Cara Mengecek Kesehatan VGA Normal atau Tidak

Video Graphics Accelerator (VGA) merupakan salah satu komponen yang paling rentan rusak setelah harddisk, Apalagi kerusakan yang didapat kebanyakan sulit diperbaiki (misalnya Artefak). Jika sudah rusak, Artefak ini sampai no display, jadi RMA VGA itu. Karena kesehatan VGA ini perlu diperhatikan Terutama buat Kamu yang ingin beli VGA bekas / Laptop bekas. Apalagi sekarang ini VGA banyak dipake para miner yang dapat dikatakan resiko kerusakannya lebih tinggi.

Bercerita Sedikit

Belum lama ini, saya tidak sengaja menemukan glitch di game. Waktu itu saya bermain game AC Syndicate. Saat waktu saya teleport ke satu menara, tampilan grafis game itu error.

  1. Berubah seperti kilauan cahaya hijau, Warna merah dan warna lainnya, warna ini random.

Saat saya cek di internet, ternyata banyak orang yang mengalami hal itu di game yang berbeda. Ada yang bilang ke saya ini salah satu gejala artefak. pertama agak kaget juga sih. Apalagi waktu itu PC saya sempat tidak sengaja terkena radiasi petir.

A. Cara Mengecek Kesehatan VGA Normal atau Tidak

Nah, dari kejadian itu besar kemungkinan ini bukan gejala artefak, melainkan dari game atau driver itu yang belum kompatibel 100% dengan game-nya. Agar aman, saya Mengecek Kesehatan VGA Normal atau Tidak, dengan menggunakan metode stress test.

RajaBackLink.com

1. Alat yang Dibutuhkan

Alat yang dibutuhkan untuk mengeceknya, Kamu butuh aplikasi stress test. Sebenernya ada dua aplikasi yang paling banyak dipake untuk cek VGA rusak atau normal, yaitu Furmark dan OCCT. Secara keseluruhan fungsinya sama. Disini saya pakai furmark karena relatif banyak yang memakai. Berikut ini caranya:

  1. Pertama, load VGA saat dipakai game biasanya hanya menyentuh angka kurang lebih 91%. Tetapi dengan memakai test aplikasi ini, VGA bakal di load hingga 100%.
  2. Gejala Artefak VGA jika belum parah banget tidak terlihat jika dipakai daily. Tetapi dengan melakukan load 100% seperti ini, otomatis dapat di cek.

Catatan: Silakan cari aplikasi tersebut. Link download bisa Kalian cari di Internet aplikasinya juga gratis dan ukuran aplikasinya kecil.

2. Cara Tes VGA Normal Atau Tidak

Catatan saya tidak akan bertanggung jawab atas kerusakan yang mungkin terjadi selama proses test.

  • Pertama, setelah mengunduh aplikasinya lalu install dan buka aplikasinya.
  • Didalam aplikasi Furmark, silakan atur setting berikut.
Resolution Silakan atur ke resolusi layar yang Anda pakai.
Full Screen Silakan centang untuk test di layar penuh.
Temperatur Rata-rata kondisi iddle VGA di angka suhu 40 sampai 53 derajat.

Ini tergantung dari tipe dan FAN yang pakai. Jika suhu iddle lebih dari 53 derajat, lebih baik tunda dulu tesnya

  • Jika sudah, klik “GPU Stress test”.
  • Lalu akan muncul proses testing.
  • Setelah proses tes selesai, silakan restart komputer supaya fresh kembali.

Perhatikan juga hal-hal ini:

  1. Rekomendasi saya jangan sampai melebihi 78C. Apalagi jika VGA yang digunakan ialah seri low-end yang rata-rata pendinginannya kurang maksimal tempnya.
  2. Kalian perhatikan juga apakah ada gejala artefak pada layar atau tidak. Contoh, warna berubah, muncul garis-garis vertikal / horizontal, muncul random object yang aneh dan yang lainnya.
  3. Lakukan tes selama 5 sampai 6 menit. Jangan terlalu lama, agar VGA tidak rusak.

Demikian pembahasan tentang Cara Mengecek Kesehatan VGA Normal atau Tidak. Untuk yang Aplikasi OCCT saya juga pernah mencoba. Fungsinya sama, cara setting dan pemakaiannya juga sama dengan pemakaian Aplikasi Furmark seperti yang dijelaskan diatas. Semoga bermanfaat dan Selamat Mencoba.