Cara Pembayaran BPJS Melalui ATM Bank BRI

Cara Untuk Melakukan Pembayaran BPJS Melalui ATM Bank BRI –  Ingin melakukan pembayaran BPJS kesehatan melalui bank BRI? Tentu saja kalian bisa membayar iuran BPJS ini kapan saja dengan mudah serta dengan biaya yang lebih murah. Kalian juga bisa membayarnya dengan cara melalui internet banking, SMS banking, melalui bank langsung ataupun melalui mesin ATM. Karena cara membayar BPJS melalui bank BRI ini sangat mudah dan tentu saja akan membantu kalian agar tidak merasa kesulitan. 

Kalian hanya perlu untuk membawa kartu ATM dan nomor BPJS kesehatan yang nantinya akan kalian gunakan, kemudian akan muncul tagihan di mesin ATM yang harus kalian bayarkan. Kalian juga bisa membayar tagihan BPJS kalian sendiri ataupun sekaligus dengan tagihan BPJS satu keluarga. Kalian tidak perlu untuk membawa KTP dan juga identitas yang lainnya, kalian hanya cukup datang ke mesin ATM dan input data BPJS kesehatan, lalu selanjutnya bisa kalian bayarkan tagihan tersebut. Apakah memang semudah itu? Ya benar, memang psosesnya akan semudah itu. Siapa saja bisa membayar iuran pada tagihan BPJS kesehatan di ATM bank BRI dengan begitu mudah.

Jadi bagi kalian yang masih merasa bingung, maka kalian wajib untuk membaca artikel ini sampai selesai. Di sini akan saya jelaskan langkah demi langkah cara untuk membayar tagihan BPJS kesehatan kalian dengan mudah di mesin ATM bank BRI.

Keuntungan dari Memakai BPJS

BPJS kesehatan adalah salah satu bentuk dari kepedulian pemerintah yang diberikan kepada masyarakat agar bisa mendapatkan jaminan sosial dan kesehatan yang lebih baik. Tentu di balik kebijakannya ini, ada banyak berbagai manfaat yang akan dirasakan oleh masyarakat setelah menggunakan BPJS kesehatan ini.

Adapun beberapa manfaat dan keuntungan jika kalian memakai BPJS kesehatan ini diantaranya adalah sebagai berikut :

RajaBackLink.com
  1. Dapat membuat biaya rumah sakit menjadi ringan
  2. Sistem pembayaran iuran yang lebih mudah
  3. Tarif biaya dari iuran lebih murah dari pada asuransi kesehatan lain
  4. Proses pembayaran juga mudah dilakukan bisa melalui bank, kantor pos, indomaret, alfamaret dan lain sebagainya
  5. Tersedia 3 pilihan kelas yang bisa disesuaikan dengan budget yang kita punya
  6. Mengcover semua jenis penyakit
  7. Dapat digunakan untuk berlaku seumur hidup
  8. Proses pendaftaran yang lebih mudah
  9. Dijamin oleh pemerintah
  10. Tersedia fasilitas yang lengkap
  11. Proses klaim yang lebih mudah.

Syarat dan Ketentuan Pembayaran BPJS Melalui ATM Bank BRI

Sebelum kalian membayar iuran BPJS kesehatan melalui mesin ATM bank BRI, maka kalian harus memastikan syarat dan ketentuan pembayarannya terlebih dahulu. Hal ini agar proses pembayaran yang kalian lakukan tidak akan mengalami kegagalan dan membuat kalian percuma pergi ke ATM.

Adapun syarat dan ketentuan pembayaran BPJS kesehatan melalui mesin ATM bank BRI diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. BPJS kesehatan masih berstatus aktif tidak diblokir dan tidak dalam keadaan jatuh tempo
  2. Memiliki saldo ATM yang cukup
  3. Mengetahui nilai dari tagihan BPJS kesehatan yang akan dibayarkan
  4. Membawa kartu BPJS kesehatan
  5. Melakukan transaksi di ATM bank BRI bukan Link

Cara Membayar BPJS Kesehatan Melalui ATM Bank BRI

Bank BRI secara terbuka memberikan layanan partner pembayaran BPJS kesehatan dan juga dengan secara resmi semua fitur transaksi financial bank BRI dapat digunakan untuk melakukan pembayaran BPJS kesehatan. Bukan hanya dari mesin ATM saja, namun semua layanan dari bank BRI seperti iBanking, SMS Banking ataupun mBanking bisa juga kalian gunakan untuk membayar iuran BPJS kesehatan. Salah satu cara yang terbilang paling mudah dilakukan untuk membayar tagihan iuran dari BPJS kesehatan adalah dengan membayarnya melalui mesin ATM.

