Letak Astronomis Benua Eropa dan Karakteristiknya

Penjelasan tentang Letak Astronomis Benua Eropa dan Karakteristiknya – Bumi terbagi sebagai 7 benua, antara lain merupakan Benua Eropa, Austalia, Amerika Utara, Asia, Afrika, Amerika Selatan & Benua Antartika. Tetapi dalam kesempatan ini Suara.com akan spesifik mengulas mengenai letak astronomis benua Eropa & karakteristiknya.

Sebelum lebih jauh membahas mengenai letak astronomis benua eropa terlebih dahulu kita akan mengupas apa sebenarnya yg dimaksud menggunakan benua itu sendiri.

Dalam bahasa Inggris, benua diklaim menjadi continent, atau yg jua bisa diartikan menjadi galat satu menurut tujuh daratan akbar yg terdapat pada atas bagian atas bumi, yg terdiri menurut beberapa negara & sebagian akbar dilingkupi sang lautan (Cambridge Dictionary).

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), benua bisa diartikan menjadi bagian bumi berupa tanah atau daratan yg sangat luas sebagai akibatnya bagian tengahnya tidak menerima imbas pribadi menurut angin laut.

Letak Astronomis

Benua Eropa Mengutip dalam laman Rumah Kemendikbud, Benua Eropa adalah benua yg mempunyai total luas 10.600.000 km2, benua ini terletak pada semenanjung bagian Barat Benua Asia yg dibatasi oleh rangkaian Pegungungan Ural.

Benua Eropa secara astronomis terletak antara 35°LU – 71°06’LU & 9°27’BB -66°20’BT. Benua ini terbagi sebagai lima semenanjung yg terbagi lagi sebagai semenanjung besar & semenanjung kecil. Skandanavia & daratan primer Eropa sebagai semenanjung besar yg dibuhungkan sang Laut Baltik.

Sedangkan semenanjung kecil terdiri menurut Iberia, Italia & Balkan yg berada dalam bagian selatan & menghadap Laut Mediterania atau laut pembatas antar wilayab Benua Eropa & Benua Afrika.

Pada bagian utara Benua Eropa dibatasi sang Samudra Aktik, bagaian selatan berbatasan menggunakan Lau Tengah, Samudra Atlantik dalam bagian barat & Benua Asia aada bagian Timur.

Karakteristik Benua Eropa

Faktanya setiap benua yg terdapat pada bagian atas bumi mempunyai karakteristiknya masing-masing, mengutip pada kitab Ilmu Pengetahuan Sosial Benua Eropa terbagi pada 4 tempat dimana pembagian setiap daerah dilakukan dari faktor geografis yg meliputi faktor fisik & budaya.

Keempat daerah benua Eropa tadi merupakan tempat Eropa Barat, Eropa Timur, Eropa Selatan, & Eropa Utara.

Berikut merupakan beberapa ciri Benua Eropa:

Iklim

Karakteristik yg pertama bisa dicermati menurut iklim yg masih ada dalam Benua Eropa, karakteristik iklim Benua Eropa merupakan menjadi berikut:

Bagian selatan Eropa mempunyai iklim yg cenderung hangat, hal ini dikarenakan Benua Eropa dalam daerah ini ditentukan sang iklim Laut Mediterania & angin menurut daerah gurun. Bagian utara mempunyai iklim dingin Bagian tengah mempunyai iklim yg cenderung kering Bagian pantai barat mempunyai arus yg hangat Bentang Alam.

1. Dataran Rendah

Dataran Rendah Benua Eropa membentang menurut barat ke timur & dilingkupi oleh Pegunungan Ural, Danau Laut Kaspia, Pegunungan Kaukasus, Laut Hitam, Pegunungan Alpen, & tempat Skandinavia Timur.

2. Pegunungan Lipatan

Jalur pegunungan pada Benua Eropa terdiri menurut Pegunungan Sirkum Mediterania, yaitu Pegunungan Alpen, Pegunungan Ural, Pegunungan Kaukasus

3. Dataran Tinggi

Dataran Tinggi Benua Eropa terbagi sebagai empat semenanjung, yakni Semenanjung Skandinavia dibagian utara Eropa, Semenanjung Siberia (Spanyol & Portugal), Semennanjung Italia (Appenina), & Semenanjung Balkan (Yunani).

Demikian merupakan ulasan mengenai letak astronomis benua Eropa bersama karakteristiknya, semoga bisa menaruh wawasan pengetahuan baru buat anda sekalian.

Keragaman Hayati

Binatang, dan tumbuhan Eropa sangat dipengaruhi oleh keberadaan, dan kegiatan manusia, karena mereka telah hidup berdampingan dengan masyarakat bercocok tanam selama ribuan tahun. Kecuali di Skandinavia, dan Rusia (dan hutan-hutan lindung), daerah yang belum terjamah manusia jarang dijumpai di Eropa.

Delapan puluh sampai sembilan puluh persen Eropa dulunya adalah hutan. Hutan-hutan ini menyebar dari Laut Mediterania sampai Samudra Arctic. Meskipun begitu hampir separuh hutan awalnya telah menghilang setelah kolonisasi selama berabad-abad. Sekarang ini Eropa masih memiliki seperempat dari seluruh hutan dunia—hutan spruce Skandinavia, hutan pine yang luas di Russia, hutan hujan chestnut kaukasus, dan hutan Oak Cork di Mediterania. Sekarang ini penebangan hutan telah dihentikan, dan banyak pohon-pohon ditanam. Negara dengan hutan terkecil adalah Irlandia (8%) sedangkan negara dengan hutan terluas adalah Finlandia (72%).

Demikianlah artikel tentang benua Eropa. Semoga bermanfaat.