Istilah-Istilah Dalam Pengiriman JNE

Era Revolusi Industri ini semakin berkembang pesat dalam dunia online maka semakin maju juga sistem perdagangan di dunia. Dengan terdapatnya pertumbuhan internet dibarengi juga dengan pertumbuhan jualan online. Di Indonesia sendiri terus semakin berkembang sistem jual beli online. Pertumbuhan jual beli online seperti melalui Facebook,Shopee dll melewati toko marketplace besar atau lewat blog pribadi yang menyediakan jual beli online. Pertumbuhan jual beli online ini pun memacu perkembangan dari ekspedisi jasa pengiriman sebagai salah satu ujung tombak keberhasilan pengiriman barang. Di Indonesia pun muncul beberapa jasa ekspedisi pengiriman seperti POS, JNE, JNT, TIKI, Wahana serta masih banyak yang hanya melayani ritel kecil.

Saya akan mengulas salah satu ekspedisi yang sudah terkenal di Indonesia ialah JNE. JNE (Jalur Nugraha Ekakurir) merupakan sebuah industri ekspedisi yang sudah berdiri pada tahun 1990. JNE memiliki jaringan yang paling besar di Indonesia. Layanan JNE sudah tersedia lebih dari 1000 lokasi. Serta lokasi yang tersedia sudah lebih dari 150 lokasi yang telah terhubung secara online.

Untuk kalian yang belum tahu apa itu JNE, silahkan ikuti pembahasan tentang JNE yang lebih lengkap di bawah ini.

A. Pengiriman Lewat JNE

Disaat ini untuk pesanan ke luar kota, umumnya memakai jasa pengiriman ekspedisi. Salah satunya Kamu dapat menggunakan JNE. Tetapi untuk pengiriman dalam kota, umumnya dapat dengan metode COD (Cost On Delivery) ataupun memakai jasa ojek online. Bisa jadi terdapat diantara kalian yang disaat ingin mengetahui status pengiriman menjadi bimbang karena istilah-istilah yang muncul saat melakukan pengecekan pengiriman lewat online (tracking). Disaat Kamu memesan barang secara online dan kemudian barang Kamu dikirim oleh penjual lewat jasa pengiriman JNE. Kamu pasti akan menerima nomor resi dari pihak yang menjual.

Nah, nomor resi ini bermanfaat untuk mengetahui sudah sampai mana barang ataupun paket yang diantarkan oleh JNE. Kamu bisa melakukan pengecekan dengan nomor resi ini secara online lewat web JNE.co.id. Fitur yang disediakan oleh JNE buat melacak status paket Kamu dengan memakai nomor resi di websitenya. JNE telah menjadi layanan yang disediakan oleh ekspedisi JNE. Tetapi terkadang, ketika Kamu melakukan pelacak-kan nomer resi, Kamu menemukan kode  atau istilah pengiriman barang di JNE yang tidak Kamu pahami.

Untuk itu, pada kesempatan ini kami akan membahas tentang istilah-istilah dalam JNE. Catatan istilah pengiriman JNE ini telah kami susun berdasarkan pada proses pengiriman-nya. Istilah-istilah ini mungkin sangat berarti untuk Kamu pahami dan ketahui.

Istilah-istilah dalam status pengiriman JNE ini sangat penting, karena dapat mengetahui status barang yang dalam proses pengiriman.

A. Cara Mengetahui Status Pengiriman Barang

1. Pengecekan dengan memakai nomor Resi

Setelah Kamu memperoleh nomor resi dari penjual, kunjungi Web JNE.co.id, setelah itu masukan nomor resi ke kolom yang disediakan, tepatnya ada di sebelah kiri halaman.

Keterangan:

  1. Pertama, masukan nomor resi lalu klik tracking.
  2. Setelah itu kita akan diminta buat mengisi kolom captcha, isi kolom tersebut berdasarkan gambar yang diminta.

2. Check Status Serta Penjelasan Paket atau Barang

Setelah itu geser ke bawah, maka di sana Kamu akan melihat keterangan paket, semacam jenis pengiriman, status pengiriman dan kota tujuan. Kemudian klik nomer resi buat mengetahui lebih jelas tentang pengiriman barang, di situ Kamu dapat tahu sudah sampai mana paket Kamu dikirimkan.

B. Istilah Dalam Pengiriman JNE

Berikut ini istilah-istilah yang muncul saat Kamu melakukan pengecekan ataupun tracking online di JNE.

