Cara Convert MKV ke MP4

Tahukah Kalian tentang format MP4 dan MKV? Ya,  MKV ini dikenal format video yang hemat ukuran penyimpanan namun kualitas tetap bagus. Sedangkan MP4 karenacompatible dengan semua perangkat. Contoh perangkatnya ini ialah laptop, komputer, HP ataupun DVD player yang bisa memutar video format MP4. Dalam pembahasan kali ini ialah belajar tentang 2 format video yang paling populer ini dengan convert format video MKV ke MP4. Memang kenapa sih formatnya harus diubah? Ada banyak sekali alasan, namun kebanyakan alasan agar video itu compatible dan bisa diputar di berbagai perangkat.

1. Cara Convert MKV ke MP4 di PC atau Laptop secara Offline

Nah disini akan saya bahas mengenai cara convert mkv to mp4 nih, ada 2 cara mudah yang bisa kalian pakai. Ada yang  menggunakan aplikasi secara offline, dan yang kedua tanpa aplikasi dengan menggunakan web browser online. Berikut ini panduan cara convert mkv ke mp4.

  1. Pertama, “Unduh dan Install” Aplikasi software (seperti aplikasi Wondershare)
  2. “Buka aplikasi” > Masukan File Video dengan cara “add files” > masukkan file video mkv yang ingin diubah > lalu klik “open“.
  3. Selanjutnya, convert MKV ke MP4 dengan cara klik pojok kanan > pilih “format MP4” > klik “Convert All” yang ada di pojok kanan bawah.
  4. Tunggu beberapa saat karena convert mkv to mp4 sedang dalam proses.
  5. Silahkan tunggu prosesnya selesai,

Jika sudah selesai convert mkv to mp4 kalian bisa cek di folder yang berada di bagian pojok kiri bawah. Video yang sudah di convert dari format mkv sekarang sudah berubah menjadi format MP4. Begitulah cara convert mkv ke mp4 secara offline dengan mengunduh aplikasi tambahan. Selanjutnya membahas cara convert mkv ke mp4 secara online, berikut ini penjelasannya :

2. Cara Convert MKV ke MP4 secara Online

Cara selanjutnya dapat dicoba oleh Kalian untuk yang pengguna HP ataupun Pc, yaitu dengan mengubah format video mkv ke mp4 secara online. Untuk cara yang kedua, kalian tidak perlu repot-repot unduh aplikasi tambahan apapun dan kalian bisa memanfaatkan layanan secara online untuk convert MKV ke MP4 secara Online.

  1. Pertama, “Buka situs web browser”. Contohnya : https://convertio.co/id/mkv-mp4/ atau bisa menggunakan link situs web browser lainnya.
  2. Selanjutnya, Memasukan file Video format MKV, dengan cara cari file > klik Open.
  3. Lalu, Atur format video, yang awalnya format MKV lalu sudah diatur ke MP4.
  4. Kemudian klik “Mengubah” untuk memulai proses convert mkv ke mp4.
  5. Setelah itu, tunggulah beberpa saat karena convert mkv to mp4 sedang dalam proses.
  6. Setelah proses convert sudah selesai, lalu klik “Download File” untuk unduh video yang sudah di convert.

Jika sudah selesai convert mkv to mp4 kalian bisa cek di folder yang berada di bagian pojok kiri bawah. Video yang sudah di convert dari format mkv sekarang sudah berubah menjadi format MP4. Begitulah cara convert mkv ke mp4 secara online.

A. Alternatif Menggunakan Aplikasi Lain

Jadi disini ada beberapa aplikasi lain yang akan saya rekomendasikan untuk digunakan menjadi alternatif jika ingin menggunakan aplikasi lain.

a. Di PC:

  1. Handbrake,
  2. Format Factory.

b. Di HP:

  1. MKV To MP4 Converter,
  2. Video Konverter.

Demikianlah pembahasan mengenai cara convert MKV ke MP4 secara online ataupun offline. Jika ada yang ingin ditanyakan silakan tinggalkan jejak di kolom komentar. Dengan langkah-langkah diatas kalian dapat convert video MKV menjadi MP4. Semoga bermanfaat.