Foto Ukuran 2R

Penjelasan Lengkap Mengenai Foto Ukuran 2R – Salah satu dari ukuran foto yang sering dipakai adalah ukuran 2R. Foto dengan ukuran ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, salah satunya adalah sebagai pajangan yang disimpan di dalam dompet.

Untuk ukuran fotosendiri  sebenarnya memiliki banyak variasinya, selain ukuran 2R ada juga foto dengan ukuran  3R, 4R, 5R, bahkan saat ini orang-orang juga sering mencetak foto dengan ukuran yang sangat besar atau bisa dikatakan dengan menggunakan ukuran 30R.

Bagi para orang awam, ukuran foto yang menggunakan satuan huruf R mungkin masih kurang untuk dipahamii. Jadi oleh karena itu, di sini saya akan menjelaskan mengenai berapa saja ukuran lebar dan panjang foto 2R yang sebenarnya jika dikonversi ke dalam satuan mm, cm, dan inchi. 

Berikut ini ulasan yang lebih lengkapnya.

RajaBackLink.com

Ukuran 2R Dalam Berbagai Satuan

Ukuran kertas cetak foto masuk dalam ukuran yang sudah diatur oleh standar ISO. Sehingga, ukuran yang digunakan di berbagai tempat akan sama saja.

Adapun untuk foto dengan ukuran 2R ini adalah salah satu varian ukuran foto yang termasuk dalam keluarga kertas seri R dalam standar ISO. Jadi mengenai berapa ukuran 2R dalam satuan mm, cm, dan inchi, maka di bawah ini saya akan menjelaskan secara lengkap pada ulasan di bawah ini yang bisa kalian jadikan sebagai referensi.

Ukuran Foto 2R Dalam Satuan MM

Untuk ukuran 2R dalam satuan mm akan memiliki dimensi 60 mm x 90 mm, jadi ini artinya foto 2R akan memiliki ukuran lebar 60 mm dengan panjang 90 mm.

Ukuran Foto 2R Dalam Satuan CM

Lalu selanjutnya dalam satuan cm, ukuran 2R akan setara dengan 6 cm x 9 cm. Jadi ini berarti ukuran lebarnya adalah 6 cm dan ukuran panjangnya adalah 9 cm.

Ukuran Foto 2R Dalam Satuan Inchi

Lalu yang terakhir adalah dalam satuan inchi, yang mana satuan ini biasa dipakai untuk membuat ukuran 2R di Microsoft Word, ukuran 2R akan sama saja dengan 2,3 inchi x 3,5 inchi. Jadi foto yang menggunakan ukuran 2R akan memiliki ukuran lebar 2,3 inchi dan ukuran panjang 3,5 inchi.

Tabel dari Ukuran 2R Dalam Satuan MM, CM dan Inchi

Selain dari poin-poin di atas, maka kalian juga bisa untuk memahami perbedaan hasil konversi ukuran 2R ke dalam berbagai satuan dari tabel di bawah ini :

Ukuran Kertas Cetak Foto Ukuran Dalam MM Ukuran Dalam CM Ukuran Dalam Inchi
2R 60 x 90 6 x 9 2,3 x 3,5

Berbagai Kegunaan dari Foto Ukuran 2R

Foto dengan ukuran 2R ini biasanya jarang dipakai sebagai hiasan dinding karena ukurannya yang lebih kecil. Jika dipaksa pun, maka ukuran foto dan dinding dari ruangan nantinya akan terlihat tidak seimbang.

Selain itu, tampilan foto dengan ukuran 2R ini juga akan terlihat kurang jelas apalagi jika dipajang pada posisi yang tinggi di dinding dalam ruangan.

Namun sebaliknya, foto dengan ukuran 2R ini akan lebih banyak digunakan sebagai hiasan dompet. Jadi kalian bisa mengabadikan moment apapun dalam foto ukuran 2R dan menyimpannya dalam dompet agar mudah dilihat. Selain itu, foto dengan ukuran 2R ini juga sering dijadikan sebagai pengisi album kenangan. Dan biasanya orang-orang akan membeli satu album foto, lalu kemudian mengisinya dengan beberapa foto ukuran 2R yang diambil dalam sebuah acara tertentu.

