Cara Mengubah PDF ke Word

Cara Mengubah PDF ke Word – untuk dapat mengubah file PDF ke Word baik itu di PC, Laptop ataupun di ponsel bisa dilakukan secara offline ataupun online. Hal ini bisa dilakukan dengan cara melalui bantuan dari aplikasi converter ataupun bahkan tanpa aplikasi converter. Caranya akan saya jelaskan dengan detail pada ulasan kali ini agar bisa kamu praktikkan secara langsung.

File PDF sebenarnya mempunya kelebihan yang banyak, salah satunya kita dapat memproteksi atau menguncinya dengan password agar supaya tidak bisa diakses oleh orang lain. Namun adapun kekurangannya, yaitu saat dokumen masih berbentuk PDF, kita akan kesulitan jika sewaktu-waktu ingin mengeditnya entah karena adanya sebuah kesalahan isi ataupun alasan tertentu lainnya.

Namun kabar baiknya, saat ini telah diciptakan berbagai aplikasi convert PDF ke Word mulai dari yang gratis sampai ada juga yang berbayar. Bahkan jika sekalipun kalian merasa malas menggunakan aplikasi atau software converter, kalian juga akan tetap bisa untuk mengubah file PDF ke Word secara manual. 

Nah agar kalian tidak merasa bosan, yuk langsung saja kita pelajari bersama bagaimana cara men-convert file PDF menjadi file Word di bawah ini.

RajaBackLink.com

Cara Mengubah PDF ke Word di Perangkat Komputer

Di perangkat komputer ataupun Laptop kita bisa mengubah PDF ke Word dengan cara memanfaatkan situs converter online maupun aplikasi converter offline. Berikut ini langkah-langkahnya :

Convert File PDF ke Word Melalui Situs convertonlinefree.com

Situs pertama yang bisa kita manfaatkan untuk mengubah PDF ke Word adalah situs convertonlinefree.com. Kelebihannya dari situs ini adalah membuat kita untuk tidak perlu melakukan registrasi apapun jika ingin menggunakan situs ini. Selain itu, situs ini juga memiliki kemampuan meng-convert PDF ke berbagai format selain Word. Kalian juga bisa mengubah PDF ke TXT, JPG, ataupun format-format lainnya.

Berikut di bawah ini adalah cara untuk convert file PDF dengan situs convertonlinefree.com :

  1. Langkah pertama, akses situs convertonlinefree.com terlebih dahulu.
  2. Lalu setelah itu, pilih format file yang sesuai dengan keinginan kalian. Hal ini akan menentukan output dari proses converter yang nantinya akan dihasilkan. Dan sebab kita akan men-convert file PDF ke format Word, maka yang kita pilih adalah convert PDF to Word.
  3. Lalu pada halaman selanjutnya silakan upload file PDF yang ingin di convert dengan cara klik tombol choose file. Setelah file berhasil di-upload, silakan klik tombol convert untuk dapat memulai proses pengubahan file PDF ke Word.
  4. Langkah terakhir kalian hanya perlu menunggu proses-nya beberapa saat dan file hasil konversi akan secara otomatis tersimpan dan bisa kalian akses pada folder download di Perangkat PC.

Dengan Menggunakan Situs ilovepdf.com

Sama dengan situs pertama, situs ini juga tidak akan mengharuskan kita untuk mendaftarkan akun ataupun email sebelum menggunakannya. Begitu juga dengan fasilitas converter yang disediakan situs ini pun cukup lengkap, apalagi selain mampu meng-konversi PDF ke Word, situs ini juga akan dapat melakukan konversi ke berbagai bentuk format file lainnya.

Berikut di bawah ini adalah cara untuk menggunakan situs ilovepdf.com :

  1. Langkah pertama akses situs ini terlebih dahulu
  2. Kemudian pilih tipe konversi yang diinginkan kalian.
  3. Lalu pload file PDF kalian.
  4. Kemudian pada halaman selanjutnya, klik tombol Konversi ke Word untuk dapat memulai proses.
  5. Terakhir tunggu beberapa saat hingga file hasil konversi tersimpan secara otomatis.

