Cara Mengatasi File Corrupt Saat di Extract

Salah satu permasalahan dalam file Rar yang sangat menghambat pekerjaan kita yaitu File Corrupt. File Corrupt ialah salah satu keadaan dimana saat salah satu file tidak dapat dibuka ataupun diextract, dalam permasalahan hal ini dapat dikatakan file rusak. Penyebab utama dari file Rar corrupt ialah virus dengan kecepatan download yang kurang stabil (lemot). Dapat dibayangkan ketika Kamu sedang mendownload file yang berukuran besar dan saat dibuka justru tidak dapat terbuka, bagaimana dengan perasaan Kamu? Tapi tenang saja dulu, Kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial pembahasan mengenai Cara Memperbaiki File Rar yang Corrupt Agar dapat Dibuka dan diextract.

A. Cara Mengatasi File Rar yang Corrupt

Buat Kalian yang ingin mencoba memperbaiki file Rar yang Corrupt bisa disimak terlebih dahulu. Cara ini memang belum tentu dapat berhasil, saya belum menjamin akan berhasil 100% dikarenakan permasalahan pada file Rar corrupt dapat bermacam-macam kesalahan corrupt. Jadi, bisa atau tidaknya file Rar diperbaiki tergantung dari kerusakan file tersebut.Cara Memperbaiki File Rar yang Corrupt Agar Bisa Dibuka :

1. Menggunakan Keep Broken File

Keep broken file ialah salah satu langkah untuk tetap melakukan ekstrak pada file yang corrupt. Cara ini tidak selalu berhasil digunakan, dikarenakan setiap Rar yang corrupt memiliki permasalahan yang berbeda. Jika ingin mencoba, silahkan ikuti langkah berikut:

  1. Pertama, Klik kanan pada file Rar.
  2. Lalu, Pilih “Extract files”.
  3. Selanjutnya Ceklis opsi “Keep broken file” seperti gambar yang ada di bawah ini.
  4. Setelah itu langsung klik Ok dan tunggulah proses Extract selesai.

2. Melakukan Repair Archive

Repair archive ialah salah satu fitur bawaan dari aplikasi WinRar yang digunakan untuk memperbaiki file arsip RAR. Dengan cara ini cukup banyak direkomendasikan orang-orang untuk digunakan, jadi Kalian bisa coba cara ini. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Pertama, “Buka file Rar” terlebih dahulu dengan cara double click pada file.
  2. Setelah itu masuk ke aplikasi Winrar, lalu Pilih “Tools” > lalu klik “Repair Archive” seperti gambar yang ada di bawah ini.
  3. Lalu, Kalian tunggu untuk proses Repair selesai.
  4. Jika proses Repair sudah selesai, silahkan Kalian coba Extract file tersebut.

3. Menggunakan Recovery Toolbox for Rar

Selain menggunakan aplikasi WinRar, Kamu juga dapat memakai aplikasi lain seperti Recovery Toolbox for RarRecovery Toolbox for Rar ialah Aplikasi untuk  memperbaiki arsip yang rusak atau corrupt. Aplikasi ini sangat populer dalam hal aplikasi perbaikan file. Berikut ini cara menggunakan Recovery Toolbox for Rar:

  1. Pertama, Silahkan Kalian “Unduh dan Install” aplikasinya. Aplikasi  ini sangat mudah di dapat dan gratis.
  2. Setelah sudah di Install, buka aplikasi tersebut.
  3. Lalu, Klik Icon “File” lalu Kalian pilih file Rar yang corrupt.
  4. Setelah itu, aplikasi tersebut akan menganalisis permasalahan yang ada pada file tersebut. Lama atau tidaknya bergantung  pada ukuran file yang corrupt.
  5. Kemudian, jika proses selesai akan muncul tampilan seperti ini. Silahkan Kalian klik “Next” sampai akhir.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Memperbaiki File Rar yang Corrupt Agar Bisa Dibuka. Seperti yang dikatakan sebelumnya, cara ini belum tentu sepenuhnya berhasil untuk memperbaiki file rar yang tidak bisa dibuka, dikarenakan ada kemungkinan permasalahan yang berbeda. Sampai sini saja artikel yang bisa dapat disampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk semuanya, menambah wawasan kita semua, dan selamat mencoba.