Cara Menggabungkan Beberapa File Microsoft Word

Dalam membuat dokumen, seperti karya tulis ilmiah, skripsi dan lainnya yang pastinya semua bab akan digabungkan menjadi satu file. Tujuannya agar mempermudah untuk memeriksa file Kamu sekaligus. Sehingga dapat juga meminimalisir adanya file yang tertinggal ketika berkasnya ingin di upload. Buat Kalian yang belum tahu Cara Menggabungkan Beberapa File Microsoft Word, dapat mengikuti tutorial dibawah ini.

A. Cara Menggabungkan Beberapa File Word Jadi Satu

Cara menggabungkan beberapa file Word menjadi satu itu sangatlah mudah. Saya akan membahas dengan dua caranya, yaitu dengan offline dan online :

1. Secara Offline Melalui Microsoft Word

Jika Kalian ingin menggunakan cara ini, maka Kalian hanya perlu menggunakan tool Object saja, dan cari file yang akan ingin digabung. Berikut ini langkah-langkah menggunakan Microsoft Word:

  1. Pertama, Kalian membuka “file utama di Microsoft Word”. seperti contoh ini yang akan dijadikan file utamanya bab 1, lalu untuk bab 2 dan bab 3 akan disisipkan didalamnya.
  2. Lalu pilih “tab Insert” > pada “group Text” klik “Object” >  pilih “Text from File”.
  3. Selanjutnya cari file yang ingin disisipkan dalam file utama, jika sudah langsung klik “Insert” untuk dapat disisipkan.

Langkah yang lainnya :

  1. Untuk menyisipkan beberapa file sekaligus, Kamu dapat tekan tombol “Shift” pada keyboard > dan pilih dokumen yang mempunyai letak bterurut.
  2. Jika file tidak terurut, Kamu dapat tekan “Ctrl” pada keyboard > dan pilih beberapa dokumen yang ingin digabungkan.
  3. Semua dokumen sudah berhasil digabungkan pada file utamanya, hasilnya bisa Kalian lihat pada gambar berikut ini.

Sekarang Kamu sudah menggabungkan beberapa file didalam satu dokumen di Microsoft Word. Akan tetapi ada yang perlu Kaliam ketahui nih, biasanya dari proses penggabungan ini terdapat format yang rapih. Hanya dari file yang disisipkan saja. Perubahan format dari dokumen yang disisipkan itu biasanya akan mengikuti file utamanya. Jadi Kalian hanya perlu sedikit untuk mengubah formatnya lagi. 

RajaBackLink.com

2. Secara Online Melalui Browser

Selanjutnya melalui situs web browser secara online. Jika Microsoft Word Kamu sedang bermasalah atau error, cara ini dapat menjadi solusinya. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Pertama, Kamu buka situs web “DocSoSo.com” untuk menggabungkan beberapa file Microsoft Word menjadi satu dokumen.
  2. Menghasilkan tampilanmuka halaman dari DocSoSo akan muncul seperti gambar dibawah ini.
  3. Selanjutnya klik “Word Convert” > lalu klik “Merge Word”.
  4. Selanjutnya klik menu “Select Files You can Select Multiple files at once”.
  5. Lalu Kalian “cari dan pilih beberapa file” yang ingin digabungkan, jika suda klik “Open”.
  6. Setelah semua file berhasil di upload, klik menu “Merge Word” untuk mulai proses penggabungannya.
  7. Jika proses sudah selesai, “simpan File”. Kalian dapat langsung melihat file yang sudah digabungkan dengan klik “Open File”.
  8. Lalu buka file yang sudah Kalian simpan, maka hasilnya akan seperti gambar berikut ini.

Dengan Catatan:

  1. Untuk proses upload direkomendasikan secara manual (tidak langsung drag and drop).

 

Sekarang Kalian sudah berhasil menggabungkan beberapa file menjadi satu dokumen secara online. Meskipun berada didalam satu dokumen yang sama, file yang sudah digabungkan tadi dengan langkah-langkah diatas terletak dilembaran yang baru. Hal ini diakibatkan karena proses penggabungan dari situs itu dengan sistem memakai page break. Jadi Kalian hanya perlu hapus page break tersebut dengan menekan tombol “Del” saja.

Nah demikian pembahasan tentang Cara Menggabungkan Beberapa File di Microsoft Word menjadi satu dokumen. Jika Kalian mempunyai pertanyaan seputar pembahasan ini, dapat bertanya langsung di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba.