tanda + (plus).
  4. Lalu silahkan pilih pertanyaan, kalian bisa memberikan nama pertanyaan, lalu beri petunjuk.
  5. Setelah itu, pilih Poin > silahkan ganti ke tidak dinilai / upgraded.
  6. Setelahnya kalian klik simpan.
  7. Untuk bagian batas waktu, kalian bisa mengaturnya sendiri.
  8. Absen bisa diisi sesuai dengan Topik atau Materi yang diberikan guru atau dosen kalian.
  9. Ganti menu Jawaban Singkat ke Pilihan Ganda di bagian bawah.
  10. Pada bagian Opsi 1 silahkan kalian ganti Hadir.
  11. Lalu matikan slide pada siswa dapat melihat ringkasan kelas., Lalu silahkan kalian klik post di bagian kanan atas.

Cara diatas akan memudahkan kalian untuk membuat absen daftar hadir menjadi lebih teratur, setelah itu kalian tidak akan khawatir dan hanya perlu mengerjakan tugas yang sudah diberikan, jangan lupa juga untuk submit hasil tugas kalian agar langsung dinilai oleh guru atau dosen kalian.