Cara Memakai Mic di Komputer

Cara Memakai Mic di Komputer – Seberapa sering Anda melakukan Online Meeting menggunakan gadget ? Biasanya gadget apa yang sering Anda gunakan untuk online meeting ? Laptop merupakan salah satu perangkat yang wajib dimiliki oleh seorang karyawan maupun mahasiswa.

Hal itu dikarenakan adanya pandemi Covid-19 yang menyerang dunia, sehingga seluruh kegiatan luar ruangan dikontrol dengan sangat minimal untuk memutus rantai penyebaran virus covid-19. Sehingga para karyawan dan para pelajar diminta untuk melakukan semua kegiatan bekerja maupun belajar dirumah saja. Salah satu jembatan yang digunakan oleh karyawan dan pelajar untuk dapat terus memantau pekerjaan maupun pelajaran ialah gadget, seperti komputer dan handphone.  Gadget tersebut sering dimanfaatkan untuk belajar melalui meeting online, room online maupun chatting bersama guru, dosen maupun atasan.

Akhir-akhir ini, penggunaan mic di PC atau laptop kian diminati. Apalagi untuk kebutuhan gaming atau cover suara youtuber, banyak di antaranya yang menggunakan mic sebagai media perekamannya.

Sayangnya, belakangan ini saya baru tahu, kalau ternyata masih banyak juga yang belum paham cara mengaktifkan mic di PC atau laptop, apalagi soal cara mengaturnya.

Karena itulah, pada artikel ini, saya ingin membahas bagaimana caranya memakai mic dan cara setting mic, khusus untuk Anda yang ingin mengetahuinya.

Bahan yang Dibutuhkan

Untuk memakai mic, tentu saja Anda butuh perangkatnya juga. Di sini saya ada dua rekomendasi:

  1. Rekomendasi saya di sini, pertama Anda bisa menggunakan headset dengan mic bawaan. Contohnya seperti pada gambar berikut ini:
  2. Selanjutnya Anda bisa memakai mic eksternal, yang bisa dibeli di marketplace. Contohnya seperti gambar berikut:
BACA JUGA:  Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Samsung Tanpa Root

Untuk menginstal mikrofon baru, ikuti langkah-langkah berikut: 

  1. Pastikan mikrofon tersambung ke PC Anda.

  2. Pilih Start > Setting > Sistem > Suara

  3. Dalam pengaturan Suara, masuk ke Input > memilih perangkatinput, kemudian pilih mikrofon atau perangkat perekaman yang ingin Anda gunakan.  

Untuk menguji mikrofon yang sudah diinstal:

  1. Pastikan mikrofon tersambung ke PC Anda.

  2. Pilih Mulai > Pengaturan > Sistem > Suara

  3. Dalam pengaturan suara, masuk ke Input uji mikrofon Anda, lalu cari bilah berwarna biru yang naik dan turun selagi Anda berbicara ke mikrofon. Jika bilah bergerak, mikrofon Anda berfungsi dengan benar.

Cara Menggunakan Mic di Komputer atau Laptop

Tahapan Pertama. Yang menggunakan headset, silakan sambungkan kabel mic ke laptop atau PC terlebih dahulu.

Catatan:

  1. Ingat, jangan sampai salah menyambungkannya, karena di sana terdapat dua port audio dan mic (mic warnanya merah).
  2. Ini berlaku juga untuk Anda yang memakai perangkat mic eksternal.

Tahapan kedua. Setelah perangkat disambungkan, lanjut buka Control Panel > Hardware and Sounds > Sounds.

Tahapan ke tiga. Klik tab Recording. Pastikan mic-nya sudah berfungsi dan dalam keadaan enable.

Tahapan ke empat. Masih di tab Recording. Klik Mic yang terpakai > Klik Properties > Klik tab Listen (di halaman Microphone Properties) > Kemudian centang Listen to This Device.

Tahapan ke lima. Selanjutnya, masuk ke tab Levels (masih di halaman Microphone Properties). Di sini, silakan sesuaikan kedua pengaturan volume yang ada.

Tahapan ke enam . Selesai dan Anda hanya perlu mencoba mic tersebut. 

Akhir Kata

Demikianlah artikel yang menjelaskan bagaimana cara mengaktifkan Microphone di laptop/PC. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda dan semua aktifitas anda beserta semua teman-teman, kerabat dan keluarga di beritahu juga ya tentang artikel ini. Tetap semangat dan produktif walaupun di masa pandemi bukan alasan untuk tidak melakukan sesuatu. Semoga semua pandemi ini segera berakhir dan memulihkan kembali semangat, mental dan aktifitas kita lain nya yang sempat tertunda atu bahkan hilan. Terima kasih.