Cara Mengatasi Laptop Hang

Cara Mengatasi Laptop Hang – Ketika kita sedang mengerjakan tugas, lalu sebagai pengguna laptop tentu kita tidak ingin sampai terjadi sebuah masalah pada laptop tersebut. Sebab jika masalah itu terjadi, maka tugas kita sudah pasti akan menjadi lambat selesai. Nah, masalah yang tidak jarang atau sering muncul ketika sedang mengerjakan tugas adalah terjadinya laptop hang. Hang sendiri adalah sebuah masalah yang bisa terjadi pada semua laptop, baik itu yang memiliki spesifikasi rendah maupun tinggi. Jadi, ketika laptop kalian mengalami masalah hang secara tiba-tiba, maka kalian tidak perlu lagi merasa kaget karena itu adalah hal yang bisa dikatakan wajar. Laptop hang juga sering dijadikan sebuah tanda kalau laptop akan mengalami sebuah permasalahan.

Nah untuk kalian yang sedang mengalami masalah laptop hang, maka kalian tidak perlu khawatir lagi. Sebab pada ulasan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi laptop hang. Maka silakan simak sampai akhir ya agar permasalahan pada laptop kalian bisa segera terselesaikan.

Beberapa Penyebab Laptop Hang dan Cara Mengatasinya

Berikut ini adalah beberapa penyebab yang membuat laptop sering hang saat digunakan. Agar langsung mengetahui bagaimana solusinya, maka saya juga akan memberikan cara untuk mengatasinya sekaligus. Berikut penjelasannya :

RAM yang Terlalu Kecil

RAM adalah sebuah hardware yang berfungsi untuk dapat menyimpan berbagai data secara sementara, data yang dimaksud disini adalah data dari sebuah aplikasi atau program yang sedang berjalan.

Nah saat RAM pada laptop kalian ternyata terlalu kecil, maka tidak semua aplikasi bisa berjalan secara bersamaan (multitasking). Jika hal itu terjadi, maka laptop akan terjadi hang yang secara tiba-tiba sebab RAM sudah terlalu penuh untuk digunakan.

Lalu bagaimana cara untuk mengatasi permasalahan tersebut? Untuk penggunaan saat ini, paling tidak laptop kalian sudah memiliki RAM sebesar 4GB. Namun, mengingat program yang sering bermunculan jugaakan membuat laptop semakin berat ketika dijalankan. Jadi apabila laptop kalian ternyata masih memiliki RAM 1GB atau 2GB, silakan pertimbangkan kembali untuk melakukan upgrade agar laptop kalian dapat berjalan dengan normal tanpa terjadinya masalah hang lagi.

Banyak Aplikasi yang Terinstall

Semakin banyak aplikasi yang terinstall pada laptop kalian, maka juga akan semakin besar pula ruang yang dibutuhkan untuk menyimpannya. Saat kapasitas pada hardisk kalian sudah akan penuh, maka lebih baik kurangi jumlah aplikasi yang terinstall. Meskipun menginstall banyak aplikasi sebenarnya boleh saja, namun aplikasi tersebut memang harus benar-benar digunakan. Selain itu, kalian juga perlu untuk mempertimbangkan juga kapasitas hardisk yang kalian gunakan.

Lalu bagaimana cara untuk mengatasi permasalahan tersebut? Pada permasalahan ini ada dua cara yang bisa kalian gunakan.

Untuk opsi pertama, kalian bisa meng-uninstall aplikasi yang dirasa tidak digunakan. Dengan ini, kapasitas pada hardisk kalian akan semakin terbuka dan hal ini juga dapat meminimalisir terjadinya masalah hang pada laptop.

Untuk dapat melakukan uninstall aplikasi, silakan kalian ikuti saja langkah-langkah berikut ini :

  1. Langkag pertama, silakan kalian masuk ke Control Panel.
  2. Lalu setelah itu, kalian fokus pada bagian Programs, kemudian silakan klik Uninstall a program.
  3. Setelah itu silakan kalian cari aplikasi yang ingin kalian uninstall, apabila sudah ketemu silahkan klik kanan lalu pilih Uninstall dan ikuti perintah yang diberikan.

