Cara Setting APN Smartfren 4G Tercepat dan Stabil

Dengan cara menambah settingan APN Smartfren 4G bisa menjadi solusi bagi Kamu yang menggunakan Smartfren tetapi sedang mengalami perlambatan kecepatan internet. Sebagaimana yang diketahu, saat ini yang menggunakan Smartfren semakin banyak setelah Smartfren meningkatkan kualitas jaringan 4G. Terlebih lagi dengan diluncurkannya berbagai macam pilihan paket internet termurah, Smartfren pun menjadi pilihan utama dikalangan kaum milenial. Namun, seperti operator seluler yang lainnya, koneksi internet smarfren terkadang melambat padahal sinyal tidak bermasalah. Ternyata hal tersebut disebabkan oleh pengaturan APN yang kurang tepat. Untuk itu, kami akan menyarankan berbagai setting APN Smartfren tercepat dan stabil yang dapat meningkatkan kecepatan dan kestabilan jaringan internet Smartfren Kamu. Kamu bisa menerapkan pengaturan ini baik di smartphone Android, iPhone ataupun modem.

A. Apa sih APN itu?

Buat Kamu yang belum tahu, APN ialah nama gateway penghubung antara ponsel Kamu dengan jaringan internet. Jika setiap provider memiliki APN default yang akan tersetting sendiri setelah Kamu memasukkan kartu atau simcard di dalam ponsel. Namun, APN default ini tidak selamanya bekerja dengan stabil sehingga muncul APN-APN alternatif yang bisa Kamu gunakan sebagai pengganti APN default itu.

B. Cara Setting APN Smartfren di Ponsel Android

Buat kamu yang belum paham cara setting APN di smartphone Kamu, Karena Kamu belumpaham untuk itu sebelum melihat daftar APN Smartfren terbaru. berikut ini akan kami paparkan bagaimana cara melakukan setting APN di Handphone kalian :

  1. Pertama, buka menu pengaturan ponsel Kamu.
  2. Lalu, kilk pada menu “kartu SIM dan jaringan seluler”.
  3. Setelah itu kalian pilih kartu sim yang akan diubah settingan APN nya.
  4. Lalu, Klik menu “nama titik akses (APN)” di dalam menu “setelan kartu SIM”.
  5. Selanjutnya klik opsi “APN baru” dan silahkan isikan data-data APN yang diperlukan seperti APN name, APN, proxy, server dan lainnya.
  6. Terakhir klik opsi “lainnya” pilih “simpan”. Selesai.

Perlu kalian ketahui bahwa langkah-langkah untuk mengatur APN di atas kami nulis berdasarkan praktek langsung di Handphone Android Xiomi Redmi 5A. Handphone Android merek lain memiliki tampilan antarmuka menu pengaturan yang berbeda. Jadi, silahkan menyesuaikan saja dengan smartphone kalian.

RajaBackLink.com

C. Cara Setting APN Smartfren di iPhone

Buat Kamu pengguna iPhone baik iPhone 5, iPhone 6 ataupun iPhone 7, kami menyertakan cara setting APN di iPhone. Silahkan kalian ikuti langkah-langkah berikut bagi Kamu yang ingin menambah pengaturan APN baru di iPhone :

  1. Pertama, Buka menu pengaturan atau setting di iPhone.
  2. Kemudian buka menu “seluler”.
  3. Selanjutnya di dalam menu “seluler”, silahkan buka menu “jaringan data seluler”.
  4. Yang terakhir silahkan ubah atau isikan data APN Smartfren baru. Selesai.

Perlu diperhatikan kembali bahwa di iPhone sepertinya tidak menyediakan fitur untuk menyimpan beberapa pengaturan APN. Jadi, sebelum kalian menambahkan APN baru, sebaiknya dicatat dahulu APN default dari masing-masing provider yang pernah Kamu pakai. Hal ini bertujuan agar Kamu dapat mengembalikan setting APN ke posisi awal jika APN baru tidak dapat berjalan seperti yang diharapkan.

D. Cara Setting APN Smartfren di Modem

Walaupun fungsi modem saat ini dapat digantikan dengan fitur hotspot dari handphone, tetapi masih ada beberapa orang yang lebih enak menggunakan modem untuk internetan di laptop. Karena itu, kami juga sudah menyiapkan panduan untuk cara setting APN Smartfren di modem.

Berikut ini adalah langkah-langkahnya :

  1. Pertama, jalankan aplikasi atau software modem Kamu. Masing-masing modem biasanya memiliki aplikasi sendiri yang terpasang setelah Kamu mencolokkan modem ke Pc ataupun Laptop.
  2. Kemudian, buka menu pengaturan modem.
  3. Selanjutnya cari dan buka menu pengaturan “jaringan atau network settings”.
  4. Yang terakhir silahkan cari opsi pengaturan APN di dalam menu network settings tersebut. Kemudian silahkan isikan data APN Smartfren yang dibutuhkan. Selesai.

