Membuat Curriculum Vitae (CV) Lamaran Kerja

Simaklah cara Membuat Curriculum Vitae (CV) Lamaran Kerja berikut ini.

Pengertian Tentang Curiculum Vitae atau CV

Curiculum vitae atau CV merupakan sebuah doku,em yamh dapat kalian isi dengan beberapa data yang penting tentang diri kalian. Biasanya data tersebut meliputi biodata, riwayat pendidikan formal, riwayat pendidikan informal, pengalaman berorganisasi, prestasi yang pernah kamu miliki, minat dan keahlian, serta kamu juga bisa melampirkan sertifikat yang kamu miliki. Fungsi dari CV sendiri adalah untuk meyakinkan perusahaan bahwa kalian mempunyai kompetensi yang dibutuhkan bagi kalian yang ingin melamar pekerjaan tersebut.

7 Hal Penting Yang Harus di Cantumkan ke Dalam CV

Untuk membuat sebuah CV, terdapat beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebagai berikut.

1. Data diri

Data diri merupakan hal yang penting dalam CV dikarenakan ini merupakan sebuah data riwayat hidup kalian. Kalian perlu mencantumnkan data diri pada saat kamu akan membuat Curiculum vitae atau CV tersebut.

2. Deskripsi diri

Selain dari data diri, hal penting yang harus kalian cantumkan pada CV adalah deskripsi diri. Hal ini berfungsi untuk mempromosikan diri kamu selaku pencari kerja kepada sebuah HRD yang ada di perusahaan yang membuka sebuah lapangan pekerjaan. Hal ini pula menjadi tolak ukur kalian dalam memberi kesan yang menarik atau tidaknya saat HRD membacanya nanti.

RajaBackLink.com

3. Riwayat pendidikan dan pelatihan

Salah satu syarat utama dalam melamar pekerjaan ialah mencantumnya riwayat pendidikan. Riwayat pendidikan serta pelatihan merupakan hal yang sangat penting untuk menjadi tolak ukur nantinya. kalian dapat menggambarkannya detail dari mulai jenjang pendidikan SD, SMP, SMK / SMA sampai dengan perguruan tinggi berikut dengan taun masuk dan keluarnya kamu dari pendidikan tersebut

4. Pengalaman organisasi

Dengan kalian mencantumkan pengalaman organisasi pada curriculum vitae kalian, akan menjadi nilai tambah di mata HRD nantinya. Karena Beliau akan menganggap kamu memiliki keaktifan dan soft skill yang berkompeten nantinya. kalian dapat menuliskan pengalaman kalian dalam berorganisasi mulai dari nama organisasi yang pernah kalian jalani, jabatan yang kalian dapatkan di organisasi tersebut, dan juga tahun masa jabatan kalian.

5. Keahlian tambahan

Keahlian tambahan juga cukup penting dan biasanya di cari oleh sebuah perusahaan sebagai contoh keahlian bahasa inggris dan juga bahasa asing nya dengan mencantumkan sertifikasi Bimbingan belajar yang pernah kamu ikuti.masukkan sertifikasi apapun yang menurut kamu masih berhubungan dengan posisi pekerjaan yang sedang kamu lamar. 

6. Prestasi yang pernah di capai

Prestasi yang pernah di capai atau diraih sebelumnya juga merupakan suatu hal yang dapat menjadi nilai tambah bagi kamu dimata perusahaan nantinya. Untuk sebagian besar orang, prestasi merupakan hal yang membanggakan, mengingat untuk mendapakannya, kamu membutuhkan sebuah perjuangan yang cukup panjang.

7. Pengalaman kerja dan referensi perusahaan

Bagi kamu yang sudah mempunyai pengalaman kerja, hal tersebut akan sangat berguna bagi kalian kedepannya. Terlebih lagi untuk melamar pekerjaan di sebuah perusahaan, pengalaman kerja adalah sesuatu yangn sering dicari oleh perusahaan.  kalian dapat memasukkan pengalaman kerja di perusahaan tersebut  Pengalaman kerja akann menajdi nilai tambah pada saat kamu melamar pekerjaan di suatu perusahaan, terlebih jenis perusahaan tersebut sejalan dengan pekerjaan kamu yang lain nya. Dengan demikian kamu akan di klaim sebagai orang yang berpengalaman di dalam bidang tersebut oleh perusahaan yang sedang kamu lamar.