Untuk opsi kedua ini diperuntukkan khusus bagi kalian yang memang membutuhkan banyak aplikasi, namun ternyata kapasitas pada hardisk sudah terlalu penuh, maka solusinya adalah dengan memperbesar kapasitas pada hardisk kalian. Dengan melakukan upgrade hardisk, maka kalian akan dapat menginstall banyak aplikasi tanpa merasa khawatir lagi mengenai kehabisan kapasitas hardisk. Namun dengan upgrade hardisk, maka kalian juga harus melakukan install ulang sistem operasi beserta aplikasi-aplikasinya.

Banyak Aplikasi Startup

Aplikasi startup adalah aplikasi yang sudah berjalan sejak laptop dihidupkan. Aplikasi startup ini memang ada yang penting dan ada yang benar-benar tidak diperlukan. Jadi, aplikasi startup yang tidak diperlukan sebenarnya hanya akan menyebabkan laptop sering terjadinya permasalahan hang saja.

Lalu bagaimana cara untuk dapat mengatasi permasalahan tersebut? Untuk mengatasinya permasalahan di atas cukup mudah, sebab kalian hanya perlu mematikan aplikasi startup yang dirasa tidak diperlukan. Namun kalian juga perlu untuk berhati-hati, jangan sampai mematikan startup app yang penting dan dapat mengakibatkan gangguan pada kinerja sistem.

Untuk mematikan startup app, kalian dapat ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Langkah pertama, buka Run dengan menekan tombol Windows + R.
  2. Lalu setelah muncul kolom, ketikkan taskmgr lalu tekan Enter.
  3. Kemudian pindah ke tab Startup.
  4. Setelah itu kalian pilih aplikasi yang hendak dimatikan > klik kanan > Disable.

Adanya Sampah yang Menumpuk

Terkadang, sampah akan menumpuk tanpa kita sadari pada laptop. Apakah kalian sudah mengetahui bahwa file yang dihapus itu tidak akan benar-benar langsung terhapus, bahkan masih tetap ada pada laptop? Untuk yang kalian yang belum mengetahui, maka akan saya jelaskan sedikit saja. Jadi, file yang dihapus itu tidak langsung terhapus permanen, file tersebut hanya akan pindah tempat saja ke Recycle Bin. Jadi, kalian perlu untuk menghapusnya secara manual.

Lalu bagaimana cara untuk mengatasi permasalahan tersebut? Ada dua cara yang bisa kalian gunakan.

Untuk opsi pertama, kalian perlu untuk menghapus file dari Recycle Bin pada laptop kalian. Caranya pun terbilang sangat mudah, silakan kalian ikuti langkah-langkahnya berikut ini :

  1. Langkah ertama, silakan kalian masuk ke Desktop atau halaman depan laptop kalian.
  2. Lalu etelah itu, kalian akan melihat icon bernama Recycle Bin. Kemudian klik kanan pada icon tersebut lalu klik Empty Recycle Bin.

Opsi yang kedua adalah dengan melakukan Disk Cleanup. Disk cleanup ini digunakan untuk menghapus temporary file yang letaknya di hardisk. Meskipun filenya memang tidak selalu terlihat, hal ini pun membuat banyak orang yang belum mengetahuinya.

Untuk dapat melakukan Disk Cleanup, maka silakan ikuti langkah-langkahnya berikut ini :

  1. Langkah pertama, silakan  kalian buka aplikasi Windows Explorer di laptop.
  2. Lalu setelah itu, pilih disk yang ingin kalian bersihkan sampahnya, misalnya Disk D.
  3. Selanjutnya, klik kanan pada disk tersebut > Properties > pindah ke tab Tools > klik Disk Cleanup.
  4. Kemudian kalian hanya perlu menunggu sampai proses selesai.

Laptop yang Terkena Virus

Untuk cara pertama ini adalah cara yang umum untuk dilakukan, yaitu melakukan scan virus. Saat ini, banyak antivirus yang bisa kalian gunakan secara gratis, jadi kalian dapat memanfaatkan antivirus tersebut sebaik mungkin.

Minimal, kalian harus memiliki satu antivirus pada laptop. Untuk Windows, mungkin kalian bisa menggunakan Windows Defender. Silakan kalian lakukan scan virus secara berkala, misal seminggu sekali agar kalian dapat mengetahu apakah laptop kalian terkena virus atau tidak.

Namun, jika serangan virus ke laptop kalian sudah terlalu parah, maka langkah terakhir yang bisa diambil adalah install ulang. Dengan melakukan install ulang, maka seluruh virus tersebut akan terhapus dan laptop kalian akan kembali normal.