Cara Mengatasi Browser Terbuka Sendiri di Android

Masalah browser terbuka sendiri terkadang suka dialami oleh sebagian pengguna Android, Biasanya hal ini terjadi saat HP sedang digunakan untuk beraktivitas tertentu, Tiba-tiba browser kita terbuka sendiri, dan langsung menuju ke website tertentu yang tidak kita ketahui asalnya. Disini saya akan membahas tentang masalah tersebut.

A. Penyebab Browser HP Terbuka Sendiri

Buat Kamu yang belum tahu, masalah browser sering terbuka sendiri disebabkan oleh virus adware. Virus Adware ialah virus yang dapat menginstal dirinya sendiri, dan menjalankan dirinya sendiri tanpa sepengetahuan pengguna. Biasanya, virus adware berjalan, akan muncul iklan seperti contoh:

  1. Iklan yang muncul secara tiba-tiba di HP
  2. Iklan yang mengarahkan ke halaman tertentu di browser.

B. Cara Mengatasi Browser yang Tiba-Tiba Terbuka

Virus adware berbentuk aplikasi, untuk mengatasinya sangat mudah. Disini saya akan membahas Cara Mengatasi Browser Terbuka Sendiri dan langsung mengunjungi situs tidak dikenali. Berikut ini pembahasannya:

1. Ketahui Aplikasi Penyebabnya

Karena penyebabnya dari aplikasi, maka kita cari aplikasi pemicu adware tersebut, lalu menghapusnya. Caranya mudah. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

RajaBackLink.com
  1. Pertama, buka “Settings” di HP.
  2. Masuk ke “Apps” atau “Aplikasi”.
  3. Selanjutnya, cari aplikasi yang Kamu curigai sebagai aplikasi penyebab adware ini.

Jika HP Kamu terpasang banyaknya aplikasi, pasti bingung mencari yang kira-kira adware-nya kan? berikut ini ciri-cirinya :

  1. Aplikasi adware, mempunyai nama yang kurang jelas. Bisa random atau mempunyai nama acak. Berbeda dengan aplikasi normal yang namanya terlihat wajar dan dapat dikenali.
  2. Aplikasi adware mempunyai icon acak dan kualitas gambar rendah.
  3. Aplikasi adware, salah satu aplikasi yang Kamu sendiri tidak ingat pernah menginstal. Disebabkan aplikasi ini dapat menginstal sendiri seperti yang dijelaskan.

Catatan:

  1. Jika Kamu sudah menemukan aplikasi yang kira-kira jadi penyebabnya, rekomendasi dari saya silakan hapus aplikasinya.

2. Coba Gunakan Aplikasi Antivirus

Di HP Android sebenarnya ada banyak pilihan aplikasi antivirus. Perusahaan antivirus tentunya menyadari tentang masalah adware. Sehingga, dari mereka sudah menanamkan proteksi HP dari adware melalui antivirus yang mereka kelola.

Catatan:

  1. Saya sarankan untuk memasang antivirus yang banyak direkomendasikan oleh banyak orang, agar terjamin kualitasnya.
  2. Setelah dipasang, lakukan scanning menggunakan antivirus itu, agar mampu mengatasi adware yang terpasang di HP Kamu.

3. Lakukan Factory Reset HP

Jika masih belum bisa juga, mungkin adware yang terinstall di HP Kamu tersembunyi, oleh karena itu sulit untuk dihapus (kecuali saat mode root). Solusi lain yang bisa Kamu gunakan adalah melakukan factory reset HP. Tujuannya, agar data-data adware yang terinstall di HP Kamu bisa terhapus. Cara melakukan factory reset-nya yaitu:

  1. Langkah pertama, silakan buka “Setelan” HP Anda.
  2. Masuk ke “Cadangkan” dan “Setel Ulang”.
  3. Lalu, klik Kembalikan ke Setelan Pabrik.

Catatan:

  1. Jika ada data-data penting di HP Kamu, jangan lupa untuk dicadangkan terlebih dahulu dikarenakan factory reset akan menghapus semua data yang tersimpan di HP Kamu.

Demikan cara yang dapat saya bagikan untuk Cara Mengatasi Browser Terbuka Sendiri di Android dan mengakses situs lain tanpa diketahui. Cara di atas merupakan teknik dasar dan sederhana yang direkomendasikan oleh pengguna Android di luar negeri. Mengapa saya menyebutkan teknik dasar? Karena masih ada kelanjutan caranya (advanced) untuk mengatasi masalah adware ini. Contohnya saja:

  1. Mengedit host HP agar tidak muncul lagi, hingga mencari file adware-nya melalui direktori root.

Mungkin cara lanjutan itu sulit diterapkan untuk pemula. Itu sebabnya saya hanya membagikan cara teknik dasar saja, agar lebih mudah dipahami oleh semua orang. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Kontributor: Diah Trisniyani Setiawan