Cara Mengatasi Laptop yang Tidak Bisa Nyala atau Mati

Cara Mengatasi Laptop yang Tidak Bisa Nyala atau Mati – Laptop yang tidak bisa nyala atau mati memang jarang ditemui, namun ketika masalah ini terjadi maka akan sangat merepotkan bagi kita semua. Beberapa cara akan kita lakukan agar laptop hidup kembali, dari cara susah sampai mudah maupun yang ada biayanya atau tidak.

Lalu apa sih penyebab dari laptop yang tidka bisa menyala? Biasanya hal ini terjadi karena ada hubungannya dengan komponen yang ada pada bagian dalam laptop. Misalnya yang paling umum adalah power, charger, baterai, processor, motherboard, atau bahkan VGA. 

Cara Mengatasi Laptop yang Tidak Bisa Nyala atau Mati?

Jika masalah-masalah itu sudah terjadi, lantas bagaimana langkah kita selanjutnya? Ada baiknya sebelum ke tempat service, silakan Anda ikuti terlebih dahulu langkah-langkah di bawah ini.

Cek Baterai Laptop Terlebih Dahulu Kemudian Pasang Kembali

Langkah pertama, lakukan cara ini untuk mengatasi laptop yang tidak bisa menyala. Anda bisa mengecek terlebih dahulu baterai laptop, caranya cabut dan pasang kembali baterinya. Pastikan apakah laptop akan kembali menyala secara normal atau tidak.

RajaBackLink.com

Pakai Charger dengan atau Tanpa Baterai

Langkah kedua, cobalah untuk memakai laptop dengan keadaan charger yang terhubung. Cara ini bisa Anda gunakan jika baterai Anda benar-benar sudah tidak bisa dipakai lagi. Jadi, ketika baterai laptop sudah rusak maka laptop tetap akan bisa menyala namun tergantung jangka waktu tertentu.

Lakukan Reset Pada Baterai Laptop

Tips berikut kami dapatkan dari situs resmi salah satu produsen laptop besar. Berikut langkah-langkahnya :

  1. Lepaskan baterai dari laptop Anda, kemudian cabut kabel charger dari laptop Anda.
  2. Lalu tekan dan tahan tombol power di laptop Anda selama kurang lebih 30 detik.
  3. Kemudian jika sudah lepaskan.
  4. Setelah itu, pasang kembali baterai laptop dan sambungkan charger laptop seperti sedia kala.
  5. Setelah semuanya sudah terpasang dengan benar, maka coba nyalakan kembali laptop Anda.

Bersihkan Memori atau RAM Laptop

Cara ini bisa Anda gunakan jika laptop serta layarnya masih dalam keadaan menyala, tapi tidak ada gambar apa-apa. Salah satu penyebab dari masalah ini adalah memori RAM yang bermasalah atau rusak. Cara yang bisa dilakukan untuk dapat memperbaikinya adalah dengan melakukan pembokaran laptop dan kemudian membersihkan RAM tersebut.

Berikut caranya :

  1. Langkah pertama, bersihkan terlebih dahulu debu yang menempel dengan tisu bersih.
  2. Kemudian bersihkan bagian yang berwarna kuning pada RAM dengan penghapus sampai benar-benar bersih.
  3. Lalu jika sudah, pasang kembali RAM pada laptop.

 

Datang ke Tempat Tukang Service Laptop

Jika beberapa cara di atas tidak berhasil, maka kerusakan yang terdapat pada bagian dalam komponen Anda sudah lumayan parah. Jadi Anda akan diharuskan untuk membawanya ke service center laptop Anda atau kepada teknisi komputer.

Jika Anda ingin bertanya mengenai apa saja kerusakan yang biasanya terjadi pada komponen laptop, maka jawabannya tidak pasti. Mengapa? Sebab saat masih perbaikan, teknisi juga sekaligus akan menganalisi serta mengganti komponen bagian dalam pada laptop yang terjadi kerusakan tersebut. Harga perbaikan biasanya akan tergantung jenis kerusakan dan tempat Anda memperbaiki laptop. Jadi tidak pasti dan berbeda-beda. 

Itulah di atas adalah beberapa cara yang kami rekomendasikan untuk Anda agar bisa mengatasi laptop yang tidak nyala atau mati, jika Anda memang sudah kesusahan dalam menanganinya, maka lebih baik datang ke tukang service saja. Demikianlah mengenai ulasan kali ini, semoga bermanfaat.