Cara Mudah Flash Advan I5C

Seri Advan i5C merupakan salah satu smartphone yang sudah menggunakan Android versi 5.1 Lollipop. Namun, masih tergolong sebagai jenis ponsel Android dengan kategori seri low-end. Oleh karena itu, jika pengguna menginstal terlalu banyak aplikasi pada ponsel ini, dapat terjadi hang atau bahkan boot loop pada ponsel. Oleh karena itu, jika pengguna menginstal terlalu banyak aplikasi pada ponsel ini, dapat terjadi hang atau bahkan boot loop pada ponsel.Ini karena tidak semua aplikasi saat ini yang disesuaikan dengan versi Android yang lebih tinggi dapat bekerja secara optimal di perangkat ini. Pasalnya, kapasitas RAM ponsel Advani 5C masih tergolong kecil. Seperti yang Anda ketahui, boot loop adalah keadaan saat ponsel dihidupkan. Anda masih bisa menyalakannya, tetapi cukup rekatkan ke logo merek pabrikan. Namun, jika pengguna bersikeras menginstal terlalu banyak aplikasi. Seperti fb, bbm, wa, ig, game dan lain sebagainya. Tentu saja performa ponsel Advan i5C ini bisa dilihat dari terasa lambat dan berat.

Flash adalah cara yang efektif untuk menyelesaikan masalah ponsel, termasuk  Advan I5C. Biasanya flashing dilakukan saat handphone mengalami beberapa masalah seperti  bootloop, lupa pola, virus, hingga matot alias mati total. Jika Advan I5C Anda hanya sedikit rusak, sebaiknya lakukan factory reset terpebih dahulu. Namun, jika ponsel tidak kunjung membaik, maka mau tidak mau Anda pastiharus menekan flash. Penting untuk diketahui bahwa proses flashing  dapat menghapus semua  data  dari ponsel. Jika memungkinkan, buat cadangan data yang dianggap penting.  Wisdom di sini mem- flash Advan I5C melalui SP Flashtool. Jika Anda belum pernah mem- flash sebelumnya, Anda harus membawa seorang profesional untuk menghindari kesalahan flash.

A. Bahan yang Diperlukan

  1. Unduh USB Driver MTK
  2. Unduh SP Flashtool versi terbaru (direkomendasikan)
  3. Unduh Firmware Advan I5C (Jika diminta password saat melakukan ekstrak, ketikkan veflash.com)
  4. PC atau laptop dengan sistem operasi Windows
  5. Kabel USB asli PC atau bawaan Advan I5C (jika memungkinkan)
  6. Pastikan baterai ponsel minimal 70%,ini untuk menghindari flash gagal karena power mati 

B. Cara Flash Advan I5C Mediatek dengan SP Flashtool

Jika bahan di atas sudah siap, silahkan ikuti cara flash Advan I5C seperti berikut:

  1. Pertama anda ekstrak semua komponen yang sudah anda download.
  2. Kemudian, instal driver USB di PC atau laptop Anda. Pastikan driver sudah terinstal dengan benar agar ponsel dapat dideteksi oleh PC.
  3. Kemudian, buka folder SP Flashtool. Untuk melakukannya, buka file flash_tool.exe > klik kanan > pilih Run as Administrator.
  4. Setelah membuka SP Flashtool, klik menu Scatter-loading. Nantinya, Anda kemudian akan diarahkan ke folder hasil ekstrak software Advan I5C.
  5. Jika file scatter ponsel Advan  I5C berhasil di muat, silakan periksa bagian PRELOADER. Kemudian klik Download untuk memulai proses flashing.
  6. Pada titik ini, matikan smartphone Anda. Jika demikian, sambungkan ke PC Anda melalui kabel USB sambil  menekan tombol Volume turun.
  7. Silakan tahan tombolsampai PC mendeteksi telepon. Biasanya ditandai dengan indikator merah di SP Flashtool seperti gambar dibawah ini.
  8. Kemudian tunggu proses flashing selesai. Kemudian akan muncul pesan  “Download OK” yang menandakan bahwa  flashing berhasil.
  9. Terakhir, tutup saja SP flashtool dan cabut kabel USB.

Harap dicatat bahwa start pertama dapat memakan waktu hingga 5-10 menit. Ini karena ponsel harus beradaptasi dengan ROM baru.  Dengan mem- flash mediatec I5C Advance melalui SP Flashtool seperti di atas, kemungkinan besar masalahan pada ponsel  dapat teratasi.

RajaBackLink.com