Cara Membuka File ISO Atau Disk Image

ISO atau Disk Image ini ialah salah satu dari banyaknya jenis file yang saat ini banyak digunakan. Masih banyak dari Kalian yang belum tahu tentang file ISO. File ISO ini merupakan file standar yang digunakan untuk menyimpan banyaknya file. File dalam bentuk ISO ini dapat disimpan kedalam sebuah CD. Selain untuk menyimpan file-file yang diatas, ISO juga dapat digunakan untuk menyimpan aplikasi installer, Installer sistem operasi ataupun installer game. File ISO dibuat untuk memudahkan akses penyimpanan data bagi pengguna PC.

Buat Kalian yang belum tahu tentang file ISO, pasti Kamu penasaran dengan file yang tersimpan didalamnya. Bagaimana sih cara membuka file ISO ini? Cara bukanya ini ada tiga cara yang bisa kamu lakukan. Berikut ini langkah untuk Cara Membuka File ISO Atau Disk Image :

A. Cara Membuka File ISO Di WinRAR

Untuk dapat membuka file ISO di WinRAR, pastikan Kamu sudah ceklis saat menginstal WinRAR di PC yang dipakai. Untuk cara membuka file ISO di WinRAR caranya berikut ini :

  1. Pertama, Buka folder berisi file ISO di PC.
  2. Klik kanan untuk file ISO dibuka. Lalu Klik “Open with WinRar”.  (Buat yang belum centang pada installasi WinRAR, Kamu dapat lakukan extract file ISO)
  3. Setelah Kamu membuka file ISO, Kamu pilih  menu “Options” lalu klik “Setting”.
  4. Lalu klik bagian paling kanan atau “Integration”, centang di format ISO dan klik “Ok” untuk melanjutkan. Apabila muncul pop-up pemberitahuan klik “YES”.
  5. Setelah memberi centang pada file ISO di aplikasi WinRAR, Kamu baru bisa extract file ISO yang Kamu miliki. Untuk mengextract, Kamu dapat klik kanan, pilih “Extract file” > “Extract to” atau “Extract Here”.
  6. Setelah Kamu mengekstrak file ISO, Kau akan bisa melihat isi dari file ISO yang baru Kamu ekstrak tadi.

Selain di WinRAR, Kamu juga dapat membuka file ISO dengan menggunakan aplikasi PowerISO

RajaBackLink.com

B. Cara Membuka file ISO dengan PowerISO

PowerISO ialah salah satu aplikasi yang digunakan untuk memproses berkas gambar pada CD / DVD atau yang lainnya. Sehingga dengan PowerISO Kamu dapat membuka, mengekstrak, membuat, mengedit, mengkompres, mengenkripsi, memecah dan mengkonversi file ISO. Untuk dapat membuka file ISO dengan PowerISO berikut ini langkah-langkahnya :

  1. Pertama, “Unduh dan install” Aplikasi PowerISO di PC/Laptop Kamu.
  2. Selanjutnya Kalian klik kanan pada file ISO, klik bagian “PowerISO” dan pilih “Extract to”.
  3. Tunggu beberapa saat sampai aplikasi PowerISO terbuka.
  4. Selanjutnya Kalian pilih lokasi untuk menyimpan hasil ekstrak file, lalu klik OK  untuk memulai ekstrak file ISO. Tunggu sampai proses ekstrak selesai.
  5. Setelah selesai, Kamu membuka folder tempat Kamu simpan hasil ekstrak tadi.

Cara terakhir yang bisa Kamu pakai selain dengan dua aplikasi diatas yaitu dengan menggunakan 7-Zip.

C. Membuka File ISO Menggunakan 7-Zip

Cara untuk membuka file dengan aplikasi 7-Zip dapat Kamu lakukan dengan mengikuti caranya berikut ini.

  1. Pertama, “Unduh dan install” Aplikasi 7-Zip di PC/Laptop Kamu.
  2. Lalu Klik kanan file ISO dan pilih 7-Zip lalu Klik “Extract Files”.
  3. Selanjutnya, Kalian Pilih lokasi untuk menyimpan hasil extract file.
  4. Klik ok dan tunggu proses hingga selesai.

Jika sudah selesai, Kamu dapat membuka folder yang telah dipilih untuk menyimpan hasil ekstrak.

Itulah tadi pembahasan tentang Cara Membuka File ISO Atau Disk Image. Bisa Kamu coba satu-satu cara yang ada diatas, Semoga Bermanfaat dan Selamat Mencoba.