Cara Mengatasi IDM Fake Serial Number

Internet Download Manager adalah sebuah software berbasis ekstensi yang dikembangkan oleh Tonec Inc. Internet Download Manager pada umumnya biasa digunakan oleh pengguna internet dikarenakan kemampuannya yang dapat membantu proses pengunduhan agar lebih cepat hingga dua sampai lima kali lipat. Namun, tak jarang dari para penggunanya merasa terganggu setelah masa percobaan gratis (free trial) mereka telah kadaluarsa. Dan tak jarang dari beberapa penggunanya justru menghapus software tersebut dari perangkat mereka karena tidak mengerti cara mengatasinya. Sebagaimana seharusnya hal tersebut masih bisa ditangani oleh diri kita sendiri dengan cara yang cukup mudah.

Pada umumnya, serial number pada Internet Download Manager atau yang lebih sering kita kenal sebagai IDM adalah salah satu masalah kecil yang cukup mengganggu bagi kita.
Bagaimana tidak? Setiap saat masa berlaku versi Gratis dari Internet Download Manager kita telah kadaluarsa, akan selalu muncul Notifikasi yang mengharuskan kita untuk memasukkan kembali data serta Serial Number terbaru. Tak jarang juga banyak sekali orang yang mencoba menggunakan fake License dengan cara mendownload license versi cracknya. Jika tidak, maka notifikasi tersebut tidak akan pernah berhenti mengganggu aktivitas harian kita di depan monitor terkecuali kamu menghapus software tersebut.

Namun, yang terpenting disini adalah kita perlu mengatasi bagaimana jika fake serial number tersebut terdeteksi. Karena pada dasarnya Pengembang dari Internet Download Manager sendiri sudah mengupdate sistem keamanan mereka. 

Yuk simak artikel ini!

Cara Menghilangkan Fake Serial Number IDM

Sedikit info, sebenarnya salah satu penyebab munculnya peringatan fake serial number pada IDM adalah fitur Update Otomatis yang aktif pada IDM. Oleh karena itu, kalian bisa mematikannya terlebih dahulu dengan cara membuka pengaturan pada Software IDM kalian, kemudian nonaktifkan ceklis pada Update Otomatis.

Untuk kasus lebih lanjut terhadap masalah Fake Serial Number pada IDM, berikut adalah beberapa cara yang bisa kalian lakukan.

1. Beli Lisensi Resmi IDM

Jika kalian ingin cara yang lebih praktis untuk mengatasi masalah Fake Serial Number pada IDM, pihak IDM juga menawarkan Lisensi Resmi mereka yang bisa kalian pergunakan. Varian Lisensi yang ditawarkan oleh IDM juga ada beberapa macam, berikut daftar harga dari yang terndah hingga teratas :

  1. $9.95 / Rp.142.000
    Lisensi ini dapat digunakan untu 2 komputer atau lebih, dengan masa berlaku Satu Tahun.
  2. $11.95 / Rp.170.000
    Lisensi ini dapat digunakan untuk 1 komputer, dengan masa berlaku Satu Tahun.
  3. $19.95 / Rp.285.000
    Lisensi ini dapat digunakan untuk 2 komputer atau lebih, dengan masa berlaku Seumur Hidup.
  4. $24.95 / Rp.356.000
    Lisensi ini dapat digunakan untuk 1 komputer, dengan masa berlaku Seumur Hidup.

Daftar di atas adalah harga resmi untuk Lisensi IDM yang ditawarkan langsung oleh Pengembang. Tentu saja harga tersebut sangatlah cocok bagi kalian yang berbisnis di dunia Internet.

Beberapa contoh seperti Jasa Reset Ulang HP, Upgrade OS HP, Root HP, tentu saja mereka memerlukan IDM untuk memaksimalkan pengunduhan mereka pada saat mengunduh Firmware yang dibutuhkan.

2. Rename File Pada Direktori IDM

Cara kedua untuk mengatasi fake serial number adalah dengan cara mengubah nama file pada direktori IDM.
Berikut adalah cara-caranya :

  1. Pertama, silahkan kalian masuk ke C:\Program Files (x86)\Internet Download Manager.
  2. File pertama yang harus diubah adalah IDMGrHlp, ubah nama menjadi idmhelp-old. Setelah itu, mulai ulang laptop ataupun komputer Anda.
  3. Setelah dimulai ulang, buka kembali folder instalasi IDM (No.1), ubah nama idmBroker jadi IDMGrHlp. Kemudian, silahkan lakukan mulai ulang laptop/pc kalian kembali.
  4. Selesai.

3. Reset Ulang Versi Trial

Cara menghilangkan fake serial number IDM bisa dilakukan dengan bantuan software pengulang versi Trial. Namun sebelum itu, Nonaktifkan terlebih dahulu antivirus pada Laptop/PC kalian.

Berikut adalah cara untuk mereset Trial IDM menjadi 30 hari :

  1. Pertama, kalian unduh filenya di https://www59.zippyshare.com/v/ytlGoEUM/file.html.
  2. Kemudian, ekstrak filenya lalu buka file yang telah kalian unduh.
  3. Setelah software tersebut terbuka, masuk ke tab Trial Reset lalu klik Reset IDM Trial Now.
  4. Tunggu sampai prosesnya selesai, kemudian mulai ulang laptop/PC kalian.

catatan:
Kalian bisa menggunakan IDM terus menerus dengan cara kalian perlu melakukan Reset Trial IDM setiap 30 hari sekali.

Setelah kalian melakukan langkah-langkah di atas, kalian perlu menghubungkan kembali IDM dengan ekstensi Browser kalian kembali secara manual, kalian bisa mencari tutorialnya di Internet.

Nah, berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi IDM Fake Serial Number yang bisa kalian gunakan untuk keperluan kalian. Namn, kami tetap menyarankan kalian untuk membeli Lisensi Resmi yang di tawarkan oleh pengembang ya, karena itu bisa membantu pengembang dalam mengembangkan program mereka.

Sekian penjelasan dari artikel ini, semoga bermanfaat bagi kalian. Jangan lupa share ke teman kalian ya!
See you…