Cara Mengganti Password WiFi Supaya Tidak Bisa Dibobol oleh Tetangga

Cara Mengganti Password WiFi Supaya Tidak Bisa Dibobol Oleh Tetangga – Sebenarnya untuk mengganti password WiFi itu terbilang mudah, namun masih banyak pengguna internet yang belum mengetahui bagaimana cara untuk mengubahnya. Padahal pengetahuan ini akan sangat diperlukan bagi para pengguna WiFi baik di rumah, perkantoran, maupun cafe sekalipun. Untuk melakukan pengubahan password WiFi bisa dilakukan melalui perangkat PC dan juga bisa melalui perangkat ponsel. Itu pun selama perangkat tersebut masih dapat mengakses browser apapun, misalnya Google Chrome.

Lantas bagaimana langkah atau cara untuk bisa mengganti password WiFi? Nah bagi kalian yang belum dan ingin mengetahui bagaimana caranya, maka saya akan menjelaskan informasi details nya pada ulasan kali ini. Tentu saja dengan adanya ulasan ini, maka diharapkan bahwa ulasan ini akan bermanfaat bagi kalian yang masih bingung agar menjadi lebih paham lagi. 

Cara Mengganti Password WiFi Supaya Tidak Bisa Dibobol Oleh Tetangga

Berikut cara untuk mengganti password WiFi dengan mudah dan juga cepat :

  1. Langkah pertama kalian harus memastikan terlebih dahulu bahwa perangkat kalian telah tersambung dengan jaringan WiFi yang nantinya akan diganti passwordnya. Namun, apabila ternyata tersambung dengan jaringan lain maka pengguna tidak akan bisa mengganti passwordnya.
  2. Lalu kalian ketik alamat 192.168.1.1. pada kolom URL browser yang ada pada perangkat PC ataupun ponsel kalian. Setelah itu enter pengguna lalu masuk ke tampilan muka pengaturan router.
  3. Kemudian masukkan username dan password pada kolom yang tersedia. Untuk mode default atau belum pernah diganti sebelumnya, maka masukkan saja ‘user’ pada username dan password. Beberapa jenis router biasanya menggunakan ‘admin’ untuk username dan password default.
  4. Setelah berhasil masuk, klik pilihan ‘Network’ pada sebelah kiri. Lalu kemudian akan muncul beberapa pilihan, kalian dapat memilih ‘Security’ yang terletak di bagian bawah  ‘Network’
  5. Berikutnya kalian masukkan password baru pada kolom 'WPA Passphrase' yang terdapat pada bagian tengah layar. Untuk dapat mengubah password WiFi minimal delapan karakter dan maksimal 63 karakter.
  6. Disarankan untuk membuat password WiFi yang terdiri dari kombinasi angka, huruf besar, dan huruf kecil. Sebab kombinasi tersebut akan menjadikan lebih kuat dan anti dibobol. Selain itu, password WiFi jangan memakai kata-kata atau frasa yang mudah diketahui oleh orang lain.
  7. Langkah terakhir, kalian klik save. Password baru akan tersimpan dan mulai bisa kalian gunakan. Apabila langkah ini terlewat, maka password baru tidak akan tersimpan. Proses untuk dapat mengganti password pun harus diulangi dari awal kembali.

Mengganti password WiFi secara berkala cukup penting untuk sejumlah alasan. Seperti misalnya, ketika saat ada orang lain yang mengetahui password WiFi serta menggunakannya tanpa izin. Terkadang ada juga tetangga yang secara bebas ikut mengakses koneksi internet tanpa ikut membayar tagihan internet dan izin terlebih dahulu. Untuk pengelola cafe maupun restoran juga perlu mencari tahu cara untuk dapat mengganti password WiFi. Hal ini dilakukan untuk bisa menghindari kecurangan dari para pelanggan. Biasanya para pengelola cafe hanya akan memberikan akses WiFi kepada pelanggan yang melakukan transaksi pembelian saja. Jadi, password WiFi hari ini pun tidak akan bisa digunakan untuk hari selanjutnya. Hal tersebut pun bertujuan agar meminimalisir penggunaan dari oknum curang, seperti orang yang mengakses WiFi namun tidak membeli minuman ataupun makanan di cafe tersebut.

RajaBackLink.com

Demikian cara untuk mengganti password WiFi dengan mudah dan cepat. Sangat disarankan untuk kalian mengubah password WiFi secara berkala, agar dapat mencegah orang yang tanpa ijin memakai akses internet anda.