Kode Bank BCA

Kode Bank BCA – Sebuah nomer kode bank sangatlah dibutuhkan untuk transaksi tunai atau pun nontunai (transfer) dari bank lain, biasanya transaksi ini dilakukan dari mesin ATM atau dari SMS banking (bank online). Jadi hal ini akan mengharus kalian untuk mengetahui kode transfer bank yang kalian gunakan sebelum melakukan sebuah transaksi, hal Ini juga merupakan bagian dari syarat yang perlu kalian perhatikan ketika akan melakukan sebuah transaksi pengiriman uang ke bank lain. Sebab tanpa adanya kode bank, maka transaksi kalian tidak akan pernah berhasil. Pun sebaliknya, jika transaksi kalian harus di tolak maka kalian tidak akan dapat melanjutkan transaksi tersebut.
Setiap bank, ketika akan digunakan untuk transaksi ke bank lain (transaksi dari SMS banking atau pun melalui ATM) harus menyertakan kode bank sebagai kode identifikasi transaksi yang akan dilakukan. Jadi setiap bank termasuk bank BCA, pasti akan memiliki kode masing-masing yang berbeda antara satu bank dengan bank lainnya. Bahkan bank BCA konvensional dengan bank BCA Syariah juga akan memiliki kode yang berbeda. Loh Kenapa kok bisa gitu si? Hal ini disebabkan setiap bank akan memiliki kode identifikasi transaksi yang berbeda, jadi jika kode bank ternyata sama, maka transaksi akan susah untuk dilakukan. Tentu saja hal ini dikarenakan adanya algoritma transaksi masing-masing bank yang akan menggunakan kode bank. 

Penjelasan Singkat Mengenai Kode Bank BCA

Nomer 014 saat ini digunakan sebagai kode bank BCA, nomer ini dapat kita gunakan sebagai kode untuk melakukan kebutuhan transaksi pengiriman uang dari bank lain. Caranya hanya cukup dengan kalian input kode tersebut pada mesin ATM atau pun pada format pesan transaksi pengiriman uang di SMS banking yang akan kalian gunakan untuk bertransaksi. Kalian juga perlu memasukkan kode tersebut ketika akan melakukan transaksi uang dari bank lain menuju bank BCA. Ketika kalian melakukan transaksi uang dari mesin ATM, biasanya akan ada 3 kolom yang tersedia dan meminta kalian untuk memasukkan 3 digit nomer kode BCA dengan diikuti nomer rekening tujuan yang akan kalian transfer uang. Di mesin ATM juga telah tersedia kolom yang bisa kalian gunakan untuk mencari kode bank BCA, tetapi apabila di mesin ATM terjadi antrian panjang, maka lebih baik kalian hafkan kode bank BCA sebelum mengirim uang ke rekening BCA ataupun bank lainnya. Hal ini untuk bertujuan meminimalisir antrian.

Selain itu, kalian akan membutuhkan kode ini untuk bertransaksi ke bank manapun, baik dari bank BNI, BRI, Mandiri, ataupun bank-bank lainnya. Jadi selama kalian transaksi dengan menggunakan mesin ATM ataupun dengan menggunakan SMS banking, maka kalian harus menginput kode bank ini pada format transaksi pengiriman uang yang akan kalian gunakan.

Cara Menggunakan Kode Bank BCA untuk Transaksi Uang (Transfer)

Seperti yang sudah disebutkan dalam penjelasan di atas, bahwa kode bank BCA ini  nantinya akan kalian butuhkan untuk transaksi transfer uang dari bank lain seperti BNI, BRI, Mandiri ataupun bank lainnya. Sebab jika kalian transaksi menggunakan ATM atau pun SMS banking, maka kode ini akan kalian perlukan untuk di masukkan pada format transaksi pengiriman uang yang nantinya kalian lakukan.

Apakah kalian sudah tahu bagaimana cara menggunakan kode BCA untuk transfer uang? Jika kalian belum tahu dna ingin mengetahuinya, maka berikut ini saya jelaskan cara menggunakan kode transfer BCA baik dari mesin ATM ataupun dari SMS banking.

