Jenis Metode Penelitian, Selain Kualitatif dan Kuantitatif

Jenis Metode Penelitian, Selain Kualitatif dan Kuantitatif – Dalam melakukan penelitian kita perlu mengikuti aturan atau kaidah yang berlaku, agar hasil penelitian yang diperoleh dapat dikatakan valid.  Metode penelitian pada dasarnya merupakan cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Maksud dari cara ilmiah adalah bahwa kegiatan penelitian bersandar pada ciri-ciri keilmuan, yakni rasional, sistematis dan empiris.

Rasional berarti kegiatan penelitian yang dilakukan masuk akal, sehingga dapat dijangkau dengan oleh penalaran manusia. Empiris, berarti cara atau langkah yang dilakukan dapat diamati oleh indera manusia, sehingga orang lain dapat mengamati dan mengetahui cara atau langkah yang digunakan. Seistematis, berarti proses yang digunakan dalam penelitian menggunakan langkah-langkah tertentu yang bersifat logis.

Data penelitian yang dihasilkan haruslah memiliki kriteria tertentu, yaitu valid, reliable, obyektif. Dikatakan valid, yaitu menunjukkan derajat ketepatan/kesesuaian antara data yang sesungguhnya terjadi pada obyek yang diteliti dengan data yang diperoleh oleh peneliti. Untuk memperoleh data yang langsung valid dalam sebuah penelitian sering sulit dilakukan, maka dari itu data yang sudah terkumpul sebelum diketahui validitasnya, dilakukan pengujian realibilitas dan obyektivitas. Data yang reliabel dan obyektif, biasanya akan valid. Sebaliknya data yang valid pasti reliabel dan obyektif.

Metode Penelitian

Metode penelitian. Sebelum mengenal jenis-jenis metode penelitian, kamu harus tau dulu apa itu definisi metode penelitian. Dalam Bahasa Inggris, penelitian berarti “research” yang dapat diartikan sebagai “mencari kembali” secara harfiah.

Sementara itu, metode dalam dunia riset berarti sebuah cara yang telah dipilih oleh sang peneliti secara khusus atau spesifik yang digunakan untuk menyelesaikan permasalah yang diajukan dalam sebuah riset.

Ada banyak pengertian dari metode penelitian yang dikemukakan oleh para ahli. Menurut Prof. Dr. Sugiono, metode penelitian adalah langkah ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu.

Menurut Muhiddin Sirat, metode riset adalah cara yang digunakan untuk menentukan beberapa topik serta penentuan judul dalam sebuah penelitian. Sementara itu, menurut Prof M.E Winarno, metodologi penelitian merupakan kegiatan secara ilmiah dilakukan dengan menggunakan teknik yang sistematis dan detail.

Untuk mencapai tujuan penelitian yang tepat, kamu harus mengetahui apa saja metode penelitian yang dapat kita pilih terlebih dahulu. Berikut adalah jenis-jenis metode penelitian yang perlu kamu ketahui.

1. Pengertian Metode Penelitian Kualitatif

Metode penelitian kualitatif ini merupakan metode penelitian untuk meneliti pada observasi dan pengamatan sebuah objek. Metode ini sering dipakai dalam penelitian ilmu sosial dengan bentuk analisis dan kesimpulan yang bergantung pada ketajaman analisis penelitian. Teknik pengumumpulan information dilakukan dengan cara gabungan dengan menekankan makna pada generalisasi.

2. Pengertian Metode Penelitian Kuantitatif

Metode penelitian kuantitatif merupakan metode penelitian yang dipakai oleh peneliti dengan menggunakan alat ukur (instrumen) penelitian dengan analisa bersifat statistik. Oleh karena itu, penelitian kuantitatfi dinilai menjadi lebih objektif daripada penelitian kualitatif.

3. Pengertian Metode Penelitian Survey

Selain eksperimen, kalo kamu mau melakukan penelitian kuantitatif juga bisa kok pake cara survei. Metode ini bisa kamu gunakan buat dapetin data, baik di masa lalu maupun saat ini. Data yang kamu ambil bisa digunakan untuk mengetahui berbagai macam hal, misalnya seperti perilaku, pendapat, keyakinan, karakteristik, maupun hubungan antar variabel.

Berbeda sama yang sebelumnya, metode penelitian survei nggak mengharuskan kamu buat pergi ke laboratorium. Kamu bisa melakukan metode penelitian ini pake dua cara, yaitu melalui wawancara dan kuesioner.

Anda pasti udah nggak asing lagi sama kuesioner. Kuesioner merupakan sejumlah pertanyaan yang diberikan pada setiap individu untuk mendapatkan data. Sementara itu, wawancara melibatkan dua orang yang bercakap-cakap, dimana satu bertanya dan satu lagi menjawab untuk mendapatkan data. Seiring dengan berjalannya waktu, wawancara nggak harus dilakukan face to face, tapi bisa juga lewat cara virtual dengan memanfaatkan teknologi.

4. Pengertian Metode Penelitian Deskriptif

Pengertian Metode penelitian deskriptif adalah prosedur penelitian atau pemecahan masalah yang diselidiki dengan gambaran subjek atau objek yang digunakan berupa orang, lembaga, masyarakat dan yang lainnya.

5. Pengertian Metode Penelitian Eksperimental

Metode penelitian eksperimental merupakan metode penelitian yang bertujuan untuk melakukan sebuah percobaan untuk mengetahui hubungan sebab-akibat yang tercipta dalam sebuah variabel dan dibandingkan dengan variabel lain.

Demikian penjelasan singkat tentang jenis metode penelitian yang perlu kamu ketahui sebelum memulai sebuah penelitian.