Nomor Istilah JNE Keterangan

1 SHIPMENT PICKED UP BY JNE COURIER [Nama Kota] Waktu pengiriman barang ataupun waktu barang diterima oleh agen JNE dan terdapat nama kotanya.
2 SHIPMENT RECEIVED By JNE COUNTER OFFICER At [Nama Kota] Barang sudah diterima oleh JNE pusat di kota yang tertera.
3 RECEIVED AT SORTING CENTER [Nama Kota] Barang ataupun paket sedang disorting di tempat penyortiran barang.
4 PROCESSED AT SORTING CENTER [Nama Kota] Barang sudah disorting, dan lagi diproses untuk dikirim ke tempat berikutnya.
5 DEPARTED FROM TRANSIT [Nama Kota] Barang sudah transit di suatu kota.
6 RECEIVED AT WAREHOUSE [Nama Kota] Barang sudah sampai di gudang JNE terdekat dengan kota tujuan.
7 SHIPMENT FORWARDED TO DESTINATION [Nama Kota] Barang sudah dikirim ke kantor JNE terdekat dengan kota tujuan, dalam proses umumnya barang sudah sampai di kota tujuan.
8 WITH DELIVERY COURIER [Nama Kota] Barang sedang diantar oleh kurir ke rumah kamu atau ke alamat tujuan.
9 MANIFEST Barang sudah dimasukan dalam daftar pengiriman di JNE.
10 ON-PROCESS Barang sudah dalam tahapan proses pengiriman.
11 ON-TRANSIT Barang yang dikirim sedang transit di suatu kota, umumnya hal ini terjadi jika pengiriman antar pulau.
12 DELIVERY TIME Waktu pengiriman dari JNE kota tujuan ke alamat.
13 POD DETAIL (POD) Process On delivery, barang akan dikirimkan oleh kurir.
14 RECEIVED ON DESTINATION Barang sudah sampai di kota tujuan pengiriman.
15 DELIVERED Barang atau paket sudah sampai, umumnya JNE akan menuliskan siapa nama penerima barang.
16 CRISS CROSS Barang telah tertukar dengan barang punya orang lain.
17 CNEE UNKNOWN Nama tidak diketahui ataupun tidak ditemui nama yang sama dengan nama penerima saat kurir JNE mengirimkan barang ke tempat tujuan.
18 AU TO OPS Antar ulang/serah terima dari bagian undelivery (bagian yang menangani kiriman yang bermasalah) Barang akan diantarkan ke bagian operasional untuk dilakukan pengantaran ulang ke alamat tujuan yang benar.
19 AU (ANTAR ULANG) Barang diantar ulang, karena tidak terkirim pada hari sebelumnya.
20 REDELIVERY Barang akan diantar ulang, mungkin karena pada waktu pengiriman ke lokasi tidak ada yang menerima atau rumah kosong.
21 BA (BAD ADDRESS) Alamat tujuan tidak lengkap dan tidak jelas, sehingga pihak JNE kesulitan untuk mencari alamat tujuan.
22 MR (MISROUTE) Kurir JNE mengalami kesalahan dalam mengambil rute untuk mengantarkan barang ke tempat tujuan.
23 BOX DELAY Paket Kamu masih disimpan JNE tetapi tidak dikirimkan karena alamat sulit ditemukan.
24 BOX UNDEL (BOX UNDELIVERED) Paket Anda sudah diantarkan kurir ke tempat tujuan tetapi tidak ada orang di tempat.
25 CLOSED ONCE DELIVERY ATTEMPT Kurir telah datang ke tempat tujuan tetapi rumah, kantor atau tempat penerima barang sedang tutup.
26 NTH (NOT AT HOME) Penerima barang sedang tidak ada atau sedang diluar, saat kurir JNE datang ke tempat tujuan.
27 HO (HAND OVER) Paket punya Kamu sedang diserahkan ke pihak lain untuk diteruskan ke agen JNE yang lebih dekat dengan alamat tujuan.
28 HO TO HVS Paket Kamu berisi barang berharga. Karena itu paket sedang diurus oleh bagian khusus yang menangani barang berharga.
29 HOLD Paket Kamu sedang ditahan oleh pihak JNE.
30 HOLD RUSAK Barang punya Kamu sedang ditahan (Hold) oleh pihak JNE karena terjadi kerusakan.

 

Demikianlah pembahasan dari saya mengenai Istilah-Istilah Dalam JNE. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kalian dan dapat bermanfaat, Terimakasih.