Sama seperti pengaturan APN di Handphone, setting APN di modem caranya juga tidak sama untuk semua merek modem. Oleh karena itu, silahkan menyesuaikan urutan cara setting APN pada modem sesuai merek modem yang Kamu pakai.

E. Daftar APN Smartfren Tercepat dan Stabil

Di tahun ini ada banyak sekali pilihan APN Smartfren yang bisa Kamu coba. Kami mengumpulkan daftar lengkap APN Smartfren untuk game, hingga APN unlimited tercepat anti FUP. Berikut ini adalah daftar APN Smartfren yang bisa kamu gunakan silahkan disimak dan dipilih saja APN Smartfren yang cocok untuk kalian :

1. APN Smartfren 4G LTE Default

Pertama ada APN Smartfren bawaan yang wajib kalian ketahui para pengguna paket internet Smartfren. Dinamakan APN default karena APN ini dibuat oleh pihak Smartfren dan akan otomatis aktif ketika Kamu mengaktifkan kartu SIM Smartfren di handphone Kamu.

Berikut ini format APN bawaan Smartfren:

  1. APN Name: Smartfren4G
  2. APN: smartfren4g
  3. Proxy: –
  4. Port: –
  5. User: Smartfren
  6. Password: Smartfren
  7. MMS proxy: –
  8. MMS port: –
  9. MCC: 510
  10. MNC: 09
  11. Authentication: PAP

2. APN Smartfren Extice

Kalian suka menghabiskan waktu sambil bermain media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter dan WhatsApp? Jika iya, Kamu cocok banget coba APN Smartfren yang satu ini. APN Smartfren Extice ini mampu meningkatkan kestabilan dan kecepatan internet ketika Kamu mengakses situs atau aplikasi media sosial.

Di bawah ini adalah pengaturan APN Smartfren Extice:

  1. APN Name: APN extice
  2. APN: extice.co.id
  3. Proxy: –
  4. Port: –
  5. User: Smartfren
  6. Password: Smartfren
  7. MMS proxy: –
  8. MMS port: –
  9. MCC: 510
  10. MNC: 09
  11. Authentication: PAP

3. APN Smartfren Unlimited

Smartfren mempunyai paket internet unlimited 4G yang sangat pas dengan APN Smartfren unlimited anti FUP ini. Selain puas internetan karena kuotanya unlimited, Kamu juga akan mendapatkan jaringan yang lancar dan stabil tanpa putus.

Di bawah ini adalah pengaturan untuk APN Smartfren unlimited ini:

  1. APN Name: APN Smartfren unlimited
  2. APN: smartfren4g
  3. Proxy: –
  4. Port: 80
  5. User: Smartfren
  6. Password: Smartfren
  7. MMS proxy: 10.17.27.250
  8. MMS port: 8080
  9. MCC: 510
  10. MNC: 09
  11. Authentication: PAP

4. APN Smartfren Untuk Game

APN yang satu ini cocok dipakai buat kamu yang suka bermain game online seperti Free Fire, PUBG, ataupun Mobile Legends. APN Smartfren Untuk Game ini akan membuat ping ke server lebih kecil sehingga koneksi lebih stabil dan kencang.

Di bawah ini adalah pengaturan untuk setting APN Smartfren untuk gaming:

  1. APN Name: APN Smartfren gaming
  2. APN: smartfren4g
  3. Proxy: –
  4. Port: 80
  5. User: m8@mobi-sehat
  6. Password: m8
  7. MMS proxy: 10.17.27.250
  8. MMS port: 8080
  9. MCC: 510
  10. MNC: 28
  11. Authentication: PAP

 

5. APN Smartfren Anti Lag

Jaringan yang lancar memang menjadi keinginan semua orang yang setiap harinya harus terhubung ke internet. Apalagi buat yang suka main game, koneksi yang lancar tanpa putus adalah hal wajib agar dapat memainkan dan memenangkan game dengan cepat. Jika APN Smartfren gaming di atas tidak berjalan atau berfungsi dengan baik di ponsel Kamu, maka silahkan coba APN Smartfren anti lag ini. APN ini bisa dijadikan alternatif untuk APN gaming sebelumnya.

Di bawah ini adalah pengaturan untuk setting APN Smartfren Anti Lag:

  1. APN Name: APN Smartfren tercepat
  2. APN: max4g
  3. Proxy: 141.0.11.241
  4. Port: 80
  5. User: maxis
  6. Password: wap
  7. MMS proxy: 202.075.133.049
  8. MMS port: 80
  9. MCC: 510
  10. MNC: 28
  11. Authentication: PAP

6. APN Smartfren Streaming Youtube

Selain untuk bermain game online, koneksi internet yang cepat, stabil, dan lancar juga sangat dibutuhkan saat Kamu sedang streaming video contohnya di Youtube. Tenang saja, karena kamu dapat membuat koneksi internet Smartfren menjadi lebih stabil dan video berjalan lancar tanpa buffer dengan APN Smartfren khusus streaming ini.

