Cara Cek Kapasitas VGA Komputer

Artikel ini membahas Cara Mudah Mengecek Ukuran Kapasitas VGA Komputer – Cara terbaru mengetahui kapasitas VGA dan memori RAM pada pc komputer dan laptop windows dengan mudah. Kira-kira kita bisa mengunakan kapasitas RAM berapa untuk menjalankan komputer atau laptop kita setiap hari? Pernah nggak kamu berpikir kapasitas RAM ataupun Graphic Card yang pas buat notebook dan laptop? Kalau kita orang awam, pasti kita nggak bakalan tau berapa besar kapasitas RAM dan kartu grafis yang dibutuhkan oleh komputer kita.

Tapi kalau kamu sering berhubungan dengan masalah hardware, kamu pasti tau jawaban tentang bagimana cara mengetahui kapasitas VGA dan memori RAM pada pc/laptop. Kapasitas RAM maupun kartu grafis pada masing-masing komputer, laptop, notebook maupun tablet memang berbeda-beda. Di pasaran sendiri, banyak masyarakat yang langsung saja membeli komputer atau laptop baru tanpa berpikir berapa besar kapasitas RAM dan jenis kartu grafis yang tepat.

RAM maupun Graphic Card sangat penting untuk kita bahas apalagi saat kita ingin membeli komputer baru. Jika semakin besar RAM dan juga vga card yang ada pada suatu komputer / laptop ataupun notebook, hal ini menyebabkan performa komputer/ laptop tersebut semakin tinggi. Bagi gamer, mereka harus tau cara menegcek kapasitas, tipe serta jenis komponen RAM dan Graphic Card yang ada pada pc dan laptop yang akan mereka beli. RAM dan kartu grafis sangat penting untuk menjalalkan gae, edit foto, video, menjalankan multimedia dan lainnya. Dengan mengetahui cara mengecek tipe, jenis serta kapasitas VGA dan memori RAM, maka kita tidak akan salah pilih laptop/ komputer sesuai kebutuhan.

Setiap komputer pasti memiliki komponen pengolah grafis (graphic card). Atau di Indonesia sering disebut VGA. VGA mempunyai kapasitas memori masing-masing, yang bisa didapatkan sesuai dengan tipe dari vendornya. Memori pada VGA juga biasa disebut VRAM (Video Random Access Memory). Fungsinya sama dengan RAM, yaitu untuk menyimpan memori sementara sebelum diproses.

BACA JUGA:  Cara Flash HP Oppo Joy R1001

Alasan Anda Harus Tahu Ukuran Kapasitas VGA

Pada dasarnya, bagus tidaknya performa VGA disesuaikan dari keseluruhan spek VGA itu sendiri. Walau demikian, memori VGA tetap diperlukan kapasitasnya ketika ingin menjalankan sebuah game. Supaya tidak terjadi stuttering. Karena itulah Anda perlu mengeceknya.

Cara Mengecek Kapasitas Memori VGA Dengan Mudah

Kita bisa mengeceknya dengan metode lewat DXDIAG yang bisa diakses di seluruh versi Windows. Windows 7, Windows 8 sampai Windows 10 utamanya.

Kita juga bisa memakai aplikasi tambahan kalau ingin sekalian melihat keseluruhan speknya.

Memakai DXDIAG

Pertama Anda bisa mengetahui berapa kapasitas memori VGA di komputer dengan memakai DXDIAG.

Silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Windows Run dengan cara klik tombol Windows Start + R
  2. Selanjutnya ketik DXDIAG pada kolom yang tersedia
  3. Klik OK kalau sudah
  4. Setelah jendela DXDIAG terbuka, klik tab Display
  5. Anda bisa mengetahui informasi memori VGA pada bagian Approx Total Memory

Berikut beberapa penjelasan mengenai kolom-kolomnya:

Name Nama VGA Anda. Sebagai contoh, di sini saya memakai VGA AMD HD 7730 yang terdeksi menjadi HD 7700 series.
Manufacturer Pembuat atau pabrik.
Chip Type Informasi tipe chip. Tapi di sini hanya merknya saja yang ditampilkan.
Device type Perangkat monitor yang ditampilkan di DXDIAG
Approx Total Memory Perkiraan memori VGA setelah ditambahkan memori tambahan dari RAM

Nah, seperti yang saya sebut, DXDIAG hanya menampilkan memori VGA yang sudah ditambahkan dari RAM.

Contohnya kapasitas memori VGA asli 2GB. Dari RAM ditambah 4GB. Sehingga total keseluruhan menjadi 6GB.

Windows XP
  1. Klik kanan pada Desktop kemudian klik Properties
  2. Klik tab Settings
  3. Klik Advanced
  4. Klik tab Adapter
  5. Kapasitas VGA terlihat pada Memory Size 
Windows Me, 2000, XP, Vista, 7, 8, dan 10
  1. Download aplikasi CPU-Z
  2. Install kemudian jalankan
  3. Klik tab Graphics kemudian, perhatikan bagian Memory untuk melihat ukuran VGA
BACA JUGA:  Cara Reset HP Xiaomi Dengan Mudah

Akhir Kata

Semakin tinggi grafis yang diinginkan, maka semakin besar pula memori VGA yang dibutuhkan. Game yang terkenal memberi penampakan kebutuhan resource VGA di antaranya adalah GTA V, di mana untuk beberapa pengaturan (terutama texture), memori VGA akan sangat berpengaruh.

Jelas sekali bahwa kita memang wajib tahu jenis, tipe serta ukuran kapasitas RAM dan vga card sebelum membeli komputer/ Laptop. Sekian pembahasan ini saya buat, saya akhiri dan semoga bermanfaat.