Cara Memperbaiki Suara Handphone yang Sering Hilang

Cara Memperbaiki Suara Handphone yang Sering Hilang – Pernahkah kalian mengalami kejadian audio handphone tiba-tiba saja menghilang? Ternyata, masalah seperti ini kerap muncul di beberapa para pengguna ponsel perangkat Android maupun iOS. Dengan terjadinya kendala tersebut, suara notifikasi ataupun nada dering tidak dapat terdengar sebab suaranya menjadi menghilang sehingga dapat mengganggu aktivitas saat menggunakan ponsel. Hal ini membuat banyak para pengguna ponsel untuk memperbaiki suara audio pada ponsel mereka, disebabkan kerusakan yang dialami pada smarphone mereka. Tentu saja, kendala suara audio pada Handphone hilang ini akan dapat menimbulkan kepanikan tersendiri sehingga membuat kalian akan segera memasukkannya ke tempat servis ponsel. Padahal kalian bisa mencoba memperbaiki dan mencari masalahnya terlebih dahulu secara mandiri sebelum rharus epot ke tempat servis ponsel tersebut. Lalu bagaimanaa cara untuk mengatasinya?

Berbagai Penyebab Suara Handphone Menjadi Hilang

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai cara memperbaiki suara ponsel yang tiba-tiba hilang, tentunya kita perlu mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. Jadi kalian akan lebih mudah mengidentifikasi hal-hal apa saja yang dapat menjadi saran perbaikan agar Handphonemu kembali menjadi normal seperti semula.

Ada beberapa penyebab yang kerap terjadi mengapa suara audio ponsel tiba-tiba hilang, salah satunya yang cukup sepele adalah pengaturan toggle volume yang belum diaktifkan. Di iPhone contohnya, terdapat tombol atau toggle khusus di bagian samping yang dimana jika tidak diaktifkan maka suara pada ponsel tidak akan keluar. Sementara di perangkat Android, kalian akan dapat menon-aktifkan mode silent melalui Pengaturan. Nah selain itu, penyebab lainnya juga dapat dikarenakan sebab adanya sebuah atau berbagai benturan yang menyebabkan komponen audio di Handphone menjadi terganggu dan akan mengakibatkan suara menjadi hilang. Biasanya hal ini disebabkan karena Handphone terjatuh atau terbentur benda keras. Bahkan, jika kemasukan air sekalipun bisa menjadi salah satu penyebab komponen audio pada Handphone menjadi hilang maupun rusak.

Mencegah Audio Ponsel Agar Tidak Hilang

Lalu, bagaimana cara agar dapat mencegah terjadinya kendala seperti ini? Yang jelas, kalian perlu menghindari adanya berbagai benturan pada ponsel supaya komponen yang ada di dalamnya tidak mengalami goncangan dan kerusakan yang lebih parah. Selain itu, menghindari ponsel agar tidak terkena air juga sangat penting dilakukan. Kalian juga harus rutin dalam membersihkan port speaker menggunakan kuas. Hal ini harus dilakukan sebab biasanya ada banyak debu yang dapat menutupi port tersebut. Apabila banyak debu yang menempel dan menutupi port audio, maka output yang muncul tidak akan maksimal sehingga membuat dugaan audio pada ponsel menjadi hilang secara tiba-tiba.

RajaBackLink.com

Solusi Untuk Audio Ponsel yang Telah Hilang

Setelah kalian mengetahui penyebab hilangnya audio pada ponsel yang tiba-tiba, maka kalian perlu mencari cara bagaimana mengatasinya agar dapat kembali seperti semula. Ada beberapa solusi yang dapat kalian gunakan, yaitu sebagai berikut :

  1. Periksa toggle volume, sebab Handphone yang pernah terbentur atau mengalami kendala pada sistem dapat membuat toggle volume menjadi rusak atau bergeser. Bagi kalian para pengguna iPhone, dapat cek terlebih dahulu bagian samping ponsel, pastikan apakah toggle audio sudah dalam kondisi aktif. Bagi kalian para pengguna Android, dapat disesuaikan kembali dengan menggunakan pengaturan audio melalui menu Setting.
  1. Hidupkan mode reboot ponsel, apabila kalian sedah merasa sesuai namun belum audio masih belum keluar, maka kalian dapat me-reboot atau mematikan ponsel terlebih dahulu selama beberapa menit untuk kemudian ponsel dihidupkan kembali. Kendala audio yang disebabkan oleh sistem sering kali dapat teratasi dengan menggunakan cara seperti ini.
  2. Kembali ke setelan pabrik, kendala audio pada ponsel masih terjadi? Cobalah untuk mengatur ulang ponsel ke setelan pabrik atau factory reset. Namun, sebelum di-reset lebih baik kalian back-up terlebih dahulu data-data penting, cara ini kerap berhasil sebab salah satu fungsi dari factory reset juga dapat mengembalikan sistem ponsel yang mengalami kerusakan.
  3. Jika beberapa cara di atas masih belum dapat mengatasi audio pada ponselmu yang tiba-tiba menjadi hilang, maka kalian bisa segera membawa ponsel ke service center ponsel untuk dicek apakah komponen speaker masih berfungsi atau tidak.