Cara Transfer dan Kode Bank BNI Syariah

Cara Transfer dan Kode Bank BNI Syariah – Ketika kalian ingin melakukan pengiriman uang dari rekening lain ke rekening BNI Syariah (beda bank), maka kalianharus memasukkan bank BNI Syariah pada format transfer yang nantinya akan kalian input. Namun saat ini bank BNI Syariah telah merger pada tanggal 1 Februari 2021, jadi kalian tetap diharuskan untuk menggunakan kode transfer BNI Syariah lama agar dapat melakukan kirim transaksi financial dengan bank tersebut. Setiap bank tentu saja akan memiliki kode yang berbeda-beda. Antara bank yang satu dengan bank lainnya akan mempunyai kode masing-masing. Proses identifikasi sebuah  transaksi yang dilakukan oleh antar bank baik dalam negeri ataupun luar negeri harus didasarkan pada kode bank yang nantinya akan diinput. Bahkan antara bank BNI konvensional dan bank BNI Syariah juga memiliki kode yang berbeda. Sehingga hal ini akan menyebabkan proses input transaksi harus dilakukan dengan menggunakan kode bank yang berbeda pula. Ketika kalian ingin melakukan pengiriman uang dari bank lain (BNI Konvensional, BCA, BRI, mandiri, Danamon, bank Mega dan bank lainnya) maka kalian wajib memasukkan kode khusus milik bank BNI Syariah. Lalu bagaimana jika saya tidak memasukkan kode tersebut? Maka transaksi yang kalian input pun akan terjadi kegagalan dan tidak akan bisa diproses oleh mesin ATM ataupun layanan SMS banking yang kalian gunakan. Pada format transaksi pengiriman uang antar bank (berlaku untuk semua bank) pasti akan disediakan sebuah kolom untuk input kode bank.
Lalu berapakah nomer kode dari bank BNI Syariah? Kode transfer bank BNI Syariah adalah 427, kode tersebut terdiri dari 3 angka yang sama seperti dengan kode bank-bank lainnya. Ketiga kode ini nantinya harus kalian inputkan pada format transaksi yang akan kalian lakukan. Meskipun saat ini bank BNI Syariah telah berubah nama menjadi Bank Syariah Indonesia (BSI) dan juga sudah mempunyai kode khusus. Namun untuk kebutuhan transaksi saat ini, maka kalian masih harus menggunakan kode 427. Angka tersebut merupakan kode transfer terbaru dan bersifat resmi yang dimiliki oleh bank BNI Syariah. Jadi klalian perlu gunakan kode ini ketika akan melakukan pengirim uang dari bank mana pun dan bisa melakukannya di manapun kalian berada. 3 angka ini merupakan angka resmi yang nantinya wajib kalian inputkan ketika melakukan transaksi uang ke rekening bank BNI Syariah. Jadi ketika kalian ingin mengirim uang ke rekening BNI Syariah dari mesin ATM, maka kalian harus input 3 angka yang jadi kode resminya. 3 angka ini akan diinputkan pada bagian depan kemudian diikuti oleh nomor rekening bank yang jadi tujuan kalian melakukan transfer. Hal itu pun sama dengan ketika kalian mengirim uang dengan menggunakan layanan SMS banking, maka kalian harus memasukkan kode 427 pada bagian depan sebelum nomor rekening yang akan jadi nomor tujuan transaksi sebagai tujuan transfer. Namun apabila kalian langsung inputkan nomor rekening bank tanpa disertai dengan kode bank, maka transaksi yang kalian lakukan tidak akan terbaca dan akan gagal.

Cara Transfer Melalui Kode Bank BNI Syariah

Setelah kalian berhasil mengetahui kode bank BNI Syariah, maka sekarang kalian akan bisa dengan mudah melakukan transaksi pengiriman uang. Meskipun jika kalian menggunakan rekening bank lain, maka kalian akan tetap bisa transfer uang ke bank BNI Syariah dengan mudah melalui mesin ATM ataupun dengan mengguakan layanan SMS banking masing-masing bank. Proses dan cara transfernya juga terbilang sangat mudah sekali untuk dilakukan. Jadi apabila kalian belum pernah melakukannya, maka kalian bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

