Cara Untuk Meringankan Laptop Windows 7

Kamu memiliki laptop Windows 7 tetapi lemot saat digunakannya? Seharusnya Windows 7 ini ialah versi Windows yang cukup stabil saat digunakan. Hal ini dapat dibuktikan dengan minimnya permasalahan yang terjadi saat digunakan. Beda dengan Windows 8 dan Windows 10 yang sering terjadi bug. Namun, hal ini mungkin sedikit berbeda ketika Kamu menggunakan laptop dengan spesifikasi yang di bawah standar. Permasalahan laptop lemot mungkin sedikit yang merasakannya dikarenakan spesifikasi laptop Kamu belum dapat mengoptimalkan kinerja Windows. Dengan beberapa fitur yang tersedia dalam Windows 7, kita dapat mengoptimalkan kinerjanya sehingga lebih cepat. Dalam artikel ini akan saya sarankan beberapa cara yang dapat digunakan untuk mempercepat windows 7.

A. Cara Mempercepat Windows 7

Cara ini dapat digunakan pada Windows 7 Ultimate, Enterprise, Professional, Starter, Home Basic, ataupun Home Premium. Cara ini sangat cocok dipraktikkan ketika Anda baru saja install windows 7. Berikut ini adalah beberapa cara untuk meringankan laptop Windows 7 :

1. Mematikan Visual Effect

Seperti yang diketahu bahwa Windows 7 memiliki tampilan yang sangat baik. Selain itu, visual effects yang digunakan juga sangat bagus sehingga dapat memanjakan mata. Namun, apakah Kamu tahu kalau visual effects dapat membuat kinerja Windows 7 menjadi lebih lama? bagi yang memiliki spesifikasi laptopnya sudah tinggi pasti tidak akan mengalami masalah ini. Tetapi untuk laptop dengan spesifikasi rendah, maka akan terasa berat.

Oleh karena itu, kita mematikan visual effects Windows 7 agar kinerjanya semakin cepat. Cara untuk mematikan visual effects Windows 7, silahkan kalian ikuti langkah berikut :

  1. Pertama, silahkan kalian buka aplikasi Windows Explorer.
  2. Setelah itu, klik kanan pada Mouse dan pilih Properties.
  3. Selanjutnya, silahkan klik Advanced System Settings. Pada tab Advanced, silakan klik Settings (bagian Performance).
  4. Silahkan klik pilihan Adjust for best performance agar laptop Kamu mendapatkan performa yang terbaik ketika menggunakan Windows 7.

Setelah itu, silahkan kalian rasakan perbedaan dengan sebelumnya, pasti Windows Kamu akan lebih cepat. Namun, kekurangan dengan cara ini adalah tampilan Windows Kamu akan lebih sederhana dan tidak ada visual effectsnya.

2. Membersihkan Hardisk

Tanpa kalian sadari, hardisk laptop kita juga sering banyak sampah. Sampah tersebut berasal dari file yang dihapus setelah melakukan update Windows. Dapat diketahui, sampah pada hardisk bisa menyebabkan Windows 7 lambat atau bahkan menjadi laptop hang.

Untuk itu, membersihkan hardisk adalah hal yang cukup penting agar Windows 7 lebih cepat. berikut ini langkahnya :

  1. Pertama, silahkan buka aplikasi Windows Explorer.
  2. Setelah itu, pilih disk yang mau kalian bersihkan, contohnya Data C.
  3. Selanjutnya klik kanan pada Data C lalu pilih Properties.
  4. Selanjutnya Kamu akan dibawa ke jendela baru, klik Disk Cleanup dan tunggu beberapa saat sampai file sampah ditemukan.
  5. Lalu, centang file yang akan dihapus lalu klik Ok.

3. Defrag Hardisk

Meskipun Windows 7 sudah menjadwalkan defrag hardisk otomatis, tidak ada salahnya kalian melakukan defrag secara manual. Defrag ini bisa Kamu lakukan ketika Windows 7 sudah lambat.

Berikut ini cara melakukan defrag pada hardisk :

  1. Pertama, silahkan buka Windows Explorer di laptop Kamu.
  2. Setelah itu, pilih hardisk yang akan di defrag, contohnya Data C.
  3. Selanjutnya, Klik kanan pada Data C lalu kalian pilih Properties.
  4. Setelah properties terbuka, klik tab Tools lalu klik Defragment now.
  5. Silahkan tunggu proses defrag sampai selesai.

