Cara Mengatasi Sinyal Internet Tidak Muncul di Android

Kenapa data seluler tidak muncul? – Dalam kehidupan sehari-hari, kini adanya smartphone sangat penting sebagai alat komunikasi dan penunjang kemudahan segala aktivias. Tanpa adanya smartphone dalam satu hari saja rasanya dunia terasa sangat hampa, terlebih apabila kita tidak ada paket data seluler. Selain itu meskipun kita mempunyai paket data atau internet yang aktif, tetapi kadang sinyal internetnya tidak muncul atau hilang. 

Tentunya hal itu sangat mengganggu aktivitas kita untuk menggunakan smartphone sebagaimana fungsinya. Lalu, bagaimana cara mengatasi data seluler tidak muncul padahal sudah diaktifkan?

Berikut penjelasannya:

Penyebab Tidak Munculnya Data Seluler di Android

Sebenarnya terdapat macam-macam faktor mengapa data seluler tidak muncul, antara lain:

  1. Sinyal internet belum terjangkau
  2. Kartu yang digunakan masih terbilang baru
  3. ROM yang Anda gunakan terdapat bug

Ketika Anda mengalami masalah di atas, Anda tidak perlu khawatir dan panik jika terjadi kerusakan. Anda hanya perlu melakukan pengaturan supaya data seluler muncul lagi dan bisa digunakan.

Cara Mengatasi Sinyal Data Seluler Tidak Muncul

Aktifkan Data Seluler

Meski ini terbilang sepele, tetapi hal ini sangatlah penting. Pertama yaitu Anda coba aktifkan data selulernya. Kadang ada yang lupa bahwa data selulernya belum diaktifkan. Maka supaya sinyal internet muncul ya Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Biasanya itu terjadi pada orang-orang yang baru saja membeli smartphone baru atau memang belum tahu cara menggunakannya. 

Restart Smartphone Anda

Silakan restart Hp Anda setelah mendaftarkan kartu internet baru dan proses pendaftaran telah selesai. Hal tersebut perlu Anda lakukan untuk memastikan kartu internet Anda telah siap digunakan. Kadang, provider juga perlu penyegaran Android untuk update fungsi dari kartu tersebut.

BACA JUGA:  Cara Flash HP Oppo Joy R1001

Smartphone Anda juga perlu waktu istirahat yaitu dengan cara mematikan ataupun merestartnya, supaya bisa kembali normal. 

Aktifkan Mode Airplane

Kita bisa memanfaatkan adanya mode pesawat atau mode airplane. Mode tersebut berfungsi untuk menonaktifkan semua aktivitas di smartphone android yang berhubungan dengan internet. Kita gunakan itu untuk merefresh koneksi internet, supaya semua yang berhubungan dengan internet akan kembali fresh. Cara ini bisa mengatasi sinyal internet yang hilang. Sama seperti restart namun bedanya mode pesawat ini hanya akan melakukan refresh pada sebagian fitur contohnya yaitu sinyal.  

Ganti APN

Selanjutnya yaitu cobalah untuk melakukan cara ini, jika langkah-langkah sebelumnya belum juga berhasil. Cara berikut yaitu dengan mengubah setting APN menggunakan APN yang lain. Perlu diketahui, setiap provider memiliki APN yang berbeda-beda. Secara pengaturan awal, provider yang Anda gunakan menyesuaikan dengan APN pada Android Anda. Akan tetapi, terkadang APN tersebut memiliki ketidaksesuaian atau sedang mengalami gangguan. 

Maka dari itu, lebih baik gunakan APN lain yang lebih cepat dan stabil. Silakan simak cara di bawah ini untuk mengubah APN Android:

  1. Pertama, silakan masuk ke Pengaturan /Setelan.
  2. Jika sudah, klik Koneksi lalu pilih Jaringan seluler.
  3. Selanjutnya, pilih Nama Poin Akses lalu klik Tambah untuk membuat APN baru.
  4. Pada bagian nama dan APN, silakan isi dengan internet. Untuk yang lain biarkan saja, setelah itu Simpan. Setelah disimpan, klik APN tersebut untuk menggunakannya.
  5. Selesai.

Setelah APN diganti, maka sinyal internet Android Anda akan muncul kembali. Cara ini adalah cara pamungkas yang memiliki kemungkinan keberhasilan paling besar.

Demikianlah beberapa cara mengatasi sinyal Android hilang atau tidak muncul padahal sudah diaktifkan. Selamat mencoba dan semoga permasalahan data seluler tidak muncul dapat teratasi dengan cepat, agar Anda bisa menggunakan dalam pekerjaan atau aktivitas lainnya. Semoga bermanfaat!