Cara Menulis CV Untuk Lamaran Yang Baik dan Benar

Simaklah penjabaran kami perihal cara menulis CV atau riwayat hidup yang baik dan benar untuk dapat kalian contoh kedalam CV lamaran pekerjaan yang nantinya akan kaliam buat berikut ini.

1. Gunakan Kertas putih polos

Sebelum kalian membuat CV, sebaiknya menggunakan kertas berwarna putih dengan ukuran A4 80 gram. Hal tersebut bukannya tanpa alasan lohhh, hal ini bertujuan agar perusahaan terfokuskan ke dalam substansi dari cv lamaran kerja yang kamu miliki.

2. Buatlah tampilan yang rapih dan indah

Termasuk yang yang penting untuk memperhatikan tampilan dan kerapihan pada CV kamu. Semakin indah nan rapi CV kalian akan semakin menarik perhatian dari pihak perusahaan tersebut lho, tips dari kami untuk kalian yang sedang membuat CV dengan menggunakan tulisan tangan hendaknya memberikan garis kiri dan kanan kertas kamu untuk menjadi batas penulisan cv lamaran kerja kamu.

3. Perhatikan Pemilihan font (jenis huruf)

Selain hal diatas, pemilihan font juga penting dalam membuat CV kalian menjadi tampak menarik. biasanya menggunakan jenis – jenis font yang terbilang formal seperti times new roman, dan juga arial, dengan ukuran 11 atau juga 12 pt. Karena hal ini sangat mempengaruhi kesan yang ada pada cv lamaran kerja kamu.

4. Gunakan tata bahasa, tanda baca, dan ejaan yang sesuai dengan EYD

Tata bahasa dan ejaan yang baik perlu kalian perhatikan saat kalian membuat curriculum vitae atau CV ini dikarenakan nantinya agar dapat mudah dimengerti oleh pihak perusahaan terkait yang sedang kalian lamar. Selain hal tersebut, kalian juga harus menggunakan bahasa yang memberi kesan bahwa kalian adalah orang yang memiliki kecerdasan.

5.  Gaya eksplisit lebih baik

Eksplisit merupakan penyampaian secara langsung, dimana isi dan pesan yang ingin disampaikan oleh penulis dapat dipahami secara langsung. Dengan demikian gunakanlah kalimat kalimat yang memiliki makna langsung dan bukan sekedar sebuah kiasan agar mudah dimengerti oleh pihak perusahaan terkait.

6. Buat dengan tidak lebih dari 2 halaman

Hindarilah penulisan CV yang bertele tele dan memakan banyak halamat. Cukuplah CV yang singkat, padat dan tentunya informatif dan mudah dipahami oleh pihak perusahaan terkait.

Contoh CV Lamaran Kerja Terbaik Berdasarkan dengan Formatnya

Itulah tadi penjabaran mengenai hal apa yang perlu diperhatikan dalam Membuat Curriculum Vitae (CV) Lamaran Kerja. Selanjutkan bagi kalian yang masih merasa bingung bagaimana CV yang benar, tenang saja kami telah merangkum untuk kalian contoh contoh CV yang dapat kalian tiru. Simaklah beberapa contoh CV  berdasarkan bentuk formatnya berikut ini.

1. Contoh CV Lamaran Kerja Sederhana

Template CV pertama adalah CV dengan desain yang sederhana, rapi, dan bersih. Anda dapat dengan mudah membuat resume seperti itu menggunakan perangkat lunak yang disebut Microsoft Word atau perangkat lunak serupa lainnya. membuat CV dengan cara ini cocok bagi kita yang menyukai desain sederhana.

2. Contoh CV Lamaran Kerja Formal

CV formal seperti itu memiliki desain yang sederhana, bersih, dan bahkan sedikit lebih kaku. Anda dapat menambahkan desain kecil sebagai aksen warna yang diterapkan pada resume. Resume ini cocok untuk mereka yang melamar perusahaan administrasi besar seperti akuntan, kepala departemen, manajer, dan lain sebagainya.

