Cara Menampilkan Widget di Desktop Windows 10

Artikel ini mengulas tentang Cara Menampilkan Widget di Windows 10 – Windows 10 mempunyai banyak fitur menarik salah satunya yaitu widget. Widget merupakan sebuah aplikasi mini yang dapat kita tambahkan ke layar desktop dan sebagian besar letaknya berada di sebelah kanan. Widget termasuk salah satu fitur yang ada di Windows. Terdapat banyak keunggulan yang bisa kita dapat dengan mengaktifkan dan menampilkan widget. Contohnya:

  1. Dapat meningkatkan produktivitas.
  2. Dapat mempercepat aktivasi aplikasi atau fungsi menu tertentu.
  3. Dapat memperindah tampilan layar.
  4. dan lain-lain.

Widget di Windows 10 memiliki tampilan layar monitor yang keren dan bagus, sayangnya sekarang telah dihilangkan atau lebih tepatnya yaitu disembunyikan. Namun bagi pengguna Windows 10 yang ingin menampilkan widget di dekstop, kalian tidak perlu kesulitan lagi. Berikut ini terdapat panduan untuk menambah dan menampilkan widget di windows 10. Silakan ikuti langkah-langkah yang akan dibagikan di sini.

Cara Menampilkan Widget di Windows 10

Pertama, pastikan windows 10 di PC Anda sudah update ke versi terbaru. Kedua, Anda harus memiliki koneksi internet yang bagus dan stabil, supaya widget dapat berfungsi maksimal. Jika sudah, mari kita lanjut ke pembahasan inti:

1. Menggunakan Rainmeter

Aplikasi pertama yaitu menggunakan Rainmeter. Aplikasi ini sudah banyak yang pakai sejak versi Windows 7 keluar dan sudah cukup populer. Banyak jenis widget yang disediakan oleh Rainmeter, sehingga Anda bisa memilih mana saja yang ingin digunakan sesuai kebutuhan. 

RajaBackLink.com

Berikut ini cara menggunakan Rainmeter:

  1. Install aplikasi Rainmeter (Pakai standard).
  2. Setelah aplikasi terinstall, silakan buka.
  3. Jika sudah, widget bawaan Rainmeter akan tampil di Windows 10 Anda.
  4. Selesai deh.

Berikut widget bawaan yang tersedia di Rainmeter ini di antaranya:

  1. CPU Meter.
  2. Network Meter.
  3. RAM Usage.
  4. Disk and Calender.

Jika ingin custom, bisa cari lagi di Rainmeter.net/discover. Sedangkan untuk tutorial pakainya, silakan cek di Youtube sudah banyak tersedia disana. 

2. Melalui Windows Store

Selain Rainmeter, kita juga dapat menggunakan Windows Store. Windows Store adalah salah satu fitur bawaan Windows yang memungkinkan kita dapat menginstall aplikasi-aplikasi tertentu.

Ada banyak jenis dari aplikasi-aplikasi tersebut, di antaranya:

  1. Jam.
  2. Note.
  3. Kalender.
  4. Cuaca.
  5. dan lain sebagainya.

Berikut cara memasang aplikasi widget tersebut dengan sangat mudah:

  1. Buka Windows Store di Windows 10.
  2. Setelah itu, silakan cari widget apa yang diinginkan.
  3. Terakhir, tinggal install.

Setelah aplikasinya terinstall, maka aplikasi tersebut akan langsung menjadi widget yang tentunya akan memperindah tampilan layar dekstop Anda. 

3. Menggunakan Aplikasi Widget Lainnya

Terakhir, kita juga bisa menggunakan aplikasi-aplikasi lain yang mempunyai fitur serupa untuk menampilkan widget di Windows 10.

Aplikasi-aplikasi tersebut ada banyak pilihannya. Jenisnya ada yang seperti Rainmeter (punya widget bawaan), atau aplikasi tertentu yang mempunyai fungsi tersendiri tetapi bisa tampil di desktop.

Contoh aplikasi widget di antaranya:

  1. Windows Desktop Gadgets.
  2. Gadgetpack.
  3. Windows Desktop Gadgets.
  4. dan lain sebagainya.

Aplikasi-aplikasi tersebut biasanya menyediakan macam-macam jenis widget, mulai dari kalender, jam, dan lain-lain.

Sedangkan aplikasi yang bisa tampil di desktop layaknya widget dan memiliki fungsi tersendiri, di antaranya:

  1. Clock.
  2. Sticky Note.
  3. dan masih banyak lagi.

Nanti tinggal cari saja sesuai dengan keinginan contohnya untuk memberikan tampilan yang menarik di layar PC Anda.

Demikian tutorial cara menampilkan widget di Windows 10 yang bisa digunakan. Memperindah tampilan desktop memang bisa dilakukan dengan banyak cara. Perlu diingat, pilihlah widget yang bermanfaat dan dapat meningkatkan produktivitas. Bukan hanya untuk memberikan tampilan yang menarik tetapi juga memuat informasi penting. Pahami fungsinya secara maksimal sehingga tidak sekadar menampilkan widget hanya karena tampilannya yang keren.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.