Cara Ubah JPG ke PDF

Bagaimana Cara Ubah JPG ke PDF dengan Microsoft Word? – Kebutuhan untuk mengubah file JPG ke PDF kini semakin meningkat. Terutama di dunia pendidikan, kerja, dan bisnis. Untungnya cara mengubah JPG ke PDF juga semakin mudah dan beragam.

Cara mengubah JPG ke PDF  bisa dilakukan di HP dan laptop. Bisa dilakukan secara online dan offline. Menggunakan aplikasi ataupun tanpa aplikasi. Jadi, pemula tak perlu lagi khawatir dan gelisah, ya.

Mengetahui cara mengubah JPG ke PDF akan memudahkan pengiriman berkas. Entah itu berkas dalam jumlah banyak ataupun berkas dalam jumlah sedikit. Bahkan kualitas berkasnya pun bisa ikut terjaga dengan baik karena penyimpanan PDF ini.

Konversi gambar digital dalam format JPG ke format PDF terutama dilakukan dalam hal transfer file.

Jadi bagaimana cara mengubah JPG ke PDF lebih konsisten, dan juga file PDF menjadi lebih mudah dibaca dengan berbagai aplikasi dan lebih aman dari segi bentuk dan kualitas.

Namun, bagi sebagian orang, cara mengonversi JPG ke PDF sendiri masih menjadi misteri. Oleh karena itu, kami memperkenalkan beberapa metode di sini. Dari menggunakan program asli hingga menggunakan situs web online.

Berikut adalah cara mudah untuk mengonversi JPG ke PDF.

1. Cara Ubah JPG ke PDF Dengan Microsoft Word

Tentu saja, selain digunakan untuk mengetik file dokumen, Microsoft Word juga bisa digunakan untuk mengubah JPG ke PDF dengan mudah. Berikut caranya.

  1. Buka Microsoft Word.
  2. Pilih Insert dan masukkan gambar dengan format JPG yang kamu ingin ubah formatnya.
  3. Atur ukuran gambar dan sesuaikan dengan layout halaman.
  4. Klik File, kemudian pilih Export, lanjutkan dengan mengklik Create PDF/XPS Document.
  5. Tentukan lokasi penyimpanan file, dan tulis nama dengan jelas.
  6. Pilih Save as type PDF, dan selesai.
BACA JUGA:  Cara Reset HP Xiaomi Dengan Mudah

2. Cara Ubah JPG ke PDF Memakai Adobe Acrobat

Untuk cara selanjutnya, Anda bisa memanfaatkan aplikasi Adobe Acrobat dan mengikuti langkah berikut.

  • Buka laman https://www.adobe.com/acrobat/online/jgp-to-pdf.html.
  • Klik tombol Pilih File di bagian atas, atau Anda bisa drag file langsung ke jendela yang terbuka tersebut.
  • Setelah menunggu beberapa saat, maka file akan terunggah pada situs tersebut.
  • Anda tinggal mengunduh file yang sudah dikonversi dalam bentuk format PDF.

3. Cara Ubah JPG ke PDF Dengan Aplikasi Photos

Dan cara yang terakhir adalah, Anda juga bisa menggunakan aplikasi Photo. Berikut langkah sederhana nya :

  1. Buka gambar dengan format JPG yang ingin Anda ubah formatnya. Ketika diklik dua kali, gambar tersebut akan terbuka pada Photos, aplikasi bawaan di perangkat Anda.
  2. Klik opsi Print pada bagian kanan atas.
  3. Ubah perangkat printer default menjadi Microsoft Print to PDF.
  4. Klik tombol Print, dan Anda tinggal simpan file tersebut pada lokasi yang diinginkan.

Bukankah itu sederhana?

Tiga metode di atas untuk mengonversi JPG ke PDF tidak memerlukan keahlian khusus, cukup ikuti langkah-langkah yang tercantum di atas dan Anda akan mendapatkan file PDF yang Anda butuhkan. Cepat dan mudah, bukan? Semoga tips di atas bermanfaat untuk Anda..

Tentang

Untuk lebih mengetahui apa itu PDF dan JPG berikut adalah ulasan nya :

Portable Document Format (PDF)

PDF sendiri kependekan dari Portable Document Format. File dengan ekstensi ini dikembangkan oleh Adobe Systems. Perusahaan merupakan pihak yang mengembangkan software olah grafis populer, seperti Photoshop dan Lightroom.

Portable Document Format adalah sebuah format berkas yang dibuat oleh Adobe Systems pada tahun 1993 untuk keperluan pertukaran dokumen digital. Format PDF digunakan untuk merepresentasikan dokumen dua dimensi yang meliputi teks, huruf, citra dan grafik vektor dua dimensi.

BACA JUGA:  Cara Flash HP Oppo Joy R1001

JPG

Ekstensi file asli untuk Joint Photographic Experts Group adalah jpeg. Namun, dulu pada sistem operasi Windows tertentu yakni MS-DOS 8.3 dan FAT-16, ekstensi file yang dibutuhkan adalah tiga huruf berkas. Karena itu. jpeg disingkat menjadi .jpg. Sedangkan dari segi kualitas foto tidak ada bedanya.

Joint Photographic Experts Group merupakan skema kompresi file bitmap. Awalnya, file yang menyimpan hasil foto digital memiliki ukuran yang besar sehingga tidak praktis. Dengan format baru ini, hasil foto yang semula berukuran besar berhasil dikompresi sehingga ukurannya kecil.

Saat ini JPG digunakan sebagai standar gambar di internet karena kelebihannya yaitu dapat dikompres dengan ukuran kecil. Data JPG dapat dikompres mulai dari rasio 2:1 hingga yang tertinggi 100:1 tergantung pengaturan yang anda tetapkan. Ketika koneksi internet dulu masih dalam bentuk dial-up, hanya JPG jenis data yang bisa dilihat dan dikirimkan secara bebas. File JPG sangat bagus jika digunakan untuk gambar yang memiliki banyak warna, contohnya foto berupa pemandangan atau wajah seseorang. Selain itu file JPG juga cocok untuk gambar yang memiliki gradien, contohnya gambar dengan perubahan warna dari merah ke biru secara perlahan.