Untuk itu, berikut adalah cara membayar BPJS melalui ATM bank BRI. kalian bisa ikuti langkah-langkahnya di bawah ini :

  1. Hal pertama yang harus kalian  lakukan adalah mengunjungi mesin ATM bank BRI terdekat yang berada di kota kalian
  2. Jangan lupa untuk membawa kartu ATM berisi saldo yang cukup dan juga jangan lupa membawa kartu BPJS kesehatan yang nantinya akan kalian bayar tagihannya
  3. Kemudian masukan kartu ATM ke mesin ATM dan pilih bahasa yang akan kalian gunakan (bahasa Indonesia)
  4. Lalu masukan PIN kartu ATM kalian dengan baik dan benar, jangan sampai salah masukan PIN hingga 3 kali, maka kalian bisa saja diblokir ATM
  5. Kemudian akan muncul beragam pilihan transaksi dan kalian bisa pilih info lain
  6. Lalu akan muncul lagi beragam pilihan transaksi dan kalian pilih pembayaran
  7. Setelah itu kalian akan dihadapkan dengan beragam menu pembayaran. Pilih menu BPJS, jika tidak muncul maka kalian pilih lainnya lalu pilih BPJS
  8. Kemudian selanjutnya pilih BPJS kesehatan
  9. Untuk dapat melakukan pembayaran BPJS kesehatan melalui mesin ATM bank BRI, maka kalian harus input virtual akun BPJS kesehatan kalian. Caranya, masukan angka 8888 diikuti dengan nomor peserta BPJS kesehatan milik kalian. Contohnya seperti ini : 8888123456789
  10. Setelah itu akan muncul detail ID BPJS kesehatan milik kalian secara lengkap
  11. Lalu silakan kalian periksa dengan baik. Jika memang dirasa sudah benar, maka tekan benar
  12. Lalu masukan nilai pembayaran dari tagihan BPJS kesehatan yang akan kalian bayarkan dan tekan YA
  13. Maka setelah itu proses pembayaran akan di proses oleh mesin ATM
  14. Apabila sudah berhasil akan keluar struk transaks dan jangan lupa untuk menyimpan struk tersebut.

Hati-hati jangan sampai hilang, simpan struk pembayaran ini. Dikhawatirkan jika tidak terinput ke pihak BPJS kesehatan, maka kalian bisa klaim bukti dengan menggunakan struk pembayaran ini.

Biaya Administrasi Pembayaran BPJS Melalui ATM Bank BRI

Cara membayar BPJS melalui ATM bank BRI memang sangat mudah, meskipun demikian kalian akan dikenakan tarif administrasi pembayaran transaksi antar bank. Setiap kali kalian melakukan transaksi pembayaran iuran melalui ATM bank BCA, maka kalian juga akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp.2.500. Biaya ini akan berlaku untuk semua jenis rekening bank BRI dan berlaku pada tahun 2021.

Besar Iuran dari BPJS Kesehatan 2021

Bagi kalian yang belum mengetahui bahwa BPJS kesehatan memiliki 3 kelas yang berbeda-beda dengan nominal iuran dan fasilitas yang mereka berikan untuk setiap kelasnya. Maka setiap orang akan bebas untuk memilih jenis kelas yang akan mereka gunakan, hal ini disebabkan setiap kelas yang disediakan ini akan memiliki fasilitas dan layanan kesehatan yang berbeda-beda.Bukan hanya itu saja, nilai tagihan dari iurannya juga akan berbeda. Semakin lengkap fasilitas yang diberikan, maka akan semakin mahal pula nilai tagihan iuran yang harus dibayar.

Nilai iuran dari tagihan BPJS kesehatan pada tahun 2021 juga mengalami kenaikan. Meskipun begitu, nilai kenaikannya tidak begitu tinggi. Adapun rincian dari iuran BPJS kesehatan pada tahun 2021 adalah sebagai berikut :

  1. Harga iuran BPJS kesehatan kelas 1: Rp.150.000 per orang
  2. Harga iuran BPJS kesehatan kelas 2 : Rp.100.000 per orang
  3. Harga iuran BPJS kesehatan kelas 3: Rp.35.000 per orang