Perbedaan Pembelahan Mitosis dan Meiosis

Apa Perbedaan Pembelahan sel secara Mitosis dan Meiosis? Mitosis dan Meiosis keduanya merupakan proses penting dalam pembelahan sel. Namun apakah perbedaan dari dua proses tersebut? Mari simak pembahasan nya berikut.

Penemu

Mitosis ditemukan oleh Walther Flemming yang merupakan seorang ahli anatomi, sedangkan meiosis ditemukan oleh Oscar Hertwig yang merupakan ahli biologi, keduanya sama-sama berasal dari Jerman.

Tahapan Pembelahan Sel

Mitosis terdiri dari tahapan profase, metafase, anafase, telofase, dan sitokinesis. Sedangkan meiosis terdiri dari tahapan yang lebih panjang yaitu profase I, metafase I, anafase I, telofase I, profase II, metafase II, anafase II, dan telofase II.

Pembelahan Sel

Pada mitosis sel somatik hanya sekali membelah pada tahap sitokinesis, sedangkan pada meiosis sel kelamin membelah dua kali pada tahap telofase I dan II. 

Kariokinesis

Kariokinesis adalah pembagian materi inti sel yang terjadi saat pembelahan sel. Kariokinesis pada mitosis terjadi saat interfase, sedangkan pada meiosis terjadi saat interfase I.

Sitokinesis

Sitokinesis adalah pembelahan sitoplasma yang terjadi saat pembelahan sel. Pada mitosis sitokinesis terjadi diakhir tahap telofase, sedangkan pada meosis terjadi dua kali yaitu di akhir telofase I dan telofase II.

Pemisahan sel dibedakan jadi 2 ialah mitosis serta meiosis. Apa perbandingan Mitosis serta Meiosis

Sebenarnya, perbandingan pemisahan mitosis serta meiosis cukup mendasar. Kamu akan memahaminya dalam penjelasan yang sudah dirangkum berikut ini.

Pemisahan Mitosis serta Meiosis

Pemisahan mitosis ialah pemisahan yang terjalin pada sel badan makhluk hidup buat mengubah sel terdahulu yang rusak. Sebaliknya pemisahan meiosos ialah pemisahan yang terjalin pada sel kelamin yang menciptakan sel gamet ataupun sel telur serta sel sperma dalamreproduksi.

Pemisahan mitosis terjalin pada sel badan makhluk hidup ataupun sel somatik. Butuh dikenal, sel somatik ini mencakup segala sel dalam badan semacam sel darah, sel otot, sel kulit serta masih banyak yang lain. Pada pemisahan ini dihasilkan sel anak yang mempunyai jumlah kromosom yang sama dengan induknya. Bila sel induk mempunyai kromosom diploid( 2n), hingga pada sel anak pula mempunyai kromosom diplod( 2n).

Pemisahan meiosis terjalin buat membentuk sel gamet yang mempunyai satu kromosom yang berperan buat reproduksi. Pemisahan ini hendak dihasilkan oleh sel anak yang mempunyai jumlah kromosom setengah dari jumlah kromosom sel induk Pemisahan meiosis

menciptakan 4 sel anak dengan jumlah kromosom haploid( n).

Pemisahan mitosis serta meiosis dirasakan oleh seluruh makhluk hidup baik tanaman, hewan ataupun manusia. Pemisahan sel ini menimbulkan pergantian wujud serta fungsi dari tiap sel. Untuk sel yang mempunyai wujud dan fungsi yang sama hendak membentuk jaringan.

Tapi perlu di ketahui juga kalau pemisahan mitosis serta meiosis ini tidak bisa dirasakan oleh organisme semacam kuman ataupun sianobakteri.

Perbandingan Pemisahan Mitosis serta Meiosis

Pemisahan mitosis serta meiosis ialah 2 pemisahan yang mempunyai ciri berbeda satu sama lain. Berikut ini perbandingan antara pemisahan mitosis serta meiosis.

Mitosis

Pemisahan terjalin pada sel somatik/ sel tubuh

Terjalin dalam satu kali pembelahan

Pemisahan bisa terjalin pada organisme muda, tua ataupun dewasa

Gunanya buat menciptakan sel pada dini kehidupan makhluk hidup

Meregenerasi serta mengubah sel yang sudah rusak dengan sel baru

Jumlah kromosom sel anak sama dengan induk serta sifatnya sama dengan induk

Meiosis

Membentuk sel gamet dalam proses reproduksi

Terjalin dalam 2 kali pembelahan

Pemisahan bisa terjalin pada organisme dewasa

Jumlah kromosom sel anak setengah dari jumlah kromosom sel induk

Demikian perbandingan pemisahan mitosis dan meiosis yang terjalin pada sel makhluk hidup baik tanaman, hewan ataupun manusia. Semoga bermanfaat.