Contoh Hewan Vivipar, Ciri-Ciri, dan Jenisnya

Artikel ini membahas tentang Contoh Hewan Vivipar, Ciri-Ciri, dan Jenisnya – Hewan Vivipar merupakan jenis hewan yg berkembang biak menggunakan cara melahirkan. Contoh fauna Vivipar sebenarnya sering kali kita jumpai misalnya kucing, anjing, kelinci, tikus & masih banyak lainnya.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai model hewan vivipar, kalian perlu memahami dulu jenis dan cirinya.

Berikut adalah jenis-jenis hewan vivipar.

Berkembang biak secara vivipar terjadi ketika proses perkawinan saat sel sperma jantan bertemu menggunakan sel telur betina. Setelah sel betina dibuahi sang jantan yaitu zigot akan berkembang sebagai embrio. Embrio akan tumbuh pada pada rahim induk betina & lalu dilahirkan. Dalam proses mengandung, induk akan menaruh nutrisi pada embrio melalui plasenta buat menjaga embrio sampai dilahirkan.

Oleh karenanya jenis hewan vivipar yakni adanya masa kehamilan. Selain itu, ciri hewan vivipar lainnya adalah:

  1. mempunyai kelenjar susu
  2. mempunyai daun telinga
  3. tubuh ditutupi bulu
  4. Tetapi ada juga beberapa mamalia yg tidak ditutupi sang bulu misalnya paus, lumba-lumba & beberapa fauna lainnya.

Contoh Hewan Vivipar

Mayoritas hewan vivipar adalah mamalia, tetapi perlu diketahui terdapat juga hewan yg bukan mamalia yg berkembang biak menggunakan cara melahirkan atau vivipar. Berikut ini merupakan model hewan vivipar yg berkembang biak menggunakan cara melahirkan:

1. Mamalia

Semua fauna mamalia berkembang biak menggunakan cara melahirkan. Hewan tadi merupakan kucing, anjing, tikus, domba, kambing, sapi, singa, kuda nil, jerapah, gajah, lumba-lumba, paus, singa laut, & masih banyak lainnya.

2. Marsupialia

Hewan marsupialia adalah hewan mamalia yg mempunyai kantung dalam perut buat menjaga anaknya. Hewan ini misalnya kangguru, koala, walabi, & wombat.

Berbeda menggunakan mamalia lainnya yg tumbuh & berkembang pada pada kandungan induknya, hewan marsupialia ini melahirkan anaknya berukuran yg sangat kecil. Setelah itu, proses pertumbuhan dilakukan pada pada kantung perut induknya. Di dalam kantung perut, anak menerima asupan kelenjar air susu buat pertumbuhan.

Itulah jenis hewan vivipar berdasarkan karakteristik-karakteristik & jenisnya yg perlu anda ketahui. Semoga keterangan ini bisa menambah wawasan anda tentang hewan yg berkembang biak menggunakan cara melahirkan atau vivipar.

Selain vivipar ada juga hewan ovovivipar

Ovipar

Ovipar merupakan reproduksi yang mengakibatkan telur yang dikeluarkan berkembang dan menetas di luar badan sang induk. Beberapa hewan yang berkembang biak dengan cara ovipar adalah burung, ikan, serangga, kodok atau hewan amfibi lainnya.

Ovovivipar

Menurut KBBI, reproduksi yang dihasilkan dengan cara mengembangkan telur di dalam badan induknya, tetapi embrio tidak mendapat makanan dari induknya disebut ovovivipar.

Hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur dan melahirkan disebut dengan ovovivipar. Contoh hewan yang bereproduksi dengan cara ini adalah hiu, reptil, kadal dan cucut pasir.

Tujuan makhluk hidup berkembang biak yaitu untuk memperbanyak keturunan, agar jenisnya tidak habis atau punah. Manusia berkembang biak dengan cara melahirkan anak. Kucing juga berkembang biak dengan cara melahirkan anak. Setelah melahirkan, kucing menyusui anaknya. Sehingga kucing disebut hewan mamalia. Kucing adalah hewan yang banyak dipelihara oleh manusia. Pada dasarnya masa kehamilan kucing itu bervariasi antara 59-70 hari, rata-rata 63-65 hari. Cara mudah mengingat adalah dengan membandingkan dengan manusia. Manusia hamil selama 9 bulan, sedangkan kucing 9 minggu. kucing itu mengalami pertumbuhan dari bayi hingga dewasa. Akan tetapi kucing memiliki siklus reproduksi yang berbeda dengan hewan lain maupun manusia. Misalnya Anjing, hewan ini mengalami siklus reproduksi yang rutin dan spontan, dalam hal pelepasan sel telur dari indung telur. Dalam bahasa kedokteran sering disebut ovulasi. Sedangkan siklus reproduksi kucing tidak berlangsung teratur dalam periode tertentu. Tahap birahi/minta kawin (estrus) pada kucing dipengaruhi oleh berbagai hal. Salah satunya adalah lama matahari bersinar dalam satu hari.

Demikianlah artikel kali ini tentang Contoh Hewan Vivipar: Ciri-Ciri dan Jenisnya. Semoga bermanfaat.