Dengan Menggunakann Situs pdfonline.com

Situs ini cukup sederhana dan pastinya akan dapat membantu memudahkan kalian dalam mengubah file PDF menjadi file Word.

Cara menggunakan situs ini adalah sebagai berikut :

  1. Langkah pertama adalah buka situs pdfonline.com terlebih dahulu.
  2. Lalu klik tombol Upload a File to Convert untuk dapat mengupload file PDF yang akan kita ubah formatnya.
  3. Kemudian setelah file berhasil ter-upload, situs ini akan secara otomatis melakukan konversi hingga selesai.
  4. Setelah itu silakan klik Download untuk mengunduh file hasil konversi.
  5. Terakhir klik lagi Download Word File dan hasil konversi pun akan tersimpan ke folder download di perangkat PC kita.

Dengan Menggunakan Adobe Acrobat Pro

Cara mudah untuk dapat men-convert PDF to Word secara offline bisa menggunakan aplikasi Adobe Acrobat Pro.

Untuk merubah file PDF menjadi format Word dengan cara menggunakan aplikasi ini, maka caranya cukup sederhana dan cepat. Berikut ini langkah-langkahnya :

  1. Langah pertama adalah buka aplikasi Adobe Acrobat Pro. Aplikasi ini berbayar namun kalian juga bisa mencoba versi trial-nya selama 7 hari. Bagi yang belum memilikinya silahkan download lewat situs resminya
  2. Kemudian buka file PDF yang akan di-convert.
  3. Setelah itu, lanjutkan dengan mengklik menu File – Save As Other – Microsoft Word, lalu akhiri dengan memilih versi Word yang sesuai dengan keinginan kalian.
  4. Setelah itu, aplikasi Adobe Acrobat Pro pun akan memulai proses konversi hingga selesai.

PDF to Word dengan Menggunakan UniPDF

Aplikasi offline berikutnya yang bisa kita manfaatkan adalah UniPDF. Dibangingkan dengan Adobe Acrobat Pro, aplikasi ini jauh lebih simple karena memang diperuntukkan hanya untuk melakukan konversi file PDF ke Word.

Cara menggunakan aplikasi ini adalah :

  1. Silakan unduh aplikasinya bagi yang belum memiliki aplikasi ini, Aplikasi ini berbayar namun kita bisa mencoba versi trial-nya terlebih dahulu.
  2. Setelah berhasil di-install, maka kemudian buka aplikasi UniPDF dan tambahkan file PDF yang akan kita konversi.
  3. Lalu jalankan proses konversi dengan cara klik tombol Convert, dan tunggu prosesnya hingga selesai.

Dengan Menggunakan Microsoft Office

 

Cara untuk dapat merubah file PDF ke Word dengan MS Office adalah sebagai berikut :

  1. Langkah pertama adalah buka aplikasi Microsoft Office Word di perangkat PC kalian.
  2. Lalu buka file PDF yang akan di konversi.
  3. Saat proses open file, akan muncul sebuah peringatan. Maka klik saja OK untuk dapat melanjutkan ke tahap berikutnya.
  4. Kemudian Microsoft Office akan secara otomatis melakukan konversi file dan file PDF tersebut akan terbuka di lembar kerja aplikasi Office Word.
  5. Lalu setelah itu, kita bisa langsung melakukan penyimpanan ke Format Word atau pun bisa melakukan editing terlebih dahulu.

Cara Mengubah PDF ke Word di Perangkat Ponsel 

Setelah download aplikasinya di Playstore, silakan install dan kmulai mengubah PDF ke Word menggunakan aplikasi ini dengan cara sebagai berikut :

  1. Buka aplikasi PDF To Word
  2. Lalu klik tanda plus (+) untuk dapat menambahkan file PDF yang akan di konversi. 
  3. Lalu selanjutnya adalah proses uploading file akan berjalan. Kemudian kalian dapat menunggunya sampai selesai karena aplikasi ini juga akan langsung melakukan konversi PDF ke Doc.
  4. Setelah proses berhasil selesai, file Word hasil konversi akan dapat ditampilkan dan bisa langsung kalian buka dengan Aplikasi Word Reader di perangkat ponsel yang kalian miliki.