5 Manfaat Emas, Ternyata Tidak Hanya Untuk Investasi

Manfaat Emas, Ternyata Tidak Hanya Untuk Investasi – Anda mungkin mengenal emas sebagai bahan perhiasan atau produk investasi. Namun, manfaat emas ternyata lebih dari itu. Logam mulia ini memang telah berabad-abad digunakan sebagai dekorasi, perhiasan, dan alat tukar. Akan tetapi, perkembangan teknologi berhasil menemukan berbagai cara baru bagi manusia untuk memanfaatkan emas, termasuk dalam bidang industri.

Karakteristik khusus emas bukan hanya kilaunya, tetapi juga sifat-sifat seperti tidak mudah cacat serta mudah dibentuk. Emas biasanya dicampur dengan logam lain dalam pengolahannya, sebelum akhirnya dibentuk menjadi lembaran, batang, koin, kabel, serat, serpihan, dan lain sebagainya. Hal ini membuka lebih banyak alternatif untuk memanfaatkan logam mulia tersebut.

Manfaat Emas

Emas telah lama bermanfaat sebagai perhiasan bahkan sempat menjadi alat pembayaran. Namun demikian, sejatinya emas tidak hanya berfungsi sebagai investasi entah berupa emas perhiasan maupun batangan logam mulia.

berikut manfaat emas dalam berbagai kehidupan :

1. Bidang Ekonomi

Emas sangat bermanfaat dalam bidang ekonomi karena menjadi salah satu komoditi yang bernilai jual tinggi. Karena nilainya tersebut, emas sempat digunakan sebagai pengganti uang untuk bertransaksi sejak zaman dulu kala.

Di sisi lain hingga kini, emas bisa digunakan sebagai salah satu bentuk cadangan devisa suatu negara karena nilainya tinggi. Alasannya tak lain karena emas bersifat convertible, atau semua negara dapat menerima emas sebagai alat pembayaraninternasional yang sah.

2. Bidang Kecantikan

Manfaat emas sangat banyak untuk kecantikan tubuh dan wajah, antara lain mengurangi kerutan, garis halus, dan noda hitam terutama pada muka, yang dapat membuat seseorang lebih muda. Selain itu, bisa untuk mencegah penuaan dini dan juga dapat mencerahkan kulit.

Emas juga disebut-sebut dapat menghambat penurunan kolagen, mengobati kerusakan kulit akibat matahari, mengobati alergi, mengatasi inflamasi, serta meningkatkan elastisitas kulit.

3. Manfaat di Bidang Penghargaan

Emas menjadi simbol penghargaan atas prestasi tertinggi. Pemain sepak bola terbaik mendapatkan penghargaan bola emas. Atlet yang memenangi pertandingan atau siswa yang menjarai olimpiade sains juga diganjar medali emas.

4. Manfaat di Bidang Industri

Manfaat emas selanjutnya dalam bidang industri. Sifat yang lunak, mudah ditempa, mewah, dan berkilau membuat industri melirik emas untuk dibuat perhiasan serta sejumlah produk lainnya seperti pajangan dan souvenir.

Tak hanya industri yang umum, ada juga yang unik-unik. Seperti emas ke dalam bahan pembuatan kaca khusus hingga pelindung helm astronot, karena berfungsi sebagai pemantul radiasi sinar matahari.Selain itu, emas juga dijadikan sebagai pelapis bahan bangunan. NASA juga menggunakan emas untuk berbagai elemen di pesawat luar angkasa, seperti bahan sirkuit dan pelumas untuk kendaraan luar angkasa karena bersifat konduktor yang baik dan antikarat.

5. Manfaat di Bidang Agama

Ada penilaian emas dianggap suci dan melambangkan keagungan. Tak ayal emas juga digunakan misalnya di Vihara Wat Pho, Bangkok, ada patung Buddha dari emas yang diberi nama Reclining Buddha. Contoh lainnya, emas digunakan sebagai lapisan pada kubah di Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin di Brunei dam Gereja La Compania di Roma.

6. Manfaat Emas dalam Bidang Elektronik

Emas merupakan penghantar yang sangat baik, sehingga sangat dibutuhkan dalam komponen elektronik. Hanya saja, karena harganya agak mahal sehingga lebih banyak digantikan oleh tembaga atau logam lainnya yang mempunya sifat yang sama.

Barang-barang elektronik yang biasa menggunakan emas dalam komponennya seperti televisi, monitor, prosesor komputer, USB connector, radio, dan lain sebagainya. Bahkan, ada juga kartu SIM yang memakai kandungan emas, meski tidak banyak. Sifat lain emas yaitu korosif juga membuat emas sering dijadikan lapisan dari alat-alat elektronik seperti tv, radio, atau komputer.

Demikian manfaat emas bagi kehidupan. Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan Anda.