Cara Dual Monitor Dalam Satu Komputer

Bagaimana Cara Dual Monitor Dalam Satu Komputer? Menggunakan 2 monitor di 1 komputer tentunya dapat membantu banyak hal. Bayangkan saja Anda bisa mengetik di satu layar dan menampilkan bahan yang diketik di monitor lain. Untuk mendapatkan keuntungan seperti ini, tentunya Anda harus melakukan setting dulu untuk dual monitor.

Cara Setting Dual Monitor di Windows 10

Untuk yang ingin pakai dua monitor sekaligus dalam satu sistem komputer, kita bisa melakukannya dengan mudah.

Tapi, tentunya ada yang perlu disiapkan terlebih dahulu. Apa saja? Berikut di antaranya:

  1. Dua buah monitor. Ukurannya bebas, kalau pun nggak sama juga bisa.
  2. Kabel monitor. Harus beda, ya. Satu DVI satu HDMI misalnya. Karena port VGA-nya rata-rata terbatas.

Contoh setup yang saya pakai, yakni:

RajaBackLink.com
  1. Satu monitor ukuran 24 inch.
  2. Satu monitor ukuran 24 inch juga.

Sedangkan koneksinya, satu menggunakan HDMI dan satu lagi menggunakan DVI. Bisa juga pakai konverter kalau mau.

Cara Setup Dual Monitor di Windows 10

Sebelum memulai, pastikan semua kabel yang diperlukan telah terhubung dengan baik ke monitor dan komputer, termasuk kabel power dan penghubung sinyal video menggunakan kabel VGA, DVI, HDMI, atau DisplayPort. Selanjutnya adalah mengatur ulang monitor agar dapat disesuaikan dalam penggunaannya, baik dalam mengarahkan dengan mouse atau ketika menjalankan aplikasi. Berikut adalah tata cara mengatur ulang monitor di Windows 10.

  1. Buka menu Pengaturan (Settings);
  2. Lalu klik pada System;
  3. Kemudian pilih Display;
  4. Di bagian bawah “Select and rearrange displays”, seret dan letakkan setiap layar untuk mengaturnya sesuai dengan tata letak fisik pada desktop;
  5. Lalu klik tombol Apply.

Setelah selesai, Windows 10 akan memahami tata letak fisik layar dan mulai bisa bekerja di setiap tampilan dan menjalankan aplikasi tanpa masalah.

Pilihan Multiple Display

Dalam pengaturan setting di atas, Anda bisa memilih Multiple Display untuk pilihan aturan tampilan tiap monitor. Berikut adalah penjelasan untuk setiap pilihannya:

Duplicate these displays

Pilihan yang ini memerintahkan kedua layar untuk mengkopi tampilan yang sama. Pilihan ini biasanya digunakan untuk penggunaan presentasi. Jadi monitor satu adalah untuk Anda dan monitor kedua adalah display yang akan membantu audience untuk melihat apa yang Anda lihat.

Extend these displays

Pilihan ini adalah yang paling sering digunakan untuk dual monitor. Setting ini membuat kedua layar mampu berhubungan satu sama lain. Jadi semisal Anda mengerjakan pekerjaan, satu layar bisa digunakan untuk membuka dokumen yang dibaca, dan satu layar lain tempat Anda mengetik. Tampilan ini juga cukup populer di kalangan gamer yang suka multitasking saat main game.

Show only on 1

Pilihan ini membuat monitor kedua mati dan hanya menampilkan display di monitor 1.

Show only on 2

Sama seperti pilihan sebelumnya tapi fokus untuk penggunaan monitor 2.

Masalah Yang Umum di Dual Monitor

Beberapa monitor memiliki segala macam keunggulan, bahkan lebih dari satu monitor ultra lebar yang sangat besar, mulai dari meningkatkan produktivitas hingga memberikan keserbagunaan dalam penempatannya di meja Anda. Tetapi pengalaman itu tidak selalu sempurna. Terkadang, Anda mencolokkan monitor kedua dan itu tidak berfungsi sama sekali, atau monitor terus meminimalkan permainan Anda saat Anda pindah ke dalamnya secara tidak sengaja.

Berikut beberapa masalah yang umum nya terjadi di Dual Monitor

No Signal

Meskipun tidak mendapatkan “sinyal” ke monitor baru Anda dapat menimbulkan kekhawatiran, ini bisa dibilang masalah termudah untuk diperbaiki. Ini hanya berarti bahwa layar memiliki kekuatan, tetapi tidak menerima data visual. Ada beberapa alasan mengapa ini terjadi dan banyak perbaikan yang dapat Anda coba untuk mengatasinya.

Salah Resolusi

Jika Anda menambahkan monitor baru dengan resolusi lebih tinggi ke sistem Anda dan ternyata tidak ditampilkan dengan benar, mungkin itu meminjam pengaturan dari layar lama, atau sekadar mencoba mencocokkan monitor utama Anda.

 

Salah Refresh Rate

Jika monitor Anda disetel pada kecepatan refresh yang salah, itu akan menampilkan kesalahan “tidak ada sinyal”. Itu berarti PC mengeluarkan sinyal yang tidak dapat ditangani oleh tampilan, mengharuskan Anda untuk menyesuaikan output secara manual di Windows 10.

Duplikat Atau Diperpanjang

Ada beberapa cara berbeda untuk menampilkan konten di dua layar, tetapi Duplikat sering kali menjadi default. Jika tampilan kedua Anda hanya menyalin desktop daripada memperluasnya, inilah cara mengubah tampilan itu.

Manfaat Pemakaian Dual Monitor di Komputer

Menurut saya, ada lumayan banyak manfaat yang bisa kita dapatkan lewat konfigurasi dual monitor ini. Misalnya, nih:

  1. Multitasking: Buat yang sering multitasking, tentu bakal terbantu banget. Seperti apa yang saya contohkan di atas misalnya, yakni membuka browser dan aplikasi editing sekaligus.
  2. Kerja Lebih Cepat: Contoh buat programming. Kita bisa cari resource code sekaligus membuka text editor.
  3. Pengalaman Baru Main Game: Bukan manfaat sih, hehe. Tapi kalau main game semacam simulator, bakal jadi keren banget hasilnya. Bagusnya sih kalau monitor yang digunakan punya bezel tipis, ya.
  4. Solusi Ketika Layar Laptop Rusak: Buat pengguna laptop, ini bisa jadi solusi alternatif saat layar asli rusak. Cukup gunakan opsi duplicate, maka layar laptop akan ditampilkan di monitor.

Masih banyak lagi tentunya.

Tips

Sebagian besar laptop mendukung koneksi HDMI (Windows, Mac), USB-C (Windows, Mac), dan/atau Thunderbolt (Mac saja). Untuk menghubungkan monitor kedua ke laptop, Anda hanya perlu memasang kabel monitor kedua pada porta keluaran video laptop. Setelah itu, Anda bisa mengatur atau mempersiapkan monitor kedua, seperti halnya pada komputer desktop.