Fungsi dan Ciri-ciri Otot Lurik, Otot Polos, dan Otot Jantung

Otot Lurik Fungsi, Ciri dan Perbedaannya dengan Otot Polos dan Otot Jantung – Otot (Músculo) Otot adalah sebuah jaringan dalam tubuh manusia dan hewan yang berfungsi sebagai alat gerak aktif yang menggerakkan tulang. Otot diklasifikasikan menjadi tiga jenis yaitu otot lurik, otot polos dan otot jantung. Otot menyebabkan pergerakan suatu organisme maupun pergerakan dari organ dalam organisme tersebut.

Mau tahu lebih jauh mengenai fungsi otot dan perbedaan-perbedaan nya pada tubuh manusia? Berikut ulasan selengkapnya

Apa itu Otot lurik?

Otot lurik hampir secara eksklusif melekat pada kerangka dan membentuk sebagian besar jaringan otot tubuh. Serat berinti banyak berada di bawah kendali sistem saraf somatik dan menimbulkan gerakan dengan kekuatan yang diberikan pada kerangka yang mirip dengan tuas dan katrol.  Pada otot lurik terdapat tendon. Otot yang ujung atasnya mempunyai dua tendon disebut otot bisep. Otot yang ujung atasnya mempunyai tiga tendon disebut otot trisep.

Fungsi Otot Lurik

Otot lurik adalah jaringan yang bekerja dengan sangat terorganisir sehingga dapat mengubah energi kimia menjadi menjadi gerakan. Fungsi utama otot lurik adalah memicu kontraksi yang menunjang sistem pernapasan, pergerakan, postur (pada otot rangka) dan memompa darah ke seluruh tubuh (pada otot jantung). Mayoritas pergerakan yang tubuh Anda lakukan merupakan hasil dari kontraksi otot rangka. Gerakan yang dimaksud adalah ketika Anda menggerakkan mata, kepala, jari, lengan, hingga melakukan aktivitas, seperti berjalan, berlari, dan berbicara.

Ciri-ciri otot lurik:

  1. Berbentuk silindris, memanjang
  2. Terlihat adanya garis-garis melintang yang tersusun dari daerah gelap dan terang secara selang-seling
  3. Memiliki banyak inti sel
  4. Bekerja di bawah kesadaran, artinya otot lurik akan bekerja jika diperintah oleh otak. Oleh karena itu otot lurik disebut otot sadar.
  5. Otot lurik terletak di paha, betis, dan dada.

Perbedaan Otot Lurik, Otot Polos dan Otot Jantung 

Setelah mengetahui ciri-ciri dan fungsi otot lurik, kini Anda akan memahami apa itu otot polos dan otot jantung. Dengan begitu, anda akan paham perbedaan 3 jenis otot tersebut.

Apa itu Otot Polos?

Otot polos merupakan otot yang bekerja tanpa kita sadari atau kehendaki. Otot polos bekerja atas perintah otot dan kebutuhan tubuh. Otot ini tersebar di seluruh tubuh, mulai dari saluran pernapasan, rahim, kandung kemih, hingga saluran pencernaan

Otot polos berada pada dinding organ internal manusia seperti pembuluh darah, rahim, atau saluran pencernaan.

Ciri-ciri otot polos:

  1. Berbentuk gelondong, kedua ujungnya meruncing dan bagian tengan menggelembung
  2. Memiliki satu inti sel
  3. Tidak memiliki garis melintang
  4. Bekerja di luar kesadaran, artinya tidak bekerja di bawah perintah otak. Oleh karena itu otot polos disebut sebagai otot tak sadar
  5. Otot polos terletak di usus, saluran peredaran dara, saluran kemih dan beberapa lokasi lain.

Penjelasan Tentang Otot Jantung

Otot jantung sendiri merupakan gabungan dari otot lurik dan otot polos yang berbentuk silindris dan memiliki garis terang serta gelap. Jika dilihat secara saksama menggunakan mikroskop, otot ini memiliki banyak inti sel yang berada di tengahnya. Otot dalam jantung bertugas untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Berbeda dengan otot polos yang dapat ditemukan di beberapa lokasi di dalam tubuh, otot jantung hanya terdapat pada dinding jantung dan dikontrol oleh sistem saraf otomatis.

Sel otot jantung memiliki garis-garis terang dan gelap yang disebut lurik. Susunan serat protein di dalam sel menyebabkan pita terang dan gelap ini. Sel otot jantung berbentuk silindris memanjang, dengan satu inti sel di tengah.

Kontraksi dari otot jantung umumnya dikendalikan oleh alam bawah sadar, tapi cukup kuat, dan memiliki irama. Saat otot jantung berkontraksi, darah akan dipompa keluar, sementara saat otot jantung relaksasi, darah akan kembali masuk ke jantung setelah bersirkulasi ke seluruh tubuh.

Ciri-ciri otot jantung:

  1. Sel otot jantung berbentuk serabut lurik yang bercabang-cabang.
  2. Sel mempunyai satu atau banyak inti sel dan terletak di tengah serabut
  3. Otot bekerja di luar kesadaran alias tidak diperintah otak, tapi dipengaruhi oleh persediaan oksigen yang cukup. (OL-1)

Seperti itulah perbedaan 3 jenis otot, yaitu otot lurik, otot polos dan otot jantung. Semoga bermanfaat.