1. Cara Untuk Melakukan Transfer ke BNI Syariah dari BRI Melalui SMS Banking

Untuk dapat mengirim uang ke rekening bank BNI Syariah, maka kalian bisa menggunakan layanan SMS Banking yang ditawarkan oleh bank yang akan kalian gunakan. Dengan menggunakan layanan ini, maka kalian akan bisa dengan mudah mengirim uang dari mana saja dengan mudah tanpa harus pusing memikirkan datang ke tempat bank langsung. Layanan SMS banking ini biasanya akan selalu online selama 24 jam, namun layanan akan di proses pada saat jam kerja bank atau dengan kata lain tidak akan langsung masuk seperti mengirim uang dari mesin ATM. Jadi kalian perlu untuk mempertimbangkan lagi, jika kalian membutuhkan uang dengan cepat, maka jangan gunakan SMS Banking. Sebab prosesnya hanya di jam kerja saja, berikut langkah-langkahya :

  1. Langkah pertama bukalah fitur SMS di ponsel kalian
  2. Lalu ketik SMS dengan format : Transfer [spasi] 427 diikuti nomor rekening BNI Syariah [spasi] nominal [spasi] PIN SMS banking. Contoh format SMS: Transfer 427010101363598 1000000 123456
  3. Kemudian kirim SMS tersebut ke nomor 3300
  4. Apabila transaksi telah berhasil, maka akan muncul balasan BERHASIL
  5. Setiap SMS akan dikenakan biaya dengan tarif Rp.1.500/SMS

Angka 427 di dalam format SMS merupakan kode bank BNI Syariah yang kalian masukkan sebelum nomor rekening tujuan transfer.

2. Cara Untuk Melakukan Transfer ke BNI Syariah dari BRI Melalui Mesin ATM

Selain cara dengan menggunakan layanan SMS Banking, maka kalian juga bisa kirim uang ke bank BNI Syariah melalui mesin ATM. Jadi jika kalian ingin mengirim uang dari mesin ATM, kalian juga perlu untuk memasukkan kode transfer BNI Syariah. Namun formatnya akan sedikit berbeda dengan layanan SMS Banking di atas, sebab pada transaksi mesin ATM kalian hanya cukup memasukkan kode bank saja sebelum nomer rekening tanpa terdapat hal lainnya. Berikut langkah-langkah :

RajaBackLink.com
  1. Kalian harus datang ke mesin ATM terdekat terlebih dahulu
  2. Llau masukkan kartu ATM kalian pada mesin
  3. Setelah itu pilih bahasa Indonesia
  4. Nanti akan muncul beragam pilihan transaksi. Kalian pilih saja transaksi lainnya
  5. Lalu tekan tombol transfer, kemudian pilih transfer antar bank
  6. Berikutnya kalian akan diminta untuk memasukkan kode bank BNI Syariah dan nomor rekening tujuan transfer
  7. Setelah itu masukkan kode 427 diikuti dengan nomor rekening bank. Contohnya : 427010101363598 1000000 123456 Lalu tekan benar
  8. Lalu masukkan nilai transfer yang akan ingin kalian kirimkan, kemudian pilih benar
  9. Terakhir pilih YA dan tunggu sampai proses transaksi berhasil dilakukan

Apabila transaksi berhasil, maka nantinya kalian akan mendapatkan setruk transaksi sebagai bukti transaksi pengiriman uang yang kalian lakukan.

3. Cara Untuk Melakukan Transfer ke BNI Syariah Melalui Internet Banking BRI

Untuk lebih jelasnya, kalian bisa ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Langkah pertama buka situs internet banking BRI atau bank lain yang akan kalian gunakan untuk transfer
  2. Lalu login dengan akun ibanking kalian
  3. Kemudian pilih menu transfer
  4. Lalu pilih bank BNI Syariah untuk tujuan transfer dan masukkan nomor rekening BNI Syariah, lalu klik selanjutnya
  5. Kemudian masukkan nominal transfer dan juga keterangan transfer, lalu klik kirim
  6. Setelah itu masukkan kode PIN atau password internet banking kalian, lalu klik YA dan tunggu proses sampai selesai. 

Transaksi pengiriman uang dengan internet banking , kalian perlu memasukkan kode bank BNI Syariah. Sebab kode akan secara otomatis dimasukkan oleh sistem transaksi internet banking.