Cara Mengetahui Tipe Laptop di Windows 7 8 10 Semua Merek

Cara melihat tipe laptop di Windows 7 8 10 dengan mudah pada berbagai merk: ASUS, Acer, Lenovo, Dell, dll. Bagi sebagian orang, laptop sudah menjadi kebutuhan pribadi dan digunakan untuk berbagai keperluan sehari-hari. Tentunya tidak semua laptop memiliki kinerja yang sama karena kemampuan laptop sudah tentu berbeda-beda sesuai kondisinya masing-masing. Ada jenis laptop yang mampu untuk melakukan pekerjaan berat, ada juga yang hanya dikhususkan untuk hal-hal ringan saja.

Maka dari itu, Anda harus mengingat tipe laptop yang digunakan sehingga dapat memanfaatkan fungsi laptop sesuai dengan batas kemampuannya. Laptop akan mudah rusak jika Anda menggunakan diluar batas kemampuan tipe laptop yang tidak sesuai. 

Bagi Anda yang tidak ingat tipe laptop yang Anda miliki, artikel ini akan membahas beberapa cara melihat tipe laptop di Windows dengan mudah dan akurat. 

3 Cara Melihat Tipe Laptop dengan Mudah dan Akurat

Terdapat beberapa cara ampuh untuk mengetahui tipe laptop untuk semua merek laptop. Misalnya ASUS, Acer, Lenovo, Dell, dan lain-lain. Kita dapat memulai dengan cara yang paling umum digunakan ke cara yang jarang digunakan.

1. Melalui DXDIAG di Windows

DxDiag merupakan salah satu komponen yang sangat penting. Apa itu DXDIAG? DxDiag (Alat Diagnostik DirectX) adalah alat sistem untuk melihat informasi tentang spesifikasi laptop atau komputer secara terperinci dengan menampilkan prosessor atau sering disebut otak dari laptop atau komputer. 

 

Anda dapat melihat jenis prosessor, kecepatan prosessor, jenis VGA yang digunakan, kapasitas RAM (Random Access Memory) dan spesifikasi lainnya. Berikut ini merupakan cara melihat tipe laptop menggunakan DxDiag.

BACA JUGA:  Cara Flash HP Oppo Joy R1001

 

Cara melihat tipe laptop via DxDiag:

  1. Klik Start > Run > ketik DXDIAG.
  2. Atau dengan menekan tombol Windows + R dan ketikkan DXDIAG.
  3. Pilih System Manufacture dan System Model. Anda dapat melihat tipe dan merek laptop atau notebook yang Anda gunakan di bagian ini.

2. Melalui System Information

Cara ini memiliki informasi yang lebih spesifik dan terperinci dibandingkan dengan menggunakan DxDiag. Anda akan mendapatkan berbagai informasi seperti tipe laptop, spek, hingga tipe komponen yang digunakan di laptop. 

Caranya sangat mudah:

  1. Klik Start > ketik System Information.
  2. Anda dapat melihatnya di bagian System Model.

3. Melalui BIOS

BIOS (Basic Input Output System) merupakan program dasar yang terdapat pada sistem laptop, fungsinya yaitu sebagai pengatur proses input dan output data. Sebelum laptop dirilis, BIOS telah lebih dulu dibuat oleh produsen laptop. 

 

 

 

Cara mengetahui tipe laptop melalui BIOS:

1. Nyalakan laptop

2. Saat tampilan BIOS muncul tekan tombol F1/ F2/ F8/ F11/ F12/ Del/ Esc.

Perlu diketahui, tombol untuk masuk BIOS berbeda-beda, tergantung merk laptop yang digunakan. Anda dapat melihat pada tampilan BIOS, tombol mana yang digunakan untuk masuk ke BIOS.

Jika sudah masuk ke BIOS, cari bagian System Information atau sejenisnya. Disitu Anda dapat mengetahui tipe atau model laptop Anda.

 

Rekomendasi Cara yang Paling Mudah untuk Digunakan

Cara diatas cukup terbukti akurat untuk melihat tipe laptop, baik pada Windows 7, Windows 8, maupun Windows 10. Tetapi untuk lebih baiknya, pahami juga alasan-alasan di bawah ini:

  • Melakukan pengecekan melalui DXDIAG atau System Information lebih direkomendasikan, karena cara ini terbilang mudah untuk dilakukan. System Information memiliki informasi yang lebih detail dibandingkan dengan DXDIAG, namun informasi dari keduanya terbilang cukup lengkap.
  • Melihat model laptop melalui BIOS kurang cocok digunakan untuk orang yang masih awam. Jika Anda baru pertama kali membuka BIOS, khawatir terdapat beberapa pengaturan yang tidak sengaja terubah.
BACA JUGA:  Cara Reset HP Xiaomi Dengan Mudah

Tentukan cara melihat tipe laptop yang menurut Anda mudah untuk digunakan. Cara diatas benar-benar akurat untuk dilakukan, jadi tinggal sesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda dalam melakukan pengecekan.