Cara Menggunakan Fitur NFC

Cara Menggunakan Fitur NFC – Masa pandemi Covid-19 seperti ini memang telah menimbulkan begitu banyak perubahan yang signifikan. Salah satunya yaitu adanya sistem belajar maupun bekerja jarak jauh yang dilakukan dari rumah. Tentu saja untuk mendukung sistem ini pasti ada perangkat penting yang diperlukan untuk menemani belajar maupun bekerja dari rumah. Perangkat canggih seperti laptop, tablet, maupun smartphone sangatlah dibutuhkan apalagi karena masa masa pandemi ini memang semakin diperlukan oleh berbagai kalangan. Mereka memerlukan perangkat tersebut untuk menemani belajar maupun bekerja secara online, dan juga untuk membantu agar tidak kerepotan dalam berkegiatan secara jarak jauh. Sebenarnya kita memang tidak diwajibkan menggunakan laptop untuk bekerja ataupun belajar secara online. Cukup hanya dengan  menggunakan smartphone yang dimiliki saja pun kita tetap dapat bekerja dengan lancar meski jarak jauh. Namun untuk menggunakan smartphone, kita harus mengenali fitur canggih NFC pada ponsel yang kita miliki terlebih dahulu.

Penjelasan Tentang Fitur dan Kegunaan NFC

Fitur canggih yang terdapat pada ponsel ini memang jarang diketahui oleh para pengguna smartphone. Setelah kalian membaca informasi ini, tentu saja pastinya kalian akan mengetahuinya mulai dari definisi, fitur, kegunaan, hingga cara menggunakannya. Secara definisi, NFC adalah sebuah fitur yang terdapat pada setiap ponsel yang akan berkaitan dengan komunikasi jarak pendek. NFC ini memiliki kepanjangan Near-Field Communication. Fitur ini ditemukan pertama kali oleh Charles Walton tepatnya pada tahun 1983. Fitur ini juga merupakan salah satu fitur standar yang memang perlu ada pada berbagai smartphone baik dari kalangan mid-end hingga high-end sekalipun, selain itu fitur ini juga akan menghubungkan sesama ponsel yang memiliki NFC. Dalam pengembangannya, NFC didasarkan dari Radio Frequency Identification atau disingkat sebagai RFID yang berbasis pada antena. Untuk dapat mengantisipasi terjadinya inferensi, NFC ini menggunakan antena yang lebih pendek dibandingkan dengan gelombang sinyal pada operator.

Lalu, apa yang menjadi kegunaan dari fitur canggih NFC ini? Awal kehadiran dari NFC ini sebenarnya digunakan sebagai cara untuk melihat saldo pada uang elektronik, namun sekarang ini tentu saja telah memiliki banyak kegunaan lainnya. Pada dasarnya, fitur ini menjadi penghubung antara perangkat satu dengan lainnya, tidak hanya ponsel dengan ponsel, namun juga dapat menghubungkan dengan perangkat lain seperti laptop, komputer, bahkan printer dengan jenis tertentu.

Dalam masa pandemi ini, fitur ini tentunya sangat bagus dan berguna, walaupun kita tidak menyadarinya secara langsung. Namun gar tetap terhubung dengan berbagai perangkat lain, maka kalian tentu saja tidak akan merasakan kesulitan sebab sudah terbantu oleh fitur NFC. Hal yang lebih canggihnya lagi, NFC sekaramg juga dapat kalian gunakan untuk remote TV, AC, atau lainnya yang dipasang melalui ponsel. Tentu saja hal ini sangat sederhana dan juga tidak ribet. Selain itu, fitur ini juga sangat diperlukan dalam melakukan pengisian daya baterai ponsel tertentu, namun kalian akan memerlukan perangkat tambahan lain seperti wireless charging receiver sehingga dapat digunakan untuk mengisi perangkat lain melalui ponsel.

RajaBackLink.com

Cara Untuk Menggunakan Fitur NFC

Hal serang yang mungkin dilakukan oleh para pengguna ponsel yaitu mengirim gambar, video, maupun file-file lainnya. Nah, fitur ini sangat diperlukan untuk dapat membantu kalian dalam pengiriman file antar perangkat agar semakin cepat dan simpel. Namun, bagaimana cara menggunakan NFC ini?

Untuk menggunakannya, tentu kalian perlu mengaktifkannya terlebih dahulu fitur ini. Berikut cara mengaktifkan fitur NFC :

  1. Langkah pertama buka menu ‘settings’ lalu klik ‘more’ atau ‘pengaturan lainnya’ kemudian cari menu NFC
  2. Apabila tidak bisa ditemukan, cobalah buka ‘networks’ atau ‘pengaturan jaringan’
  3. Lalu klik menu ‘share and connect’ atau ‘berbagi dan hubungkan’
  4. Setelah itu geser posisi on pada pilihan NFC

Jika ponsel kalian canggih, kalian dapat mengaktifkannya dengan cara menekan shortcut NFC pada layer saja, setelah itu secara otomatis tentu saja fitur NFC tersebut sudah aktif.