3. Contoh CV Lamaran Kerja Kreatif

Untuk kalian yang mencintai kreatifitas, kalian juga dapat membuat cv berdasarkan kreatifitas kalian lho. kalian dapat mengandalkan software design grafis seperti adobe illustrator, corel draw dan masih banyak lagi. Cv seperti ini cocok untuk kamu yang akan melamar kerja perusahaan yang bergerak di bidang desig, photograpy dan perusahan lain nya yang sejenis dengan bidang tersebut.

4. Contoh CV Lamaran Berbahasa Inggris

Perusahaan yang perlu menggunakan CV dalam bahasa Inggris umumnya adalah perusahaan milik asing atau perusahaan yang ruang lingkup kegiatannya terutama bahasa Inggris. Namun, beberapa bisnis lokal mengharuskannya ditulis dalam bahasa Inggris.

Cara Membuat CV Yang Baik dan Menarik

Membuat CV adalah salah satu langkah pertama yang harus dilakukan sebelum melamar ke perusahaan pilihan Anda. Membuat resume yang menarik sangat penting untuk mendapatkan respons yang baik dari bisnis Anda. Sehingga Anda bisa mendapatkan pekerjaan yang benar-benar Anda inginkan.

1. Lakukan job research

Langkah pertama adalah melakukan pencarian kerja untuk mencari informasi tentang perusahaan yang Anda lamar dan pekerjaan. Langkah pertama ini akan membantu Anda memutuskan langkah berikutnya dengan lebih mudah. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mencari pekerjaan.

  1. Cari informasi mengnai syarat melamar kerja : catat dan ingat perihal informasi – informasi mengenai syarat dan juga berbagai hal lainnya yang harus di penuhi terkait dengan untuk pelamaran sebuah pekerjaan, seperti keterampilan yang mesti di miliki, usia, pengalaman bekerja, dan lain – lainnya.
  2. Gali informasi tentang perusahaan sebanyak banyaknya : Dalam sebuah profil perusahaan biasanya terdapat visi dan juga misi serta nilai – nilai yang di junjung tinggi oleh perusahaan tersebut. Secara etos kerja karyawan kamu di haruskan mencermati terlebih dahulu terkait dengan perusahaan tersebut.

2. Cari informasi mengenai cv

temukan informasi tentang resume Anda, termasuk cara membuatnya menarik, cara membuatnya, cara membuatnya, dan banyak lagi. itu adalah upaya untuk mencari informasi tentang program itu sendiri. Secara keseluruhan, Anda sudah tahu apa CV Anda, tetapi Anda juga harus tetap up to date. Biasanya inilah berbagai hal yang terdapat didalam sebuah cv.

  1. Identitas Pribadi : Nama lengkap, alamat, nomer telepon, dan alamat email
  2. Pendidikan : Pendidikan terakhir, jurusan,  dan ipk
  3. Personality : Sifat dan perilaku yang kamu miliki (Deskripsi diri)
  4. Pelatihan : Berisikan pelatihan yang kamu ikuti selama 2 – 3 tahun terakhir.
  5. Informasi lain mengenai diri kamu : Hobi, ataupun sebuah referensi yang mencakup perihal pekerjaan tersebut.

3. Mulai membuat cv

Setelah Anda memiliki informasi menganai perusahaan tersebut dan curriculum vitae (CV), langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah mulai membuat CV berdasarkan pengetahuan dan informasi yang sebelumnya Anda pahami. Berikut adalah beberapa langkah untuk membantu Anda membuat CV:

  1. Cantumkan identitas diri di bagian teratas : Bagian pertama yang kamu harus tulis adalah mengenai data diri kamu yang meliputi nama,  tempat tanggal lahir, alamat, dan lain sebagainya. Jangan lupa juga untuk menyantumkan foto terbaru kamu agar terlihat lebih professional.
  2. Tuliskan jenjang pendidikan : hal selanjutnya yang perlu kamu cantumkan di dalam cv adalah jenjang pendidikan formal. Kamu juga bisa mencantumkan pendidikan informal seperti pelatihan, Bimbingan belajar dan lain sebagainya.
  3. Deskripsikan keterampilan dan juga pencapaian kamu : Keterampilan dan pencapaian yang kamu miliki sangat perlu untuk kamu cantumkan, sebagai nilai plus dari diri kamu. Kamu bisa menggambarkan nya dengan diagram ataupun grafik untuk menyatakan secara cermat terkait dengan keterampilan dan juga pencapaian kamu.
  4. Sebutkan secara spesifik pengalaman kerja dan juga pelatihan : Setelahnya, kamu juga perlu mendeskripsikan dengan jelas dan juga mendetail terkait dengan pengalaman kerja dan juga pelatihan yang penah kamu ikuti.

