Cara Menggabungkan File PDF

Cara Menggabungkan File PDF – Sekarang ini kebutuhan terkait file PDF memang semakin meningkat saja, termasuk dalam hal menggabungkan file PDF. Dengan cara menggabungkan file PDF akan memiliki sebuah tujuan untuk dapat menjadikan 2 atau lebih file PDF menjadi 1.

Kita semua pasti akan sepakat bahwa hampir semua hal dari yang berbau edit file itu memang sedikit sulit untuk dilakukan, termasuk hal yang akan dibahas pada artikel kali ini. Nah, apakah kalian sudah mengetahui bagaimana cara untuk dapat menggabungkan file PDF? Tidak sedikit orang yang memang belum mengetahui cara ini karena memang bisa dikatakan sedikit rumit. Namun dengan cara kalian membaca artikel pada ulasan ini, semoga saja kalian akan menjadi paham.

Dalam ulasan kali ini, saya akan memberikan pembahasan mengenai bagaimana cara untuk dapat menggabungkan file PDF tanpa aplikasi maupun dengan aplikasi, silakan kalian pilih cara yang paling cocok untuk kalian.

Cara Menggabungkan PDF dengan dan Tanpa Aplikasi

Beberapa cara tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

RajaBackLink.com
  1. SmallPDF com
  2. PDFJoiner com
  3. IlovePDF com
  4. Icecream PDF Split & Merge
  5. NitroPDF
  6. Xodo PDF Reader &Editor (Android)

Jika dari judulnya saja sudah tanpa aplikasi, maka bisa disimpulkan bahwa media yang akan digunakan adalah sebuah website. Tidak lupa juga, kalian juga perlu untuk mempersiapkan web browser seperti Google Chrome maupun Mozilla Firefox. Cara ini juga akan memiliki kelebihan lain yaitu bisa dilakukan dengan cara melalui perangkat ponsel maupun PC, jadi sesuaikan saja dengan perangkat yang akan kalian gunakan nanti.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk dapat menggabungkan file PDF tanpa aplikasi :

SmallPDF.com

Saat sedang mencari suatu hal yang berkaitan dengan PDF, maka website yang paling dominan muncul adalah SmallPDF.com. Oleh karena itu, saya memutuskan untuk menempatkannya pada bagian paling atas sebagai rekomendasi web yang bisa kalian gunakan untuk menggabungkan file PDF.

Cara menggunakan SmallPDF.com untuk menggabungkan file PDF juga terbilang sangat mudah dilakukan. Jika kalian belum mengetahui caranya, maka silakan ikuti langkah di bawah ini :

  1. Untuk lebih cepatnya, silakan langsung klik Gabungkan PDF.
  2. Kemudian jika sudah berhasil masuk, silakan klik Pilih Menu lalu kalian dapat memiilih file yang ingin kalian gabungkan.
  3. Setelah itu, akan akan melihat urutan file yang ingin digabungkan (pastikan untuk tidak salah urutan).
  4. Apabila sudah selesai, silakan kalian klik Gabungkan PDF.
  5. Langkah terakhir, klik Unduh untuk dapat menyimpan file tersebut ke perangkat yang kalian gunakan.

Jika file PDF kalian terdapat pada Google Drive ataupun Dropbox, maka kalian akan bisa langsung menggabungkan file dari kedua media tersebut. Jadi kalian tidak perlu untuk bersusah payah mengunduh file PDF yang hendak digabungkan tersebut.

PDFJoiner.com

PDF Joiner adalah hanya sebuah situs yang khusus digunakan untuk dapat menggabungkan file PDF saja. Adapun untuk fungsi lainnya juga tetap ada, namun sudah berbeda domain.

Untuk dapat menggunakan situs ini, maka silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini :

  1. Langkah pertama adalah silakan kalian kunjungi situs PDFJoiner.com terlebih dahulu.
  2. Lalu setelah berhasil masuk situs tersebut, maka hal yang harus kalian adalah klik Unggah File dan pilih file yang ingin digabungkan.
  3. Kemudian setelah itu, silakan kalian tunggu proses upload terlebih dahulu, untuk lamanya proses akan tergantung dari ukuran file serta kecepatan internet yang kalian miliki.
  4. Lalu setelah proses upload sudah berhasil selesai, maka kemudian silaknan klik Gabungkan File.
  5. Lalu kalian hanya perlu untuk menunggu proses hingga selesai, jika sudah selesai maka langkah terakhir adalah mengunduhnya.

