Cara Mengunci File Word

Cara Mengunci File Word – Terkadang kita ingin merahasiakan sebuah isi dokumen Word dari orang lain, untuk alasannya juga bisa beragam salah satunya adalah mungkin karena isi dokumen Word tersebut terdapat rahasia dari perusahaan. Jika demikian adanya, maka kalian bisa mengamankan isi dokumen tersebut dengan cara mengunci file dari dokumen Word tersebut. Metode yang tersedia ini adalah dengan cara memberikan password pada file dokumen Word tersebut.

Nah, pada ulasan kali ini saya akan berbagai panduan mengenai bagaimana cara untuk mengunci file Word dengan mudah. Panduan ini bisa juga kalian terapkan pada semua versi Microsoft Word mulai dari Word 2007, 2010, 2013, atau bahkan sampai Word 2016.

Cara Mengunci File Dokumen Word di Perangkat Windows 10

Kalian juga bisa menerapkan proteksi pada Microsoft Word agar file dokumen Word tidak bisa dibuka atau di copy oleh orang lain. Setelah file dokumen Word berhasil terkunci, maka secara otomatis file tersebut juga tidak akan bisa diedit ataupun di print.

Namun sebelum kalian masuk ke langkah-langkah teknisnya, maka saya akan memberitahukan bahwa panduan ini saya tulis berdasarkan dengan praktik langsung menggunakan Word 2007. Namun kalian tidak perlu merasa khawatir, sebab langkah-langkah ini bisa kalian praktikkan pada semua versi Microsoft Word meskipun mungkin akan ada sedikit perbedaan pada posisi tools yang digunakan. Berikut cara-caranya.

RajaBackLink.com

Cara Mengunci File Word Agar Tidak Bisa Dibuka

Output dari langkah-langkah untuk dapat mengunci dokumen Word ini adalah file Word nantinya hanya bisa dibuka oleh orang yang mengetahui kata sandi dari file tersebut. Jadi dengan begitu, maka kalian tidak perlu merasa khawatir lagi meskipun jika ada orang lain yang mengetahui lokasi penyimpanan file itu.

Berikut ini cara mengunci file Microsoft Word agar tidak bisa dibuka oleh orang lain :

  1. Langkah pertama adalah buka dokumen yang akan dikunci.
  2. Lalu lik office button untuk dapat memunculkan menu utama.
  3. Kemudian selanjutnya arahkan kursor ke menu prepare, lalu kalian pilih menu encrypt document.
  4. Lalu setelah itu akan muncul jendela kecil tempat untuk memasukkan password. Maka silakan isi kolomnya dengan password yang sesuai dengan keinginan kalian, kemudian klik OK.
  5. Lalu pada jendela berikutnya, masukan kembali password yang kalian buat pada langkah sebelumnya lalu klik OK.
  6. Untuk langkah terakhir adalah simpan pengaturan dengan cara klik menu save.

Sampai di sini silakan kalian tutup dokumen dan coba buka kembali, jika dirasa tidak terjadi kesalahan maka saat dibuka. Itu berarti file dari dokumen Word kalian sudah berhasil diproteksi dengan password.

Ada juga hal yang perlu diperhatikan, bahwa kata sandi yang kalian buat  harus mempunyai sifat case-sensitive atau membedakan huruf besar dan huruf kecil. Jadi ketika kalian membuka dokumen, maka kalian harus memastikan untuk dapat memasukkan password yang sama persis dengan yang sudah kalian buat sebelumnya. Selain itu, ada juga hal yang tidak kalah pentingnya yaitu kalian wajib untuk mencatat password yang kalian buat tersebut pada tempat yang sekiranya aman. Jangan sampai lupa karena file dokumen Word tidak akan bisa dibobol jika suatu saat kalian lupa password tersebut.