Di bawah ini adalah pengaturan setting APN Smartfren untuk streaming:

  1. APN Name: APN Smartfren youtube
  2. APN: 3g-d-2.ocn.ne.jp
  3. Proxy: 180.250.63.99
  4. Port: 80
  5. User: Smartfren
  6. Password: Smartfren
  7. MMS proxy: –
  8. MMS port: –
  9. MCC: 510
  10. MNC: 09
  11. Authentication: PAP

7. APN Smartfren Proxy Khusus

APN satu ini sangat pas bagi Kamu yang sering mengunduh file dari internet. Hal ini karena APN Smartfren ini menggunakan proxy khusus yang akan memaksimalkan proses download tersebut.

Di bawah ini adalah pengaturan untuk format APN-nya :

  1. APN Name: APN Smartfren proxy khusus
  2. APN: smartfren4g
  3. Proxy: 10.17.27.250
  4. Port: 80
  5. User: m8-mobi-sehat
  6. Password: –
  7. MMS proxy: –
  8. MMS port: –
  9. MCC: 510
  10. MNC: 28
  11. Authentication: PAP

 

8. APN Smartfren Globe

APN ini juga menggunakan proxy khusus tetapi penggunaannya untuk browsing, streaming dan lainnya. Jika Kamu membutuhkan koneksi yang lancar tidak hanya untuk download, maka silahkan coba APN Smartfren globe ini.

Berikut setting APN-nya:

  1. APN Name: APN Smartfren4G
  2. APN: real.globe.com.ph
  3. Proxy: 141.0.11.241
  4. Port: 80
  5. User: Smartfren
  6. Password: Smartfren
  7. MMS proxy: –
  8. MMS port: –
  9. MCC: 510
  10. MNC: 28
  11. Authentication: PAP

9. APN Smartfren Internet Gratis

Jika kalian kehabisan kuota dan tidak sempat keluar rumah solusinya adalah memanfaatkan APN Smartfren internet gratis yang bisa memberikan koneksi internet gratisan tanpa kuota. Namun, APN ini mungkin saja tidak bekerja pada semua paket Internet Smartfren. 

Berikut ini setting APN Smartfren gratis internet:

  1. APN Name: APN Smartfren gratisan
  2. APN: free
  3. Proxy: –
  4. Port: –
  5. User: –
  6. Password: –
  7. MMS proxy: –
  8. MMS port: –
  9. MCC: 510
  10. MNC: 09
  11. Authentication: PAP

10. APN Smartfren Alternatif

Selain APN di atas, masih banyak APN Smartfren lain yang bisa Kamu coba. Berikut ini APN Smartfren alternatif jika APN di atas tidak berfungsi :

  1. Authentication: PAP
  2. MNC: 28
  3. MCC: 510
  4. MMS port: –
  5. MMS proxy: –
  6. Server: 8.8.8.8
  7. Password: –
  8. User: –
  9. Port: 80
  10. Proxy: 103.29.149.219
  11. APN: AHA
  12. APN Name: APN Smartfren AHA
  13. APN Name: APN Paketinternet.net
  14. APN: Sabartbs5
  15. Proxy: 80
  16. Port: 31.13.71.3
  17. User: –
  18. Password: –
  19. MMS proxy: –
  20. MMS port: –
  21. MCC: 510
  22. MNC: 28
  23. Authentication: PAP
  24. APN Name: APN Paketinternet.net 2
  25. APN: unlimited
  26. Proxy: –
  27. Port: –
  28. User: –
  29. Password: –
  30. MMS proxy: –
  31. MMS port: –
  32. MCC: 510
  33. MNC: 28
  34. Authentication: PAP

 

C. Cara Memilih APN Smartfren Terbaik

Untuk mendapatkan APN tercepat dan stabil tentu Kamu harus mencoba semua APN Smartfren yang telah direkomendasikan. Setelah mengaktifkan salah satu APN, selanjutnya silahkan dicoba kecepatannya dengan menggunakan tools atau situs penguji kecepatan koneksi internet. Nantinya, situs tersebut akan menampilkan informasi detail perihal berapa speed upload dan download internet dari APN yang Anda gunakan. Intinya, APN Smartfren terbaik akan punya kecepatan upload dan download tertinggi.

 

Nah, itulah daftar lengkap dan cara setting APN Smartfren tercepat dan stabil terbaru tahun ini. Silahkan dicoba saja satu persatu di ponsel Android maupun iPhone Anda. Akhir kata, jangan lupa kunjungi terus halaman ini setiap waktunya agar Kamu tidak ketinggalan informasi APN Smartfren unlimited terbaru yang akan kami perbarui secara berkala.