Macam-Macam Aplikasi dan Cara Mempercepat HP Android

Saat ini memang banyak sekali smartphone android berjenis low-end yang dengan kapasitas RAM 1 GB. Jenis smartphone android yang ini pun banyak menjadi pilihan masyarakat karena memiliki harga yang relatif terjangkau. Selain besarnya RAM yang bisa mempengaruhi kinerja android, ternyata terlalu banyak aplikasi yang berjalan juga menjadi salah satu penyebab smartphone lemot karena akan memanaskan CPU dan akan menimbulkan masalah lainnya. Untuk mengatasi hal ini, pengguna ponsel cerdas dengan keluhan di atas dapat menggunakan aplikasi untuk mempercepat kinerja android.

A. Aplikasi percepat Kinerja Android

Terdapat banyak sekali aplikasi booster yang dapat kamu temukan di play store baik itu yang gratis maupun berbayar. Berikut ini merupakan aplikasi mempercepat android yang teknoinside rekomendasikan.

1. Assistant for Android

Aplikasi booster android pertama yang banyak digunakan yaitu aplikasi Assistant for Android. Aplikasi ini terbukti sangat efektif meningkatkan kinerja smartphone android Anda. Aplikasi Assistant for Android tersedia dalam dua versi, yaitu versi gratis dan versi pro (berbayar). Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan 18 fitur untuk memantau kinerja CPU, RAM, ROM, dan SD Card. Tidak hanya itu Assistant for Android juga menawarkan banyak sekali kontrol atas  penghemat baterai, manajer file, batch uninstall, dan masih banyak fitur lainnya. Namun, keterbatasan aplikasi ini adalah selalu berjalan di latar belakang, sehingga akan menguras daya baterai.

2. 1-Tap Cleaner

Aplikasi selanjutnya adalah aplikasi 1-Tap Cleaner. Aplikasi 1-Tap Cleaner bekerja dengan membersihkan file sampah, riwayat penelusuran, cache, cookie, dan log. Penggunaannya juga sangat sederhana, hanya sekali klik saja maka semuanya dapat teratasi. Anda dapat menggunakan aplikasi ini dengan versi gratis dan versi pro (berbayar).

RajaBackLink.com

3. Clean Master

Ketika datang untuk membersihkan dan meningkatkan kinerja masalah android,tidak ada keraguan bahwa itu dikemas dengan fitur. Salah satunya adalah real- time. Beberapa fitur yang diimplementasikan oleh Clean Master yaitu Applock, duplikat remover, membersihkan file sampah, mendinginkan CPU dengan cara menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang dan masih banyak lagi. Bahkan aplikasi ini juga dikatakan mampu mempercepat Android hingga 30% saat bermain game. Aplikasi ini memiliki kelemahan yaitu sering menampilkan notifikasi yang tidak perlu.

4. AVG Cleaner

AVG adalah pengembang aplikasi yang cukup bagus dan populer, terutama  aplikasi antivirus. Tidak hanya antivirus, AVG juga menawarkan aplikasi Android bernama AVG clenaer. Dengan menggunakan aplikasi AVG cleaner, dapat membantu Anda meningkatkan kinerja smartphone Android Anda. Aplikasi AVG Cleaner akan menambah ruang penyimpanan, menghemat baterai, dan juga mengurangi penggunaan data autorun. Aplikasi AVG Cleaner secara otomatis membersihkan perangakat Android Anda dari file sampah. Kelemahan dari aplikasi ini adalah menghabisikan banyak baterai.

5. Booster

Aplikasi pengingat aktivitas Android terbaik ialah Booster. Selain itu, Anda dapat mempercepat kinerja perangakat Android Anda. Booster juga hemat energi, bebas iklan, dan  dikemas dengan fitur unik. Aplikasi Booster menutup aplikasi latar belakang untuk mengoptimalkan penggunaan Android. Selain itu, Booster dilengkapi dengan navigasi yang mudah untuk membersihkan file sampah dengan cepat dan menawarkan pemantauan status baterai dan perkiraan penggunaan. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa Anda tidak akan diganggu oleh iklan. Salah satu bentuk upaya dalam mempercepat kinerja ponsel, ialah meng uninstall aplikasi Karena jika ada terlalu banyak aplikasi dan aplikasi ini tidak terlalu penting.  Jadi jika tidak dicentang, maka akan menumpuk dan mengurangi resource memory. Jika memori semakin berkurang, maka akan mempengaruhi pengoperasian ponsel Android. 

Demikianlah pembahasan mengenai tentang Macam-Macam Aplikasi Mempercepat HP Android. Semoga bermanfaat.