Cara Unreg Kartu SIM GSM yang Hilang

Apakah kamu ingin mengunreg kartu sim card yang telah hilang? tapi bagaimana caranya? eitss, tidak perlu panik gitu dong itulah fungsi kami disni akan membagikan Cara Unreg Kartu yang Hilang untuk kamu dan tentunya gampang banget untuk diikuti !

Pengguna ponsel pintar pasti sudah tidak asing dengan yang namanya sim-card atau kartu SIM ini. Pemerintah bersama kominfo memutuskan untuk mengeluarkan peraturan mengenai wajibnya registrasi kartu SIM dengan fungsi untuk menekan tindak kejahatan melalui kartu SIM seperti penipuan dan lain sebagainya.
Namun terkadang ada saja kejadian tidak menyenangkan yang tak terhindarkan dan tiba tiba terjadi kepada kita selaku pengguna kartu sim card ini misalkan dalam kasus kehilangan barang khususnya ponsel yang didalamnya terdapat kartu sim card yang telah kita registrasikan sebelumnya. Nah pastinya kita akan merasa bingung dan khawatir ya teman teman, khawatir jika ditemukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, kemudian disalahgunakan dengan memakainya untuk perbuatan yang salah seperti menipu nomor nomor yang ada di dalamnya dengan meminta uang dan lain sebagainya. Tentunya hal tersebut sangat merugikan dan bisa saja berbahaya.
Tindakan preventif tentu saja menjadi hal yang tepat, namun jika telah terjadi maka sebaiknya kamu harus meng unreg kartu SIM mu yang hilang dengan secepatnya. Berikut ini adalah cara cara yang dapat kamu lakukan untuk meng unreg kartu sim mu yang telah hilang. Simak baik baik artikel dibawah ini sobat.

1. Tutorial Unreg Kartu Smartfren

Untuk kamu yang memakai kartu perdana dengan provider smartfren, inilah beberapa tahapan yang dapat kamu ikuti agar kamu dapat meng unreg kartu SIM mu yang hilang. Berikut penjelasannya dibawah ini.

  1. Pertama kalian masuk ke aplikasi “Pesan“.
  2. Tuliskan pesan dengan menggunakan format “UNREG#NomorNIK” yang didaftarkan pada nomor tersebut.
  3. Setelah kalian tulis pesan lagi yang berformat “UNREG#Nomor Telponnya“.
  4. Apabila semua sudah kalian tuliskan barulah kalian kirimkan pesan tersebut ke “4444

Setelah berhasil kamu kirimkan, yang selanjutnya kamu lakukan adalah menunggu pesan yang isinya menyatakan bahwa proses kartu smartfren kamu telah selesai atau dinyatakan berhasil.

2. Tutorial Unreg Kartu Telkomsel

Jika kartu SIM yang hilang berprovider telkomsel, maka cara kedua ini dikhususnya untuk kamu. Silakan perhatikan dan simak baik baik cara unreg kartu sim dengan provider telkomsel ini agar tidak terjadi kesalahan dalam meng unreg karti SIM kamu yang hilang. Berikut adalah tahapan yang harus kamu lakukan.

RajaBackLink.com
  1. Pertama kalian pergi ke mesin “MyGrapari” terdekat, lalu kalian pilih menu “Pelanggan Telkomsel
  2. Apabila sudah klik menu “Kartu SIM Rusak/Hilang”.
  3. Selanjutnya barulah kalian “Masukkan nomor Telkomsel” yang mau kalian ganti.
  4. Kemudian masukkan juga nomor “KTP-el dan Nomor KK” sebagai data untuk proses validasi.

Setelah semua tahapan selesai, kamu tinggal menunggu konfrimasi saja deh. Kelebihan dari provider ini adalah tidak hanya dapat meng unreg kartu saja, namun kamu juga akan mendapatkan kartu baru yang tentunya memiliki nomor yang sama dengan nompr pada kartu yang hilang tersebut dan tentunya data data mu tidak akan hilang nantinya. Cuss lanjut ke cara selanjutnya.

3. Tutorial Unreg Kartu Tri (3)

Nah, bagi kamu kamu ini yang menggunakan kartu SIM dengan provider 3, kamu dapat menggunakan cara cara dibawah ini yaa. Sebelum itu sebagai informasi, pengguna kartu ini di indonesia sendiri lumayan banyak dan dengan tingkat kehilangan yang setara dengan hal tersebut, kartu inilah yang paling sering digunakan anak kost dikarenakan biaya internet yang ditawarkan sangat murah dibanding kartu provider lainnya dan juga dengan jaringan internet yang terbilang cukup cepat dan stabil.