4. Mengurangi Aplikasi Startup

Aplikasi startup ialah sebuah program yang berjalan secara otomatis ketika laptop kalian dihidupkan. Bagi Kamu yang belum tahu, aplikasi ini akan membuat laptop menjadi lambat karena saat laptop dihidupkan sudah berjalan otomatis.

Untuk itu, lebih baik kita matikan saja aplikasi startup yang tidak digunakan. Silahkan kalian ikuti langkah di bawah ini:

  1. Pertama, silahkan buka Run dengan menekan tombol Windows + R secara bersamaan.
  2. Setelah terbuka, silahkan kalian ketik msconfig dan tekan enter.
  3. Setelah itu Kamu akan dibawa ke System Configuration, silahkan pindah ke tab Startup dan Kamu akan melihat aplikasi startup yang ada di Windows 7.
  4. Lalu, silahkan kalian matikan aplikasi startup yang tidak diperlukan, dengan cara hilangkan centang yang ada di sebelah nama aplikasi.
  5. Selesai.

Catatan penting : jangan mematikan aplikasi startup yang berkaitan dengan sistem Windows. Silahkan kalian pilih untuk dimatikan yang berhubungan dengan aplikasi yang Kamu install saja.

5. Uninstall Bloatware

Bloatware ialah aplikasi bawaan Windows. Bloatware ini yang tidak diperlukan hanya akan menghabiskan ruang penyimpanan hardisk kalian dan membuat laptop semakin berat dan lambat.

Untuk itu, ada baiknya kita menghapus aplikasi tersebut dari Windows 7. Berikut adalah cara untuk menghapusnya :

  1. Pertama, silahkan buka Control Panel di Windows Anda.
  2. Setelah itu, klik Uninstall or changing programs.
  3. Selanjutnya Kamu akan melihat daftar aplikasi yang ada, silahkan uninstall aplikasi yang ingin Kamu hapus, klik kanan lalu Uninstall.

6. Mematikan Indexing Options

Indexing options memiliki fungsi untuk mencari file dengan cepat. Fitur ini akan berjalan dengan menggunakan resource hardware yang cukup besar, jadi bisa menyebabkan kinerja Windows 7 lambat.

Jika Kamu tidak pernah menggunakannya, silahkan matikan fitur ini dengan cara :

  1. Pertama, klik Start yang berada pada pojok kiri bawah.
  2. Ketikkan Index lalu pilih Indexing options.
  3. Selanjutnya silahkan Kamu klik Modify.
  4. Hilangkan centang yang ada lalu klik Ok.

7. Ubah Power Settings

Power options ialah sebuah fitur yang bisa kalian gunakan untuk mengatur kinerja Windows, apakah mau balanced, power saver, ataupun high performance. Jika kalian ingin Windows 7 semakin cepat, maka kita ubah pengaturannya menjadi High Performance.

Untuk cara mengubahnya, silahkan kalian ikuti langkah berikut:

  1. Pertama, klik kanan pada icon baterai lalu pilih Power Options.
  2. Pada bagian Select a power plan, Kamu akan melihat beberapa opsi.
  3. Silahkan pilih High Performance.
  4. Selesai.

Kekurangan dalam mengaktifkan high performance ialah baterai laptop akan semakin cepat boros.

8. Matikan Desktop Gadgets

Desktop gadgets ialah fitur yang dipakai untuk menampilkan beberapa gadgets di desktop. Adapun yang bisa ditampilkan adalah seperti gambar di atas. Namun, ternyata gadgets tersebut dapat menyebabkan kinerja Windows 7 semakin menjadi lambat. Jika tidak terlalu diperlukan, sebaiknya dimatikan saja.

Berikut cara untuk mematikannya :

  1. Pertama, klik Start lalu ketikkan gadget dan buka program tersebut.
  2. Setelah terbuka, klik view list of running gadgets.
  3. Silahkan hapus gadgets yang tidak digunakan.
  4. Selesai.

9. Scan Virus

Kemungkinan besar Windows 7 lambat dikarenakan oleh virus. Untuk itu, kita harus selalu melakukan scanning virus secara berkala agar bisa tahu kondisi laptop yang digunakan. Banyak antivirus yang bisa Kamu gunakan untuk scan, baik yang gratis maupun yang berbayar. Silahkan kalian pilih dan gunakan sesuai keperluan.

 

Nah, itulah beberapa Cara Untuk Meringankan Laptop Windows 7 tanpa upgrade RAM. Apakah ada perubahan setelah mengikuti cara ini? Seharusnya dalam Windows 7 Kamu sudah semakin cepat dari sebelumnya. Demikianlah artikel yang bisa kami sampaikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu Kamu dalam mempercepat Windows 7.