RajaBackLink.com

1. Transfer Dengan Menggunakan SMS Banking

Transaksi dengan menggunakan Mbanking akan mengharuskan kalian untuk memasukkan kode bank ke dalam format transaksinya, termasuk ketika kalian akan melakukan transfer uang ke bank BCA. Kalian bisa transfer uang dari bank manapun, namun jika kalian ingin mengirim uang ke bank BCA, maka kalian harus masukkan kode 014 (bank BCA) ke dalam format transaksinya. Jika kalian tidak memasukkan kode bank BCA ke dalam format transaksinya, maka transaksi pengiriman uang tersebut akan gagal dan tidak bisa dilanjutkan lagi. Kamu harus ulang transaksi tersebut dengan memasukkan kode bank ke dalam format transaksi. Jadi untuk kalian yang masih merasa bingung bagaimana cara memasukkan kode transfer ke bank BCA, maka di bawah ini akan saya jelaskan cara dan langkah-langkahnya. Di sini saya contohkah cara transfer uang dari BRI ke BCA dengan menggunakan Mbanking. Berikut contohnya :

  1. Langkah pertama kalian buka fitur SMS di ponsel yang akan kalian gunakan
  2. Selanjutnya buat pesan baru
  3. Lalu ketik SMS TRANFER [spasi] kode bank BCA diikuti dengan nomor rekening tujuan transfer [spasi] nilai transfer atau nominal pengiriman uang [spasi] PIN
  4. Contohnya: TRANSFER 0148105336078 1000000 123456
  5. Berikutnya kalian langsung saja kirim SMS ke nomor 3300

Apabila kalian telah berhasil melakukan pengiriman uang ke BCA dari BRI, maka nantinya kalian akan menerima pesan dari 3300 berupa keterangan transaksi telah berhasil dilakukan. Namun perlu kalian ketahui, bahwa transaksi SMS banking ini akan dikenakan biaya dengan tarif Rp.1.000-Rp.1.500 per transaksi.

2. Transfer Dengan Menggunakan Mesin ATM

Jika kalian ingin mengirim uang dari bank lain ke bank BCA melalui mesin ATM, maka kalian harus mengetahui bahwa cara memasukkan kode transfer bank BCA akan berbeda dengan menggunakan cara SMS banking, atau lebih tepatnya beda tampilan devices dan juga menunya. Secara format memang masih sama, kode bank BCA akan diikuti dengan nomor rekening bank BCA. Setelah itu baru kalian haru masukkan nominal transaksi dan konfirmasi transaksi pengiriman uangnya. Proses transaksi akan diproses oleh mesin ATM, adapun tahapan dan langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Langkah pertama kalian bisa mengunjungi mesin ATM terdekat di kota kalian
  2. Namun jangan lupa bawa kartu ATM dan nomor rekening BCA yang akan kalian jadikan tujuan untuk melakukan transfer uang
  3. Lalu kemudian saat kalian sudah tiba di mesin ATM, silahkan kalian langsung saja masukkan kartu ATM ke mesin ATM
  4. Kemudian pilih bahasa Indonesia
  5. Lalu masukkan PIN kartu ATM
  6. Berikutnya pilih transaksi lainnya
  7. Llau Tekan transfer
  8. Kemudian pilih transfer antar bank
  9. Selanjutnya kalian Masukkan kode 014 diikuti dengan nomor rekening BCA yang akan kalian gunakan sebagai tujuan transfer
  10. Lalu masukkan nominal transfer pengiriman uang ke bank BCA
  11. Kemudian tekan benar
  12. Pastikan terlebih dahulu detail transaksi kalian sudah benar
  13. Jika sudah benar, maka tekan YA
  14. Lalu selanjutnya transaksi kalian akan diproses
  15. Terakhir kalian dapat cetak setruk, lalu pilih YA 

FAQ:

  1. Apa Itu Kode Bank?

Kode bank merupakan digit angka yang akan menjadi identitas resmi sebuah bank dan dapat digunakan untuk transaksi uang dari mesin ATM ataupun SMS banking.

  1. Berapa Kode Bank BCA?

Kode bank BCA adalah 014. Kode ini dapat digunakan untuk kebutuhan transaksi antar bank dalam negeri ataupun dari luar negeri.

  1. Berapa Kode Bank BCA Syariah?

Kode bank BCA Syariah berbeda dengan bank BCA konvensional. Kode transfer bank BCA Syariah adalah 536.

  1. Bagaimana Cara Untuk Transfer Ke Bank BCA?

Transfer ke bank BCA dapat dilakukan dengan cara menggunakan mesin ATM, iBanking ataupun dengan menggunakan SMS banking. Jadi jika kalian ingin transfer dari bank lain ke bank BCA, maka gunakan kode transfer 014.