Contoh Surat Pengunduran Diri

Apakah kamu ingin membuat surat mengunduran diri ? simak Contoh Surat Pengunduran Diri yang dapat kamu jadikan bahan referensi berikut ini.
Apabila kamu adalah seorang pegawai atau karyawan yang bekerja di dalam suatu perusahaan dan dengan berbagai alasan dan latar belakang sehingga kamu memutuskan untuk mundur dari pekerjaan kamu saat ini. Tentunya untuk mundur dari perusahaan tersebut harusnya mengikuti prosedur yang berlaku salah satunya adalah membuat surat pengunduran diri. 
Surat pengunduran diri atau surat resign merupakan pernyataan resmi yang ditulis oleh karyawan agar tidak menimbulkan kesalahpahaman di antara karyawan dan perusahaan terkait. Selain itu, untuk menunjukkan sikap profesionalisme dalam bekerja Karena surat resign tersebut merupakan sebuah kesan akhir yang akan kamu berikan kepada perusahaan.
Namun tidak sedikit orang yang masih saja bingung bagaimana cara membuat surat pengunduran diri secara baik, benar serta terlihat elegan dan sopan santun. Dalam artikel berikut kami akan memaparkan bagaimana tata cara membuat surat pengunduran diri secara resmi sesuai dengan format dan sistematika yang berlaku serta kami akan memberikan sedikit contoh mengenai surat pengunduran diri dengan berbagai kepentingan.

Pengertian Surat Pengunduran Diri

Ditilik dari penamaan sudah pasti kalian akan mengetahui maksud serta tujuan dari pembentukan surat ini. Benar sekali, surat pengunduran diri merupakan uatu bentuk pernyataan untuk mengundurkan diri dari sebuah perusahaan ataupun pekerjaan. Selain juga untuk mengundurkan diri dari sebuah pekerjaan yang sedang kamu tempati,  surat pengunduran diri ini juga bisa berfungsi untuk mengundurkan diri dari suatu aktivitas yang sebelum nya sudah di lakukan.

Apabila kamu akan melakukan pengunduran diri dari perusahaan pekerjaan dimana kamu berada saat ini, maka hendaknya pengunduran diri tersebut dinyatakan secara tertulis agar terlihat resmi. Menyatakan pengunduran diri melalui lisan merupakan cara yang salah dan terkesan tidak sopan.

Berikut ini adalah tujuan seseorang melakukan pengunduran diri.

Tujuan Surat Pengunduran Diri

Jika kamu memilih untuk mundur dari suatu perusahaan tentunya kamu harus mengetaui alasan dan tujuan dibalik pengunduran diri kamu. Alasan atau tujuan tersebut tentunya harus logis dan masuk akal karena hal tersebut yang nantinya akan mendukung keputusan kamu untuk melakukan pengunduran diri di suatu perusahaan. Berikut beberapa tujuan mengapa kamu harus membuat surat pengunduran diri sebelum melakukan pengunduran diri.

RajaBackLink.com

1. Tetap terlihat professional ketika bekerja

Sikap rasa Professionalitas akan tertunjukkan jika kamu berhenti dengan memberikan surat pengunduran diri tersebut. Seorang yang professional tidak seharusnya tiba tiba menghilang begitu saja dikarenakan ingin berhenti atau melakukan pengunduran diri dari suatu pekerjaan tanpa kabar. Tentunya harus ada tahapan yang ia tempuh, salah satunya adalah dengen membuat surat pengunduran diri tersebut.

2. Mempermudah perusahaan mencari karyawan baru

Perusahaan akan mempertanyakan kehadiranmu jika kamu menghilang tanpa kabar hanya karena kamu ingin mundur dari perusahaan tersebut. Dengan kamu menyerahkan surat pengunduran diri akan mempermudah pihak perusahaan mencari atau melakukan rekruitmen untuk karyawan pengganti kamu. Tentunya perusahaan akan dengan mudah mengambil langkah agar bisa mencari karyawan baru, sebagai pengganti karyawan yang telah mengundurkan diri.

3. Memberikan informasi karyawan

Surat pengunduran diri ini juga bertujuan untuk menginformasikan kepada karyawan, bahwa karyawan yang mengundurkan diri, sudah tidak lagi memiliki sangkut paut dengan perusahaan. karena surat itu merupakan bentuk dari selesainya proses kerja dan segala hal yang berkaitan antara karyawan dan juga perusahaan.

