Cara Mudah Mengatasi Consider Replacing Your Battery

Saat kita menggunakan laptop, maka salah satu komponen yang perlu menerima perhatian adalah baterai. Mengapa demikian? Alasannya, lantaran baterai dalam laptop ini memang mampu gampang rusak, lho. Misalnya, drop. Baterai dalam laptop secara generik mampu bertahan selama bertahun-tahun, asalkan pemakaiannya benar. Walaupun tergantung dari tipe baterainya juga, ya. Hehe. Nah, salah satu error terkait baterai yang tak jarang ditemui, terutama pada sistem operasi Windows 7, 8, dan 10, yakni munculnya pesan “consider replacing your battery“. Masalah inilah yang akan kita bahas di sini.

A. Penyebab Pesan Consider Replacing Your Battery pada Laptop

Windows mempunyai kolom spesifik  yang bisa menampilkan status baterai. Tepatnya terdapat pada bagian kanan bawah taskbar. Pesan replace baterai ini ada dalam kolom tadi, dan umumnya ditimbulkan disebabkan oleh dua hal:

  1. Kondisi baterai yang memang telah bermasalah.
  2. Sistem yang terdapat suatu bug.

Tapi, sejauh yang aku tahu, kebanyakan justru lebih berdasarkan perkara bug saja. Jadi, pada dasarnya sistem mendeteksi bahwa terdapat eror dalam baterai, padahal sebenarnya tidak.

B. Cara Mengatasi Pesan Consider Replacing Your Battery

Ada beberapa cara yang sanggup dilakukan buat  mengatasinya. Di sini akan aku jelaskan secara terperinci, barangkali sanggup membantu Anda tanpa perlu membawa laptop ke loka servis dulu. Berikut pembahasannya:

RajaBackLink.com

1. Atur Ulang Baterai

Langkah manual ini ditujukan buat  menghilangkan pesan “consider replacing your battery” dalam laptop Windows. Meski terbilang manual, tetapi tips ini sanggup  dibilang relatif efektif, lho. Silakan ikuti, ya:

  1. Pertama, cas laptop hingga baterai terisi 100% dan jangan dilepas.
  2. Kemudian matikan laptop dan nyalakan lagi.
  3. Saat laptop baru menyala, tekan tombol F8 berulang-ulang,
  4. Lalu masuk ke Safe Mode.
  5. Lepas charger dan abaikan baterai laptop hingga habis baterainya.

Setelah itu, silakan cas laptop hingga penuh, dan nyalakan kembali. Dengan begitu, status replacing tersebut seharusnya sanggup hilang. Cara ini biasa dikenal menggunakan kata kalibrasi. 

2. Update Windows ke Versi Terbaru

Tiap versi Windows mempunyai fitur masing-masing. Khusus buat Windows 7, masih ada versi Service Pack yang sanggup kita gunakan buat menghilangkan pesan replacing battery. Cara ini seharusnya efektif. Lantaran update ini ditujukan buat menghilangkan pesan sekaligus perindikasi silang dalam kolom status baterai. Caranya gimana? Bisa melalui Windows Update:

  1. Klik Start, kemudian pilih Control Panel.
  2. Selanjutnya, buka menu Windows Update.
  3. Nah, akan tersedia update baru. Silakan lakukan update di sana.
  4. Terakhir, restart laptop.

Kalau mau, bisa juga dilakukan secara manual. Kalau telah terselesaikan semua, kini coba deh buka kolom baterai yang terdapat pada kanan bawah. Silakan hilangkan centang Need Replacement (atau yang kurang lebihnya begitu). Maka, secara otomatis pesan tadi akan hilang.

3. Pertimbangkan Ganti Baterai

Gimana bila belum berhasil? Mungkin Anda sanggup coba juga pertimbangkan buat mengubah baterai. Baterai laptop yang bermasalah, umumnya punya beberapa karakteristik spesifik. Misalnya nih, cepat habis, bila dicas lama, dan lain sebagainya. Windows akan mendeteksi perkara ini menjadi  error dalam sistem. Jadi, tidak heran bila pesan replacing battery ini ada. Dengan mengubah baterai, secara otomatis pesan tadi akan hilang. Tapi disarankan coba reinstall dulu Windows, lantaran hal ini umumnya sanggup ikut mempengaruhi juga. 

Begitulah pembahasan mengenai Cara Mudah Mengatasi Consider Replacing Your Battery. Jika mendapati pesan ini maka  baterai laptop Kamu rusak, mau tidak mau ganti baterai. Masih punya pertanyaan? Tanyakan saja. Bisa lewat kotak komentar yang sudah disediakan di bawah ini, ya. Semoga bermanfaat.