Cara Memperbaiki Printer 5B00 Yang Error

Kebutuhan dengan pemakaian printer, saat ini semakin meningkat.Contohnya untuk pembuatan dokumen, ini merupakan salah satu aktivitas yang paling sering menggunakan printer. Cara penggunaan printer sangat mudah. Setelah perangkat disambungkan dan driver diinstal, maka printer dapat langsung dipakai. Oleh karena itu, akan juga timbul masalah-masalah tertentu, yang mana akhirnya membuat proses pencetakan terhambat, bahkan tidak dapat berjalan sama sekali. Biasanya dapat kita ketahui melalui error code yang muncul seperti 5B00. Kali ini saya akan membahas tentang Cara Memperbaiki Printer 5B00 Yang Error.

A. Penyebab Error 5B00 Pada Printer

Pada dasar teori, pesan error 5B00 dari printer sering terjadi karena waste ink hampir penuh. Hal inilah yang akan mengakibatkan proses print menjadi tertunda. Dalam error ini memberi isyarat bahwa kita harus segera memperbaiki masalah itu. Ciri dari kode 5B00 ialah ketika pesan notifikasi muncul, proses cetak yang seharusnya berjalan akan berhenti. Pada lampu LED di printer juga biasanya akan berkedap-kedip. Error ini bisa terjadi di semua jenis printer tanpa terkecuali. Contohnya, Canon IP2700, Canon IP2770, Canon MG2870, dan lain-lain.

B.  Cara Mengatasi Pesan Error 5B00 Pada Printer

Lalu, bagaimana cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasinya? Berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Tapi terkadang kita harus membersihkan juga printer secara manual. Terutama pada bagian ink pad-nya. Berikut ini pembahasan lengkapnya:

1. Reset Printer

Dengan cara ini, kita dapat mengatur ulang printer, agar pesan error 5B00 tersebut akan hilang. Cara ini lumayan sangat efektif dan bisa membantu mengatasi masalah printer. Langkah-langkahnya seperti ini:

RajaBackLink.com
  1. Pertama, silahkan lepas terlebih dahulu kabel USB printer.
  2. Selanjutnya, lepas juga kabel power printer.
  3. Lalu buka casing printer, kemudian ketuk tombol power.
  4. Selanjutnya, sambil tekan tombol power, lanjut Kalian pasang kabel power printer.
  5. Lalu ketuk tombol power, cek lampu LED. Jika sudah menyala, lepas tombol power.
  6. Nanti lampu LED akan menyalahijau. Jika sudah mati LED-nya, silahkan tekan tombol power 2 kali.
  7. Terakhir, silakan tutup casing printer.

Dimasa sekarang printer sudah dalam posisi default. Di sini Kamu dapat cobain sambungkan kembali printer ke komputer untuk mengeceknya.

2. Menggunakan Resetter

Resetter ialah merupakan tool service yang berfungsi untuk me-reset printer, tetapi dalam mode aplikasi. Dengan tool ini, enak kita tidak perlu lagi melakukan langkah-langkah yang Kami jelaskan sebelumnya. Resetter ini sangat paling efektif juga. Saya merekomendasikan Kamu untuk melakukan reset printer dengan memakai resetter ini. Untuk caranya, silakan Kamu cari terlebih dahulu resetter-nya sesuai dengan tipe printer yang Kamu pakai, dikarenakan biasanya akan beda-beda.

3. Bersihkan Printer Secara Manual

Solusi yang terakhir, Kamu harus membersihkan printernya secara manual, jika memang cara sebelumnya ngerasa belum berhasil. Bagian yang perlu dibersihkannya sendiri yaitu pada pad tinta. Kamu bisa menggunakan kain atau tisu dan yang lainnya, untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang nempel pada pad tinta tersebut. Jika sudah, Kamu bisa memasang kembali komponennya, kemudian lakukan metode reset seperti yang sudah kami jelaskan di poin pertama tadi. Untuk cara membersihkan pad tinta nya tidak akan saya jelaskan detail di sini. Silakan Kalian coba cek video di YouTube saja, sesuai dengan tipe printer yang dipakai.

Demikianlah pembahasan tentang Cara Memperbaiki Printer 5B00 Yang Error. Dari cara diaatas dapat kamu coba satu-satu agar printer dapat normal kembali. Selamat Mencoba dan Semoga bermanfaat.