Cara Mengunci File Word Agar Tidak Bisa Dicopy dan Diedit

Mungkin ada yang bertanya, apakah ada cara agar dokumen Word tetap bisa dibuka tapi tidak bisa dicopy dan diedit? Atau dengan kata lain bisa dikatakan bahwa apakah sebuah file Word bisa dibuat hanya bisa dibaca saja (read only) tanpa bisa di-print? Jawabannya tentu ada, fitur yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan ini adalah fitur bernama editing restrictions yang bisa ditemukan di semua versi Microsoft Word.

Berikut panduan untuk dapat mengunci file dokumen Word agar tidak bisa di copy, di edit, dan di print :

  1. Langkah pertama adalah buka file atau dokumen Word kalian.
  2. Lalu klik menu review pada bagian atas jendela dokumen.
  3. Kemudian selanjutnya klik menu protect document yang terdapat pada bagian paling kanan (Word 2007).
  4. Kemudian pilih menu restrict formatting and editing.
  5. Setelah itu akan muncul sebuah bilah kecil di sebelah dokumen yang berisi beberapa opsi pengaturan. Nah, di sana silakan kalian fokus ke opsi nomor 2 yaitu editing restrictions.
  6. Langkah berikutnya yaitu silakan kalian centang pada kotak allow only this type of editing in the document, lalu setelah itu pilih opsi filling in forms pada dropdown menu.
  7. Kemudian klik tombol yes, star enforcing protection.
  8. Selanjutnya akan muncul jendela kecil untuk dapat memasukkan password, maka silakan kalian isi kolom yang tersedia dengan password yang sesuai keinginan kalian.
  9. Langkah yang terakhir, klik OKE dan jangan lupa untuk save dokumen Word kalian.

Sampai di sini maka kalian bisa cek apakah pengaturan editing restrictions sudah berjalan atau belum. Jika tampilan antar muka dokumen Word kalian seperti gambar di bawah ini, maka artinya pengaturan tadi sudah berhasil aktif. Coba saja hapus, edit, block, kata atau kalimat dalam dokumen. Maka akan dipastikan bahwa Microsoft Word tidak akan meresfon.

Cara Menghapus Proteksi Pada Microsoft Word

Selanjutnya apabila kalian ingin menghapus proteksi dari file dokumen Word yang sebelumnya sudah berhasil kalian kunci, maka untuk melakukannya juga akan menggunakan cara yang terbilang sangat mudah.

Yang penting, kalian perlu untuk memastikan terlebih dahulu apakah masih mengingat kata sandi yang aktif pada file dokumen Word tersebut.

Berikut ini langkah-langkah yang bisa kalian lakukan :

  1. Langkah pertama adalah akan ada halaman Word yang terbuka, lalu kalian klik office button di bagian sebelah kiri atas.
  2. Kemudian setelah itu kalian pilih menu prepare lalu klik pada menu encrypt document.
  3. Lalu langkah berikutnya, setelah itu akan muncul sebuah jendela kecil. Nah, silakan kalian hapus kata sandi pada kolom, lalu klik OK.

Langkah-langkah di atas akan dapat menghapus password yang digunakan sebelumnya untuk mengunci file dokumen Word. Setelah berhasil dihapus, maka sekarang file dokumen Word kalian sudah bisa dibuka seperti biasa oleh siapapun.

Yup, mungkin itulah ulasan mengenai pembahasan bagaimana cara untuk dapat mengunci file dokumen Word atau cara agar tidak dapat di edit, di copy dan di print oleh orang lain. Jika memang file dokumen Word yang kalian miliki ternyata berisi sebuah informasi yang penting apalagi rahasia dari perusahaan, maka sebaiknya dokumen tersebut harus dikunci saja agar tidak bisa dibuka oleh orang lain selain kalian ataupun orang yang mengetahui kata sandi dari dokumen tersebut.

Mungkin hanya sampai di sini saja ulasan yang bisa saya sampaikan, semoga dengan adanya artikel ini akan membantu kalian agar menjadi lebih mudah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya guys!