Alasan Pengunduran Diri

Seperti yang telah dipaparkan dalam teks di atas bahwa untuk membuat surat pernyataan pengunduran diri diperlukannya sebuah alasan mengapa kamu ingin melakukan pengunduran diri pada perusahaan yang saat ini kamu bekerja. Untuk lebih terlihat professional, berikut adalah beberapa alasan yang logis mengenai pengunduran diri.

1. Berbenturan dengan keluarga

Alasan pertama yang biasanya menjadi penyebab seseorang mengajukan pengunduran diri adalah berbenturan antar keluarga dengan perusahaan yang mana seseorang tersebut diharuskan untuk memilih antara keluarga atau perusahaan dengan hasil akhir bahwa memilih keluarga adalah pilihan yang terbaik untuk saat itu.

Contoh kutipan nya seperti  “ Adapun alasan yang saya miliki untuk mengundurkan diri dari perusahaan ini dikarenakan, saya di haruskan untuk berpindah kota, Karena adanya suatu hal yang urgent. Saya harap bapak dan ibu bisa menerima keputusan saya untuk melakukan pengunduran diri dari perusahaan ini. Semoga perusahaan ini semakin berkembang dan juga semakin berjaya ”

2. Faktor lingkungan yang ada di pekerjaan tidak nyaman atau tidak mendukung proses kerja

Alasan selanjutkan yang menjadi penyebab seseorang mengajukan pengunduran diri ialah faktor lingkungan yang tidak nyaman dan kurang mendukung proses kerja karyawan tersebut. Setiap perusahaan tentu memiliki lingkungan kerjanya masing masing, terkadang lingkungan tersebut dirasa kurang cocok bagian sebagian pekerja atau karyawan dikarenakan satu dan lain hal dan menyebabkan karyawan tersebut merasa kurang nyaman sehingga memutuskan untuk melakukan pengunduran diri.

Contoh kutipan nya seperti  “ Adapun alasan yang saya miliki untuk mengundurkan diri dari perusahaan ini dikarenakan, Saya merasa ruang lingkup di perusahaan ini tidak mendukung saya dalam melakukan sebuah pekerjaan. Karena kenyamanan merupakan hal penting yang perlu didapatkan di dalam suatu perusahaan. Semoga kedepan perusahaan ini semakin berkembang dan bisa memfasilitasi karyawan – karyawannya “

3. Upah tidak sesuai dengan keinginan karyawan

Alasan ketiga yang menjadi penyebab seseorang mengajukan pengunduran diri adalah ketidak sesuaian upah atau gaji dengan keinginan karyawan tersebut. Hal itu dapat menjadi bahan pertimbangan bagi karyawan ketika ingin melakukan pengunduran diri.

Contoh kutipan nya seperti  “ Adapun alasan yang saya miliki untuk mengundurkan diri dari perusahaan ini dikarenakan, Upah yang saya terima tidak sesuai dengan gaji yang diberikan oleh perusahaan ini,  Serta seringkali gaji yang diberikan oleh perusahaan ini tidak tepat pada waktunya “

4. Perpindahan tempat tinggal atau domisili

Alasan ini sering kali menjadi alasan mengapa seseorang ingin melakukan pengunduran diri. Perpindahan tempat tinggal atau domisili menjadi alasan yang logis untuk dijadikan salah satu penyebab dari pengunduran diri tersebut.

5. Meneruskan studi atau kuliah

Ada beberapa karyawan yang memang berencana untuk bisa meneruskan studi nya atau melanjutkan ke jenjang perkuliahan. Maka ini yang bisa menjadi salah satu alasan yang cukup logis untuk di pakai pada saat pengunduran diri.

6. Ketidak sesuaian antara kesepakatan awal dengan kesepakatan akhir

Terkadang ketidak sesuian antara kesepakatan awal dengan kesepakatan akhir dikarenakan Beberapa perusahaan seringkali tidak konsisten dengan kesepakatan-kesepakatan yang telah ditentukan sejak awal menjadi alasan logis mengapa seseorang memutuskan untuk melakukan pengunduran diri pada perusahaan.

