Beragam Cara Menghasilkan Uang dari YouTube

Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari YouTube? Ada berbagai cara menghasilkan uang dari YouTube, Anda bisa mencoba langkah-langkah sederhana berikut ini, dan Anda bisa mendapatkan penghasilan jutaan bahkan puluhan juta setiap bulannya.

YouTube adalah salah satu dari berbagai platform konten video yang disediakan oleh Google, termasuk video tutorial, film, musik, dan video hiburan, yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan penghasilan Anda. Ada banyak orang yang menghasilkan jutaan rupiah dari video yang mereka buat, sehingga mereka dapat menghasilkan uang setiap bulan.

Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda siapkan dan ikuti agar segera menguangkan channel YouTube.

Kebijakan Youtube

Selama beberapa tahun terakhir, YouTube telah mengambil langkah-langkah untuk memperkuat persyaratan monetisasi agar spammer, peniru identitas, dan pihak tidak bertanggung jawab lainnya tidak dapat merusak ekosistem atau memanfaatkan Kreator baik yang membuat konten berkualitas tinggi.

Agar dapat mendaftarkan keanggotaan di YPP, channel harus memenuhi ambang batas kelayakan dalam beberapa hal, yaitu waktu tonton dan subscriber. Setelah channel mendaftar, tim peninjau YouTube akan memastikan bahwa channel tersebut mematuhi kebijakan monetisasi, konten, dan hak cipta YouTube. Hanya channel yang memenuhi ambang batas kelayakan dan mematuhi semua pedoman yang akan diterima di program ini. Setelah diterima menjadi bagian dari YPP, channel tersebut dapat mengakses iklan dan produk monetisasi lainnya.

Penuhi Syarat Untuk Monetisasi YouTube

Sebelum monetisasi channel YouTube, Anda harus memenuhi syarat untuk bisa monetisasi akun YouTube. Berikut syarat yang perlu dipenuhi

  1. Memiliki lebih dari 1.000 subscribers
  2. Mendapatkan lebih dari 4.000 jam tayang selama 12 bulan terakhir.
  3. Mengikuti segala aturan dan kebijakan dari monetisasi YouTube. Banyak kebijakan yang harus Anda patuhi, mulai dari pembatasan konten yang tidak boleh berisi kekerasan, pornografi, sampai memastikan kalau konten yang diunggah tidak melanggar hak cipta.
  4. Terhubung dengan akun Google AdSense
  5. Aktifkan Monetisasi Google Adsense

Berikut cara untuk mengaktifkan Google AdSense Anda sebelum videomu dapat memunculkan iklan yang akhirnya dapat memberikan tambahan uang buatmu.

  1. Klik iklan akun YouTube di pojok kanan atas
  2. Masuk ke pilihan “Creator Studio”
  3. Di bagian kiri layar, pilih “channel”
  4. Klik “status & features”
  5. Klik enable di pilihan “Monetization”
  6. Cara Monetisasi YouTube
  7. Iklan atau AdSense

Cara ini mengharuskan Anda mengandalkan iklan sebagai sumber pendapatan YouTube. Anda dapat menyetel iklan mana yang akan ditampilkan di konten Anda dan tempat untuk menampilkan iklan di video Anda.

Baik di awal video atau di tengah video. Cara ini memiliki syarat pemilik akun harus berusia minimal 18 tahun atau memiliki wali yang berusia minimal 18 tahun, karena ini akan terkait dengan uang yang akan diterima pemilik akun.

Membership Channel

Selain metode di atas, Anda pun bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari YouTube dengan membuat membership chanel berbayar.

Anda akan dibayar dari akun orang yang terdaftar sebagai member chanel. Dengan sistem ini, member Anda akan membayar Anda setiap bulan untuk menikmati konten di saluran anda.

Syaratnya, Anda harus berusia minimal 18 tahun dan memiliki lebih dari 30.000 pelanggan. Cukup masuk ke akun YouTube Anda dan buka halaman “membership”

Merchandise

Anda juga bisa memanfaatkan penjualan Merchandise di channel tersebut, namun untuk menggunakannya Anda juga perlu memahami persyaratannya.

Fitur ini memungkinkan pemirsa video untuk melihat Merchandise yang ditawarkan di halaman video.

Syaratnya, Anda harus berusia minimal 18 tahun dan memiliki lebih dari 10.000 pelanggan. Untuk melakukannya, cukup masuk ke YouTube Studio Beta, klik menu “Monetisasi” dan pilih opsi “Merchandise ” untuk menghasilkan uang dari YouTube.

Super Chat

Fungsi yang dapat dihasilkan selama siaran langsung. Penonton dapat mengirim pesan selama siaran langsung.

Jika Anda menggunakannya, Anda harus sering melakukan siaran langsung di saluran Anda agar lebih banyak orang dapat berpartisipasi dalam siaran langsung.

Nah itulah beberapa cara mudah menghasilkan uang dari youtube, pastikan kalian selalu aktif memproduksi video agar subscriber kalian bisa terus bertambah.