Ukuran Kertas A3 Beserta Kegunaannya

Ukuran Kertas A3 Beserta Kegunaannya –  Setiap kertas yang dijual di pasaran, akan memiliki ukuran yang berbeda-beda. Biasanya ukuran tersebut menentukan dengan fungsi dari kertas, misalnya saja seperti ukuran kertas A3 banyak digunakan pada perkantoran dan juga industri kesenian. Kertas ini biasanya sangat dicari sehingga jenisnya lebih beragam. Untuk dapat mengetahui ukuran kertas yang ada di pasaran, khususnya kertas yang berjenis A3, maka kalian bisa menyimak penjelasannya di bawah ini. Selain ukuran secara umum, kalian juga akan mengetahui manfaat apa saja yang terdapat dari kertas tersebut serta jenis kertas dengan ukuran A3 yang banyak tersedia di pasaran. 

Ukuran Kertas A3 (Inci, Cm, dan Mm)

Ukuran dari kertas A3 sudah tetap, jadi tidak bisa diubah-ubah sesuai dengan keinginan kalian. Secara umum kertas ini memiliki ukuran sebagai berikut ini :

1. Dengan Jenis Ukuran yang Sesuai Inci

Ukuran standar internasional biasanya akan menggunakan ukuran yang sesuai denga inci, maka jika kertas A3 dikonversi menjadi inci ukurannya akan menjadi 11.69 x 16,54 inci. Apabila kalian memiliki kertas dengan ukuran A3, coba ambil penggaris dengan akurasi yang tinggi, lalu selanjutnya ukur panjang dan lebar apakah sudah sesuai itu atau tidak.

2. Dengan Jenis Ukuran yang Sesuai CM

Untuk skala selanjutnya adalah ukurang dengan memakai cm, ukuran ini banyak digunakan di Indonesia atau beberapa negara di kawasan Asia. Jika kertas A3 dikonversi ke ukuran yang sesuai dengan cm, maka ukuran panjang dan lebarnya akan menjadi 29,7 x 42,0 cm. Apabila kalian melihat ukuran ini berarti kertas A3 cukup besar, jadi jika kertas ini dibagi menjadi dua, maka kalian akan mendapatkan kertas A4

3. Dengan Jenis Ukuran yang Sesuai MM

Ukuran MM juga sering digunakan khususnya pada komputer atau media yang memiliki akurasi tinggi lainnya. Jika kertas A3 dikonversi menjadi sesuai dengan ukuran MM, maka ukuran panjang lebarnya adalah 297 x 420 mm.

Tabel Ukuran Kertas A3 (Piksel)

Selanjutnya jika menggunakan aplikasi seperti Photoshop atau sejenisnya, ukuran kertas A3 pada kertas dapat dikonversi menjadi seperti tabel di bawah ini.

Ukuran A3 Panjang Lebar
A3 – 72 PPI 842 1191
A3 – 200 PPI 2339 3308
A3 – 300 PPI 3508 4962
A3 – 400 PPI 4677 6616
A3 – 600 PPI 7016 9924
A3 – 1200 PPI 14031 19848

 

 

 

 

Apa Itu Kertas A3 Plus?

Selain kertas A3 biasa, ada juga kertas A3 Plus. Kertas ini memang sedikit mempunyai perbedaan dari segi ukuran dan juga penggunaan. Perbedaan pada ukuran sebenarnya tidak terlalu terlihat signifikan, namun walaupun begitu penggunaannya jadi sedikit berbeda dengan adanya selisih itu maka bagian tepi bisa dimanfaatkan untuk border. Ukuran dari kertas A3 Plus adalah 48,3 x 32 cm. Jika diubah menjadi inci hasilnya menjadi 12 x 19.17 inci. Kertas ini juga banyak digunakan untuk keperluan percetakan besar dan biiasanya akan ada standar ISO yang digunakan pada kertas ini. Jadi ukurannya akan selalu sama antara yang digunakan di Indonesia atau pun dengan belahan bumi lainnya.

