Cara Mengaktifkan dan Memasang IDM di Browser Firefox

Cara Mengaktifkan dan Memasang IDM di Browser Firefox – Mengunduh atau Download adalah  salah satu kegiatan yang paling sering dilakukan oleh para pengguna internet. Biasanya mereka akan mengunduh banyak file dengan berbagai jenis seperti gambar, musik, video atau bahkan aplikasi.

Untuk memudahkan kegiatan mendownload, umumnya seseorang akan menggunakan sebuah browser seperti Mozilla Firefox. Selain itu, ada juga software tambahan seperti IDM agar proses unduhan yang mereka lakukan menjadi berjalan lebih cepat.

Apa Itu IDM

Internet Download Manager (IDM) bisa dibilang merupakan salah satu aplikasi populer yang wajib bagi para downloader. Aplikasi tersebut dirancang secara khusus untuk membantu kita agar bisa mengelola proses unduhan dan membuatnya menjadi lebih cepat dan efektif.

Hampir semua pengguna perangkat PC memasang software yang satu ini di perangkat mereka. IDM sudah sangat populer dan memiliki banyak fitur yang sangat bermanfaat untuk kita gunakan. Umumnya, jika IDM sudah terinstall pada perangkat PC, maka secara otomatis IDM akan tersambung untuk mengunduh file. Namun, memang terkadang bisa saja terjadi kesalahan yang mengakibatkanIDM tidak dapat berfungsi dengan benar.

Ketika kamu ingin mengunduh sebuah file, misal file video dengan menggunakan aplikasi Mozilla Firefox, namun IDM tidak muncul otomatis atau tidak berfungsi. Lalu mengapa hal itu bisa terjadi dan bagaimana cara mengatasinya?

Sebenarnya ada beberapa hal yang mungkin bisa menyebabkan IDM tidak muncul otomatis ketika ada proses unduhan, biasanya mungkin karena IDM belum terintegrasi dengan browser yang akan digunakan. Dan juga terkadang bisa karena IDM tidak compatible dengan versi browser yang sedang digunakan.

BACA JUGA:  Aplikasi Cetak Foto Gratis di Laptop

Nah, bagaimana solusinya? Cukup mudah, kalian hanya perlu untuk melakukan pengaturan mengintegrasikan IDM dan browser agar tersambung secara sempurna.

Cara Mengaktifkan IDM di Aplikasi Mozilla Firefox

Silahkan ikuti panduan cara untuk mengaktifkan IDM agar muncul di aplikasi Mozilla Firefox berikut ini.

1. Down Addon

Langkah pertama, kita perlu membuka Mozilla Firefox terlebih dahulu. Jika sudah, klik tombol Down Addon untuk dapat memasang IDM di Mozilla Firefox.

2. Install Addon

Lalu berikutnya nanti akan muncul notifikasi untuk melakukan integrasi antara IDM dan Firefox, silahkan kamu klik Add.

3. Konfirmasi Addon

Jika muncul notif Konfimasi Addon, maka itu tandanya IDM sudah tersambung ke aplikasi Mozilla Firefox.

4. Buka Folder IDM

Untuk langkah selanjutnya, kamu hanya perlu untuk melakukan sedikit perubahan terhadap pengaturan IDM. Silahkan ikuti tutorial dan panduan berikut ini :

Masuk ke directory C:\Program Files\Internet Download Manager.  Lalu klik kanan pada file IDM dan pilih Properties.

5. Jalankan Sebagai Administrator

Selanjutnya, pada tab menu berikan ceklist pada opsi Run this program as administrator dan klik OK.

Selamat! sekarang antara IDM dan Mozilla Firefox sudah tersambung dan akan otomatis muncul ketika kamu sedang mengunduh file.

Cara Memasang IDM di Aplikasi Mozilla Firefox

Untuk langkah kedua jika langkah pertama belum berhasil, maka kamu bisa ikuti langkah di bawah ini :

  1. Langkah buka aplikasi Internet Download Manager (IDM) terlebih dahulu.
  2. Kemudian klik tombol options.
  3. Lalu tekan centang Mozilla Firefox pada tampilan yang tersedia.
  4. Setelah itu, klik OK dan keluarkan idm.
  5. Lalu buka lagi untuk download dan coba download dengan IDM di aplikasi Mozilla Firefox. 

Demikianlah ulasan kali ini mengenai cara untuk mengaktifkan dan memasang IDM di aplikasi Mozilla Firefox, semoga bermanfaat untuk kamu semua. Selamat mencoba!

BACA JUGA:  Aplikasi Cetak Foto Gratis di Laptop