Berikut tutorial cara meng unreg kartu SIM yang hilang khusus pengguna provider 3 (Tri).

  1. Pertama ketikan SMS yang berformat “UNREG#NIK“, kemudian kirimkan ke “4444“.
  2. Atau cara lainnya yakni mengakses website Tri yang beralamatkan “registrasi.tri.co.id“.
  3. Maka akan disediakan 2 opsi untuk pengguna yaitu “Registrasi Kartu Prabayar” dan juga “Unreg“.
  4. Dikarenakan ingin membatalkan pendaftaran kartu tersebut, kalian pilih menu “Unreg“.
  5. Ketikkan juga data yang digunakan pada saat registrasi pertama nomor Tri beserta “NIK“.
  6. Lalu, kalian klik “Minta Kode Rahasia”.
  7. Dan kode itu secara otomatis akan dikirimkan kepada “nomor Tri” yang ingin di-unreg.
  8. Ketikkan saja kode rahasia yang sudah diperoleh pada kolom yang sudah disediakan.
  9. Masa berlaku dari kode tersebut hanya 5 menit saja, jadi kalian harus secepat mungkin menginput kode tersebut ya guys.
  10. Tekan menu “I’m not a robot” agar bisa divalidasi, apabila sudah barulah kalian klik “kirim“.

Itulah cara yang telah kami paparkan untuk kamu yang ingin meng unreg karti SIM dengan provider 3 (Tri). Kami menyarankan agar kamu menggunakan cara yang pertama, yaitu dengan menggunakan SMS dikarenakan cara kedua yang melalui website resmi menurut kami juga tidak efektif dan cenderung rumit.

4. Tutorial Unreg Kartu Indosat

Untuk kamu yang menggunakan provider Indosat sebagai kartu perdana, berikut ini cara yang dapat kamu lakukan untuk meng unreg kartu SIM mu yang hilang.

  1. Pertama kalian ke aplikasi “SMS“, setelah itu ketikkan pesan seperti ini “UNPAIR#NomorHP“, atau bisa juga seperti ini “UNREG#NomorNIK“.
  2. Kemudian kalian kirimkan pesan tersebut ke “4444“.
  3. Tunggulah SMS pemberitahuan bahwa proses unreg kartu kalian sudah selesai.

Jika cara tersebut tidak berhasil, tenang saja terdapat cara lain yang dapat kamu lakukan yaitu dengan mendatangi konter Indosat terdekat untuk melakukan unreg kartu SIM kamu. Ataupun bisa dengan menghubungi CS (Customer Service) provider Indosat dengan nomor telpon “(021)30003000“.

Dihimbau untuk menyiapkan berkas seerti Kartu Keluarga (KK) saat pengurusan SIM sedang dilakukan guna meng efektifkan proses peng unreg an kartu SIM kamu ya, silakan dicatat karena ini cukup penting.

5. Tutorial Unreg Kartu XL dan Axis

Dan yang terakhir, untuk kamu yang menggunakan kartu XL ataupun Axis, berikut telah kami rangkum tutorial cara meng unreg kartu SIM yang telah hilang. Dikarenakan kedua kartu tersebut berasal dari provider yang sama, sehingga mempunyai cara yang sama seperti dibawah ini.

  1. Kalian pertama masuk kedalam aplikasi “SMS“.
  2. Setelah itu kalian ketikkan pesan yang beformat “UNREG#Nomor Ponsel” kalian. Kemudian kirimkan pesan tersebut ke nomor “4444“.
  3. Apabila pesan tersebut sudah kalian kirim tunggu sampai ada “pemberitahuan SMS” dari pihak XL ataupun Axis.

Dan untuk cara lain yang dapat kamu lakukan untuk unreg kartu XL adalah dengan menghubungi Call center XL dengan nomor “817” secara gratis, nantinya pihak provider akan melakukan sebuah pemblokiran pada kartu XL kamu tersebut. Dan seperi pada provider telkomsel, kamu juga dapat meminta untuk mengganti kartu XL kamu dengan kartu SIM yang baru dan tentunya dengan nomor yang sama pula.

Itulah cara cara yang dapat kamu lakukan untuk meng unreg kartu SIM yang hilang. Ada berbagai macam cara disetiap provider yang berbeda, tinggal silakan memilih mana yang menurut kamu efektif dan sesuai dengan yang kamu butuhkan. Semoga artikel ini dapat membantu, terima kasih.