Beberapa Jenis Kertas A3 yang Terdapat di Pasaran

Setelah mengetahui beberapa ukuran kertas A3, Tidak ada salahnyajika kalian ingin memahami tentang berbagai jenis kertas A3 yang ditemukan di pasaran. Kertas jenis ini tidak hanya ada 1 saja, sebab terdapat varian yang banyak dan menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Berikut jenis kertas A3 selengkapnya simak pada ulasan di bawah ini :

1. Jenis Kertas A3 Ivory

Salah satu jenis kertas A3 yang banyak digunakan saat ini adalah jenis kertas dengan versi Ivory. Kertas dengan ukuran ini biasanya memiliki permukaan yang mengkilap dan juga lembut, pada permukaan kertas ivory ini biasanya akan banyak digunakan sebagai media untuk mencetak sebuah foto. Dengan menggunakan media ini, maka foto bisa dicetak dengan kualitas yang baik dan ukurannya bisa menjadi besar. Apabila ukuran foto yang dihasilkan ternyata kecil, satu kertas bisa dibagi menjadi beberapa bagian. Lalu berikutnya foto yang sudah dicetak bisa dipotong sesuai dengan kebutuhan kalian. Di pasaran kertas ivory pun biasanya juga memiliki grade yang bervariasi, ada yang standar dan ada juga yang memiliki kualitas cukup tinggi. Harga kertas ini tergolong lebih tinggi dibandingkan dengan kertas standar lainnya. Apalagi jika penggunaannya lebih difokuskan pada percetakan foto atau pun brosur.

2. Jenis Kertas A3 HVS

Kertas A3 selanjutnya yang tersedia di pasaran adalah HVS. Pada umumnya, kertas HVS biasanya memiliki ketebalan yang berbeda-beda. Ada yang ketebalannya cukup kecil seperti 60 gram atau ada juga yang memiliki ketebalan berada di atas 80 gram. Semakin tinggi gramasi, harganya juga akan menjadi semakin mahal. Kertas ukuran A3 HVS umumnya terdiri dari dua jenis, yang pertama adalah kertas dalam bentuk lembaran sehingga tidak perlu melakukan proses pemotongan terlebih dahulu, lalu yang kedua adalah ada juga kertas dalam bentuk buku gambar sehingga lebih mudah kalian bawa kemanapun. Nmaun apapun jenis kertas A3 HVS yang kalian pilih, maka usahakan untuk sesuai dengan kebutuhan. Bisa kertas tersebut akan digunakan untuk menulis, menggambar, atau aktivitas lainnya. Sesuaikan ketebalan atau gramasinya agar tidak tembus hingga ke bagian belakang atau kertas tersebut menjadi rusak.

3. Jenis Kertas A3 Samson Kraft

Kertas jenis Samson Kraft,akan  sedikit berbeda dengan kertas yang sudah dibahas di atas. Kertas ini biasanya akan berjenis daur ulang sehingga warnanya tidak akan menjadi putih. Pada umumnya, kertas ini memiliki warna yang agak kecokelatan atau kekuningan. Harga di pasaran juga cenderung lebih murah dibandingkan kertas lainnya. Kertas ini biasanya digunakan untuk keperluan seni,bisa dipakai sebagai media gambar atau pun lukis. Selain itu, kertas ini juga bisa digunakan untuk tempat menuangkan ide, sebab dengan ukurannya yang terbilang sangat besar ini bisa membuat kertas lebih mudah ditempel pada tembok dan dipakai sebagai media tulis. Meski termasuk kertas daur ulang, namun produk ukuran kertas A3 ini memiliki permukaan yang cukup. Kertas ini juga bisa dimanfaatkan untuk media lain seperti mencetak pengumuman. Dengan menggunakan kertas daur ulang, biaya operasional pun bisa ditekan. 

4. Jenis Kertas A3 Art Paper

Kertas ini sebenarnya hampir mirip sekali dengan HVS. Permukaan nya sangat lembut dan bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Yang membedakan kertas ini dengan yang lain adalah gramasi atau ketebalannya. Kertas ini memiliki gramasi sekitar 120-150 gram.

Permukaan kertas lipat lebih mengkilap warna dari kertas ini lebih beragam. Tidak hanya memiliki warna putih saja, warna lain seperti merah, biru, dan kuning, bisa didapatkan dengan mudah. Itulah kenapa dinamai art paper. Karena dengan kertas ini berbagai kesenian bisa dilakukan.

Dengan art paper berbagai karya seni bisa dibuat mulai dari membuat mozaic, membuat seni lipat, hingga lainnya. Kertas juga bisa digunakan untuk membuat mading atau media tiga dimensi lain. Gunakan kreativitas untuk melaksanakan fungsi dari kertas ini.