Cara Menggunakan Ukuran Kertas Foto 2R yang Pada Microsoft Word

Seperti dengan cara membuat ukuran kertas A4 atau ukuran kertas cetak foto lainnya, maka membuat ukuran 2R di Microsoft Word juga akan menggunakan cara yang sangat mudah.

Bagi kalian yang merasa masih bingung dan membutuhkan panduan, maka kalian bisa mengikuti langkah-langkah untuk menambahkan ukuran 2R di Microsoft Word sebagai berikut ini :

  1. Lnagkah pertama adalah buka Microsoft Office Word di perangkat komputer kalian.
  2. Lalu kemudian klik menu page layout, lalu klik sub menu size yang ada pada bagian menu sebelah atas.
  3. Lalu selanjutnya silakan kalian pilih opsi more paper size.
  4. Kemudian setelah itu, pada jendela page setup, silakan isi ukuran 2R dalam satuan cm, mm atau inchi di bagian width dan height, kemudian kalian pilih custom size pada dropdown paper_size.
  5. Lalu langkah yang terakhir silakan kalian klik tombol OK. 

Jadi sampai di sini, maka lembar kerja Office Word dengan berukuran 2R sudah siap untuk kalian gunakan.

Tips Mudah Untuk Mencetak Foto Ukuran 2R yang Berkualitas Tinggi

Untuk bisa menghasilkan cetakan foto dengan ukuran 2R yang berkualitas tidak hanya harus memperhatikan ukuran lebar dan panjang yang akan dipakai. Namun kalian juga perlu untuk memperhatikan alat yang dipakai saat memotret objek tersebut, dalam hal ini bisa menggunakan kamera digital atau pun hanya dengan kamera ponsel saja.

Kabar baiknya, saat ini tidak sulit untuk menemukan kamera dengan kualitas di atas rata-rata. Bahkan, kamera ponsel pun sekarang ini juga sudah dibekali dengan berbagai kemampuan canggih untuk bisa menghasilkan gambar yang setara dengan kamera DSLR.

Nah hal penting yang perlu kalian ketahui selanjutnya adalah minimal kalian harus menggunakan kamera dengan resolusi 1,2 MP agar bisa memiliki hasil yang bagus saat dijadikan foto ukuran 2R. Jika kalian menggunakan kamera yang resolusinya di bawah 1,2 MP, maka biasanya tampilan fambar di dalam foto akan cenderung kurang rapat dan terlihat pecah.

Berikut ini adalah maksimal dari ukuran cetak foto yang berdimensi 2R yang akan saya sangat sarankan kepada kalian :

  1. Dengan menggunakan ukuran 9,7 x 7,3 cm. Ukuran ini mendekati ukuran 2R dan akan bisa menghasilkan gambar yang baik pada cetakan foto yang diambil dengan kamera beresolusi 1,2 MP.
  2. dengan menggunakan ukuran 10,8 x 8,1 cm. Ukuran ini juga mendekati ukuran foto 2R, jadi ukuran ini akan cocok dipakai untuk mencetak foto yang diambil dari kamera dengan resolusi 1,3 MP.

Jadi kesimpulannya, untuk mendapatkan cetakan foto dengan ukuran 2R yang kualitasnya maksimal, maka kalian tidak perlu lagi membutuhkan kamera yang mahal. Kalian hanya perlu melakukan penyesuaian pada dimensi kertas dengan relosusi kamera yang nantinya akan kalian pakai.

Demikianlah ulasan yang bisa saya bagikan kepada kalian semua mengenai berbagai ukuran yang terdapat pada foto ukuran 2R yaitu dengan satuan mm, cm, dan inchi. Sekarang kalian juga sudah paham mengenai bagaimana cara penggunaan foto dengan ukuran 2R dan bagaimana cara untuk menghasilkan cetakan foto yang terlihat sempurna pada ukuran ini. 

Akhir kata semoga dengan adanya ulasan kali ini maka akan memberikan manfaat kepada kalian semua, dan jika kalian masih merasa ada pertanyaan atau masukan untuk memperkaya bahasan ini, maka silakan kalian untuk tuliskan di bagian kolom komentar. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya guys!