Cara Flash Samsung J2 Prime

Cara Flash Samsung J2 Prime. – Samsung Galaxy J2 Prime merupakan varian smartphone paling murah dari seri J Prime yang dirilis pada tahun 2016 di Indonesia.  Samsung Galaxy J2 Prime dibekali dengan RAM 1,5 Gb yang saat itu cukup untuk menjalankan berbagai aplikasi dan game populer. Namun, seiring berjalannya waktu Samsung Galaxy J2 Prime mengalami penurunan performa. Bahkan banyak pengguna yang mengeluh karena smartphone yang mereka gunakan mengalami error sistem. Cara yang paling tepat untuk memperbaiki Samsung Galaxy J2 Prime yang mengalami error sistem dan mengembalikan ke performa seperti baru adalah dengan cara flash ulang. 

Tutorial yang kami gunakan untuk mengatasi masalah bootloop di Samsung Galaxy J2 Prime yaitu pada saat di nyalakan Samsung Galaxy J2 Prime tidak bisa masuk kemenu utama atau stuck di logo Samsung. Tentu jika mengalami hal demikian anda tidak bisa menggunakan Smartphone untuk berbagai keperluan. Untuk mengatasi masalah bootloop Samsung Galaxy J2 Prime kami coba dengan melakukan hard reset di mode recovery tetapi tidak membawa hasil yakni masih mengalami masalah yang sama, dan cara kedua yang kami lakukan yaitu dengan melakukan flash Samsung Galaxy J2 Prime Menggunakan Odin dan berhasil 100%. Flash ulang Samsung Galaxy J2 Prime, Selain mengatasi Bootloop juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah sistem android lainnya seperti aplikasi berhenti, aplikasi tidak merespon, data seluler tidak bisa diaktifkan, lemot/lambat, hang, yang juga sudah tidak bisa di atasi dengan hard reset tentu masalah ini bisa diatasi dengan mudah dengan melakukan flash ulang dan sudah pasti work.

Proses flashing tentu membutuhkan beberapa file dan perlatan pendukung. Jadi sebelum melakukan flashing sebaiknya siapkan peralatan dan beberapa file berikut ini :

BACA JUGA:  Cara Reset HP Xiaomi Dengan Mudah

Siapkan Bahan – Bahan Yang di Butuhkan :

  1. Samsung USB For mobile phone
  2. Odin V3.11
  3. Download fimware Samsung Galaxy J2 Prime SM-G532G

Flashing Samsung Galaxy J2 Prime Via Odin :

  1. Pertama ekstrak semua perlengkapan yang sudah di download
  2. Selanjutnya intall SAMSUNG USB Driver for Mobile Phones di PC/Laptop
  3. Matikan Samsung Galaxy J2 Prime
  4. Masuk kemenu download dengan menekan tombol Volume Down + Home + Power secara bersamaan sampai muncul tulisan Warning!! di layar touchscreen Samsung Galaxy J2 Prime
  5. Sekarang tekan tombol Volume Up untuk pilih Continue dan otomatis akan masuk ke menu download Samsung Galaxy J2 Prime
  6. Hubungkan Samsung Galaxy J2 Prime ke PC menggunakan kabel USB (Gunakan kabel usb yang original atau masih dalam kondisi bagus)
  7. Sekarang Jalankan Odin dengan cara klik kanan pilih Run ad administrator
  8. Pastikan Samsung Galaxy J2 Prime terdeteksi Odin dengan keluar warna hijau dan ada tulisan ID:COM di Odin
  9. Selanjutnya klik AP dan cari fimware Samsung Galaxy J2 Prime yang telah di ekstrak tadi, pilih file fimware tersebut, lalu klik Open dan tunggu hingga fimware termuat sempurna ke Odin
  10. Selanjutnya klik tombol Start di Odin dan otomatis proses flashing Samsung Galaxy J2 Prime akan jalan tunggu sampai selesai (Proses flashing Samsung Galaxy J2 Prime membutuhkan waktu lebih kurang sekitar 15 menit)
  11. Jika sudah selesai akan keluar tulisan PASS! dan Samsung Galaxy J2 Prime akan melakukan booting secara otomatis

Proses booting pertama setelah flashing biasanya agak lama, tunggu saja sampai selesai.

Catatan : Setelah selesai melakukan flashing Samsung Galaxy J2 Prime sebaiknya anda melakukan hard reset agar fimware terpebaharuidengan sempurna di system android Samsung Galaxy J2 Prime, dengan cara :

  1. Matikan Samsung Galaxy J2 Prime
  2. Tekan Volume Up + Home + Power secara bersamaan (jika sudah muncul logo samsung lepas tombol sementara jari masih menekan tombol volume Down + HOME sampai berada di menu recovery)
  3. Pilih wipe data/factory reset dan konfimasi dengan tombol power
  4. Selanjutnya pilih yes – delete all user data dan konfirmasi lagi dengan tombol power
  5. Terakhir pilih reboot system now
BACA JUGA:  Cara Melihat Email Facebook Yang lupa Milik Pribadi Ataupun Email Facebook Milik Orang Lain

Demikianlah artikel mengenai Cara Flash Samsung Galaxy J2 Prime 100% Sukses, semoga artikel ini dapat membantu anda untuk mengatasi masalah di system android Samsung Galaxy J2 Prime seperti bootloop, aplikasi berhenti, Data seluler tidak bisa di aktifkan, lemot dan lain-lain.