IlovePDF.com

ILovePDF adalah sebuah situs yang juga sangat mampu untuk dapat menggabungkan file PDF.

Untuk dapat menggabungkan PDF dengan menggunakan situs ILovePDF, maka silakan ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Langkah pertama, silakan kalian kunjungi halaman situs ini terlebih dahulu, lalu klik Gabungkan File.
  2. Kemudian setelah itu, klik Pilih File PDF dan pilih file yang ingin kalian gabungkan.
  3. Lalu setelah proses upload telah berhasil selesai, silakan klik Gabungkan PDF dan tunggu sampai proses selesai.
  4. Apabila proses sudah selesai, klik Unduh PDF yang digabungkan untuk menyimpan file tersebut.

 

Berikut adalah beberapa cara menggabungkan PDF dengan Aplikasi yang saya rekomendasikan.

Icecream PDF Split & Merge 

Dalam situs resminya, aplikasi ini tersedia dalam versi yang dapat digunakan secara gratis maupun versi berbayar. Jika kalian hanya ingin sekadar untuk menggabungkan file PDF saja, maka sudah pasti saya sarankan gunakan yang versi gratis saja.

Selain untuk dapat menggabungkan file PDF, aplikasi ini juga mampu untuk dapat memisahkan file PDF dengan cara yang terbilang sangat mudah. Aplikasi ini hanya tersedia untuk Windows dan Mac OS saja, untuk Linux memang belum tersedia.

Untuk dapat menggunakan Icecream PDF Split & Merge ini, maka silakan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini :

  1. Langkah pertama adalah silakan kalian download dan install aplikasi di perangkat masing-masing terlebih dahulu.
  2. Lalu setelah itu, langsung saja buka aplikasi tersebut kemudian kalian klik Add File dan silahkan pilih file yang ingin kalian gabungkan.
  3. Jangan lupa untuk memastikan urutan agar sesuai dan jangan sampai ada yang salah urutan. Untuk dapat mengubah urutan, maka kalian bisa tekan tombol Up ataupun Down.
  4. Jika urutan sudah benar-benar sesuai, maka silakan klik Merge.
  5. Langkah terakhir adalah kalian hanya perlu untuk menyimpan file tersebut.

NitroPDF

NitroPDF merupakan aplikasi berbayar. Tapi kita akan mendapatkan jatah 14 hari yang bisa dikatakan cukup lumayan. Jadi kita tetap bisa menggunakan aplikasi ini untuk dapat menggabungkan file PDF. 

Untuk mendownload versi gratisnya (trial), maka silakan kalian kunjungi situs resmi dari website Nitro PDF lalu kemudian pilih Try Free. Setelah itu, kalian akan diwajibkan untuk memasukan nama depan, nama belakang, serta alamat email, setelah itu klik Start your free trial. Nah lalu kalian hanya perlu untuk melakukan install aplikasi seperti biasanya.

Untuk dapat menggabungkan file PDF dengan aplikasi ini, maka silakan lihat caranya di bawah ini :

  1. Dengan penjelasan sebelumnya, saya anggap sudah menginstall aplikasinya.
  2. Lalu siilakan kalian buka aplikasi Nitro PDF pada perangkat komputer kalian.
  3. Kemudian etelah itu, klik Combine Files in NitroPDF lalu buka folder tempat file PDF berada.
  4. Lalu selanjutnya rapikan urutan file tersebut agar sesuai yang diinginkan dengan menggunakan tombol Move Up dan Move Down.
  5. Apabila sudah rapi, simpan file tersebut dengan Save PDF to lalu pilih tempat penyimpanan yang sesuai dengan keinginan kalian.
  6. Untuk langkah terakhir kalian hanya perlu klik Create dan penggabungan PDF telah selesai.

Xodo PDF Reader & Editor (Android) 

Berikut langkah-langkah di bawah ini :

  1. Langkah pertama download terlebih dahulu aplikasi Xodo PDF Reader & Editor di Google PlayStore terlebih dahulu.
  2. Lalu setelah itu, jalankan aplikasi tersebut dan kalian akan melihat semua PDF yang terdapat pada perangkat ponsel kalian.
  3. Tap layar ponsel beberapa saat untuk menandai, lalu tandai file yang ingin kalian gabungkan.
  4. Lalu klik titik tiga pada bagian pojok kanan atas lalu pilih Merge.
  5. Lalu beri nama sesuai keinginan lalu klik Ok. Kemudian save pada penyimpanan dan pilih Select.