5. Kertas A3 Karton

Kertas A3 terakhir adalah jenis karton yang memiliki ukuran yang lebih tebal, biasanya kertas ini akan memiliki warna putih dan permukaannya terasa lebih lembut. Kertas karton bisa digunakan untuk keperluan desain hingga membuat sebuah kemasan dari produk. Kertas ini juga bisa kalian gunakan untuk mencetak kartu nama hingga keperluan lainnya. Semua desain bisa dicetak dengan menggunakan kertas ini lalu dipotong sesuai dengan kebutuhan kalian

Kegunaan dari Kertas A3

1. Kertas Berguna Sebagai Media Seni

Fungsi pertama dari kertas A3 adalah dapat dipakai sebagai media seni. Kertas ini memiliki ukuran yang cukup lebar sehingga bisa kalian manfaatkan sebagai media untuk menggambar serta melukis. Biasanya kertas ini juga banyak digunakan oleh anak sekolah atau pun para mahasiswa. Kertas ini ada yang berbentuk lembaran, ada juga yang berbentuk menjadi satu pada buku gambar. Permukaan kertas ini biasanya akan terasa cukup halus dan mampu menerima berbagai jenis alat seni. Contohnhya saja jika digunakan untuk menerima cat minyak hingga digunakan untuk media watercolor. Kertas ini juga lumayan mudah didapatkan dengan harga yang cukup terjangkau. Di pasaran kertas ini memiliki ketebalan yang berbeda-beda. Jadi kalian harus menyesuaikan dengan kebutuhan agar media kertas ini bisa bermanfaat dengan baik dan tidak rusak saat dipakai untuk menggambar atau melukis.

2. Kertas Berguna untuk Promosi

Kertas dengan ukuran A3 ini juga bisa kalian gunakan untuk keperluan promosi. Kertas ini pada umumnya berbentuk lembaran sehingga bisa diberi gambar atau informasi di atasnya. Kertas bisakalian langsung cetak dari materi promosi yang sudah disiapkan sebelumnya. Sebagai sebuah media promosi, dapat menggunakan kertas yang berbentuk kertas HVS standar atau bisa juga jenis yang lain. Pada proses percetakan juga bisa dilakukan langsung di kantor atau bisa juga memanfaatkan jasa cetak. Apabila menggunakan jasa cetak biasanya jumlah eksemplar akan lebih banyak. Dengan ukurannya lumayan besar ini, media promosi bisa ditempel pada berbagai tempat khususnya di area kaca. Dengan ukuran yang besar, berbagai informasi bisa ditambahkan secara lengkap. 

3. Kertas Berguna untuk Membuat Desain

Bagi beberapa orang, ukuran kertas A3 yang besar bisa dimanfaatkan untuk membuat sebuah karya desain. Kertas ini bisa digunakan untuk media cetak dari desain yang ada. Selain itu, kerta ini juga bisa digunakan untuk membuat desain secara manual khususnya pada pekerjaan teknik. Biasanya kertas ini akan digunakan untuk menggambar suatu struktur., sebab dengan memiliki ukuran yang lumayan besar, maka berbagai hal bisa dimasukkan ke sana termasuk keterangan. Itulah mengapa, banyak sekali mahasiswa di bidang teknik khususnya arsitektur menggunakan kertas ini setiap hari.

4. Kertas Berguna Sebagai Media Cdetak Foto 

Beberapa kertas A3 memiliki permukaan yang cukup licin dan tebal, jadi hal ini menyebabkan kertas jenis ini biasanya digunakan untuk media cetak foto. Kertas ini juga dipakai untuk media meletakkan foto ukuran besar ataupun foto ukuran kecil yang nantinya akan dipotong secara manual. Kertas foto ini pada umumnya memiliki harga yang jauh lebih mahal, dengan kualitasnya juga akan bervariasi mulai dari yang standar hingga yang memiliki kualitas tinggi. Apapun jenis kertas yang akan dipilih, kalian juga harus bisa menyesuaikannya dengan printer yang akan kalian gunakan.  Apabila printer dan kertas bisa saling menyesuaikan, maka akan ada kemungkinan besar hasil dari cetakan terlihat sempurna. Kalian tidak perlu lagi untuk menggunakan jasa cetak foto di luar, hanya perlu menggunakan printer yang ada di rumah dan hasil cetak foto di kertas A3 pun bisa segera kalian dapatkan.