7. Mencari tantangan dan pengalaman baru

Dan alasan terakhir yang menjadi penyebab seseorang mengajukan pengunduran diri adalah untuk mencara tantangan dan pengalaman baru. seseorang dapat beralasan bahwasannya ia adalah seseorang yang menggemari sebuah tantangan dan juga haus akan pengalaman. Maka dari itu kamu ingin mencari tantangan dan juga baru yang tidak di dapatkan di perusahaan tersebut.

Format Surat Pengunduran Diri

Saat kamu ingin membuat surat pengunduran diri ini tentunya bukan suatu hal yang dapat kamu buat secara sembarang, ada beberapa pemformatan yang harus kamu ikuti dalam membuat surat pengunduran diri tersebut seperti bahasa-bahasa yang sopan, formal, dan juga resmi. Karena surat akan di tujukan kepada atasan atau pimpinan perusahaan.

Semakin singkat penulisan maka semakin baik, namun perlu diperhatikan dengan ke singkatan tersebut tidak menghilangkan substansi atau isi surat yang nantinya kamu sampaikan kepada pimpinan perusahaan atau orang yang berkepentingan di perusahaan tersebut. Berikut ini kami akan menjabarkan beberapa hal yang perlu kamu perhatikan mengenai format dari penulisan surat pengunduran diri.  agar surat pengunduran diri kamu terlihat sopan, formal, dan juga resmi. Jika kamu penasaran mengenai format-format yang ada di surat pengunduran diri tersebut.

Simaklah dan pahami setiap pemaparan yang ada pada paragraf berikut ini tentang mengenai surat pengunduran diri atau resign berikut.

  1. Keterangan tanggal dan tampat di buat nya surat tersebut terletak di pojok kanan atau kiri surat
  2. Nama lengkap dan tanda tangan dari s pembuat surat
  3. Isi surat pengunduran diri dan alasan untuk mengundurkan diri yang logis
  4. Pemberian materai pada surat
  5. Alamat tempat pengiriman surat yang menggantung di sisi kiri atas.

Contoh Surat Pengunduran Diri

Telah kami bahas mengenai beberapa hal mengenai surat pengunduran diri mulai dari tujuan, alasan serta format format yang harus terdapat pada surat lamaran kerja kalian. Selanjutnya kami akan memberikan sebuah gambaran berupa contoh contoh surat pengunduran diri yang dapat kalian jadikan sebagai sumber referensi untuk membuat surat pengunduran diri nantinya. Inilah beberapa contoh mengenai surat pengunduran diri berikut.

1. Contoh Surat pengunduran Diri Secara Umum

SURAT PERNYATAAN PENGUNDURAN DIRI

Bandung, 28 mei 2019.

Kepada Yth.

Bapak / ibu Supervisor

Dep. Keuangan

Jaya Makmur Sentosa.

DI tempat.

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan disini,

 

Nama : Agus salim

Tempat, Tanggal lahir : Sumenep, 24 agustus 1983.

Jabatan : Staff keuangan

Nomor Karyawan : 201920482

 

Dengan ini saya bermaksud untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari PT Jaya Makmur Sentosa. Adapun Keinginan saya untuk mengundurkan diri adalah karena saya berkinginan untuk dapatberwirausaha.

Saya mengucapkan beribu-ribu terima kasih Ih yang sebesar-besarnya kepada bapak supervisor Departemen Keuangan. Yang telah membimbing dan juga memberikan pengajaran kepada saya,  semasa Semasa saya berada di Departemen Keuangan, PT. Jaya Makmur Sentosa. Mohon maaf bila Selama saya bekerja di perusahaan ini, Banyak sekali kekurangan dan juga kesalahan yang saya lakukan baik yang disengaja dan juga tidak disengaja. Saya memohon untuk bapak / ibu, agar bisa membuka kan pintu maaf yang sebesar-besarnya.

Demikianlah surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran dan tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Hormat saya

Agus Salim

2. Contoh Surat Pengunduran Diri Sederhana

SURAT PERNYATAAN PENGUNDURAN DIRI

Tasikmalaya, 12 Februari 2017.

 

Kepada Yth,

Bapak / Ibu HRD

  1. Jaya Raya

Di Tempat.

 

Dengan Hormat,

Assalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh.