4. Koreksi kembali cv kamu

Setelah Anda membuat curriculum vitae atau CV Anda, Anda harus membacanya dan meninjaunya kembali. Anda dapat menambahkan sesuatu ke curriculum vitae atau CV Anda nanti agar lebih menarik. Bagian ini pasti dapat meningkatkan kualitas resume Anda

  1. Perbaiki tata bahasa : saat sedang membaca ulang cv yang sudah kamu buat, kamu juga perlu memperbaiki tata bahasa yang di rasa kurang tepat. Hindari penggunaan bahasa gaul dan lebih kedepankan pengejaan kata yang sesuai dengan EYD
  2. Bawalah kata – kata yang lebih singkat dan efektif  : Ringkas kembali kata – perkata yang telah kamu tuliskan di dalam cv kamu untuk menghindari pembahasan yang bertele – tele

5. Analisa cv kamu

Setelah kalian mengoreksi kembali cv kamu yang terkait dengan penggunaan bahasa yang formal juga menarik. Alangkah baiknya juga kalian menganalisa cv tersebut dari berbagai sudut pandang. Langkah selanjutnya yang dapat kalian lakukan adalah sebagai berikut ini.

  1. Baca kembali cv tersebut seolah kamu ada lah seorang HRD
  2. Minta orang lain untuk membaca cv kamu : Untuk memantapkan kembali cv yang kamu buat tadi, kamu bisa melakukan nya dengan cara meminta orang lain untuk membacakan kembali dan beri penilaian terhadap cv kamu.

Kesalahan Dalam Menuliskan CV Lamaran Kerja

Saat membuat detail CV, ini merupakan faktor penting dalam menentukan apakah lamaran diterima oleh perusahaan. Namun setelah mengetahui komponen yang dibutuhkan untuk CV. Terkadang pembuat CV secara online pun masih memiliki kekurangan. Berikut adalah kesalahan umum yang terjadi saat membuat resume.

  1. Salah ketik atau typo : Inilah mengapa, pengecekan ulang merupakan suatu hal yang penting dalam membuat sebuah dokumen, terlebih dokumen tersebut merupakan dokumen yang penting. Kamu di haruskan untuk membaca kembali isi dari dokumen tersebut untuk menghindari adanya typo dalam penulisan
  2. Format terlalu kreatif : Membuat sebuah cv harus di sesuaikan dengan tempat dimana kamu melamar kerja. Jika perusahaan tersebut bergerak di bidang kreatif seperti design, dan sebagainya. Kamu bisa menerapkan nya untuk membuat Format yang kreatif, Namun jika perusahaan tersebut bergerak di bidang administratif, Buatlah sebuah cv yang formal dan juga ringkas.
  3. Data yang di tulis tidak valid : Tuliskanlah sebuah data yang sesuai dengan fakta dan juga memiliki dukungan dari sebuah dokumen. Seperti data yang di dukung oleh KTP, Data pendidikan, Sertifikat, ijazah, dan lain – lainnya.
  4. Satu cv untuk semua lamaran : seperti yang tadi sudah di bahas kita perlu membedakan antara perusahaan satu dengan perusahan lainnya, Cv yang di gunakanpun perlu seperti itu.
  5. Terlalu bertele – tele : Cv bukanlah suatu karya tulis berupa prosa yang harus di tulis dengan bertele – tele. Buatlah sebuah cv yang ringkas namun mendetail, Agar HRD tidak merasa bosan ketika membacanya.
  6. Baca kembali dan analisis cv kamu : Cobalah untuk mengevaluasi hal – hal yang terdapat di dalam cv, agar cv kamu dapat terkesan lebih menarik untuk di baca

Demikianlah penjelasan kami mengenai cara Membuat Curriculum Vitae (CV) Lamaran Kerja yang dapat kalian terapkan dan lakukan untuk melamar pekerjaan yang kalian impikan diperusahaan terkait. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kalian menemuka gaya penulisan dan menjadikannya sebagai referensi untuk membuat CV kedepanya. Sekian dan Terima kasih.