Dengan mengajukan surat ini, merupakan suatu bentuk pemberitahuan resmi yang saya berikan kepada bapak / ibu HRD, bahwa saya akan mengundurkan diri dari perusahaan ini. Sebagaimana perjanjian yang tertera dalam kontrak kerja,  saya tidak satu 1 satu bulan sebelum masa kontrak saya di perusahaan ini selesai.

Saya merasa benar-benar menikmati masa-masa saat saya bekerja di PT. Jaya Raya, Semoga kedepannya perusahaan ini akan terus berkembang dan juga sukses di masa yang akan mendatang. Saya mengajukan permohonan pengunduran diri ini dikarenakan akan melanjutkan dan memajukan karir saya.

Saya ingin mengungkapkan banyak sekali rasa Terima kasih karena saya ada kesempatan untuk bekerja dan juga belajar di perusahaan ini selama kurang lebih 3 tahun. Mohon maaf yang sebesar-besarnya jika Semasa saya bekerja di perusahaan ini masih banyak kekurangan dan juga kesalahan yang telah saya lakukan.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, tanpa adanya paksaan dari pihak manapun dan penuh dengan rasa sadar. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.  Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

3. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja

SURAT PERNYATAAN PENGUNDURAN DIRI

 

Bogor, 13 juni 2018

Yth. Piminan

PT. Super grosir indo

Bogor

 

Yang bertanda tangan di sini:

Nama : Salim ramdhan

Alamat : Jl. Ciwaringin RT 05/08 Kel. Ciwaringin, Kec. Bogor tengah, Kota bogor.

Jabatan : Staff operasional

 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Dengan adanya surat pernyataan ini saya bermaksud untuk menyatakan pengunduran diri dari jabatan saya selaku Staff operasional terhitung dari tanggal 13 juni 2018.

Sebelumnya saya pribadi ingin mengucapkan rasa Terima kasih yang sebesar-besarnya karena telah diberikan kesempatan kerja serta dukungan untuk dapat belajar di perusahaan ini. Ilmu dan kesempatan yang saya dapatkan disini tentunya akan sangat bermanfaat untuk saya kedepannya.

Saya juga mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kalau semasa saya berada di perusahaan ini,  ada kesalahan dan juga hilang yang saya lakukan kan . Saya memohon untuk dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya Kepada kawan-kawan yang berada di departemen yang sama ataupun yang lainnya.

Demikianlah surat Pengunduran diri ini saya buat dengan tanpa adanya sebuah paksaan dari pihak manapun dan juga penuh kesadaran.Terima kasih mobile taufik wal hidayah wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

Hormat saya,

Salim ramdhan

4. Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Pindah Domisili

SURAT PERNYATAAN PENGUNDURAN DIRI

 

Jakarta, 14 april 2019

Yth. Pimpinan perusahaan

PT. Global industries

Jakarta

 

Yang bertanda tangan di sini:

Nama : Lutfi irawan

Alamat : Jl. Salemba Tengah No.22, RT.1/RW.4, Paseban, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10440

Jabatan : Manajer keuangan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Melalui surat ini ini saya menyatakan untuk melakukan pengunduran diri dari Jabatan saya selaku manajer keuangan di PT. Global Industries terhitung mulai tanggal 14 april 2019. Surat pengunduran diri ini saya buat dikarenakan adanya beberapa hal mengenai perpindahan domisili dari tempat tinggal saya yang sekarang menuju tempat yang akan saya tuju.

Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada ada pihak perusahaan yang telah mengizinkan saya untuk dapat belajar dan juga berkontribusi dalam kemajuan perusahaan ini. Semoga kedepan perusahaan ini semakin berkembang dan semakin Jaya. Tentunya ilmu yang saya dapatkan di perusahaan ini akan sangat berguna untuk saya kedepannya.

Saya juga mengucapkan permohonan maaf yang sebesar – besarnya dan memohon kepada rekan-rekan saya dan juga atasan-atasan saya agar Membuka pintu maaf yang sebesar-besarnya bila Semasa saya bekerja di perusahaan ini terdapat kesalahan – kesalahan baik yang disengaja ataupun yang tidak disengaja.

Terima kasih atas perhatiannya, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh .

 

Hormat saya,

Lutfi irawan.

 
Demikianlah penjelasan kami mengenai contoh surat pengunduran diri yang dapat kalian jadikan sebagai referensi, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.