Permasalahan Laptop Tidak Bisa Masuk BIOS

Laptop Kalian tidak bisa masuk BIOS? Nah, Buat Kalian yang belum tahu, BIOS ini penting sekali perannya di laptop, karena semua pengaturan basic pada sistem harus diatur melewati BIOS.

  1. Untuk pengaturan booting menginstall Windows
  2. Untuk Pengaturan overclock CPU atau GPU dan yang lainnya

Lalu, apa yang terjadi apabila tidak dapat masuk ke BIOS? Tentu akan sangat mengganggu, terutama disaat laptop sedang rusak. Ini merupakan salah satu masalah umum yang bisa aja terjadi. Berikut ini kita bahas penyebabnya.

A. Permasalahan Laptop Tidak Bisa Masuk BIOS

Ada beberapa hal yang menyebabkan Laptop tidak bisa masuk BIOS Diantaranya:

1. Tombol BIOS Tidak Berfungsi

RajaBackLink.com

Contohnya F2, F12, DEL dan lainnya. Tombol ini kita tekan untuk masuk kedalam pengaturan BIOS. Jika tombol ini tidak berfungsi tentu dapat Kamu dibayangkan sendiri.

2. Layar BIOS Terlewati

Fitur fast booting dibeberapa laptop membuat layar BIOS hilang. Ini juga penyebab kita jadi tidak bisa masuk kedalam BIOS.

3. Salah Tombol

Masalah salah pencet tombol ataupun tertukar bisa terjadi kok.

4. BIOS Corrupt

BIOS corrupt (rusak) bisa saja terjadi walaupun sangat jarang sekali. Ketika BIOS corrupt, laptop tidak dapat memuat BIOS.

B. Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Masuk BIOS

Untuk cara mengatasinya, berikut ini langkah-langkahnya:

1. Periksa Dahulu Keyboard Laptop

Tombol keyboard laptop di cek dan pastikan harus (masih) berfungsi dan tidak ada masalah. Cara mengeceknya berikut ini:

  1. Pertama, Sambungkan laptop ke internet.
  2. Kemudian buka situs untuk cek Keyboard seperti keyboardchecker.com atau yang lainnya.

Cukup ketik tombol BIOS. Jika masih berfungsi maka aplikasi pengecekan akan merespon tombol itu.

2. Cek Tombol BIOS

Tombol BIOS masing-masing laptop berbeda tergantung dari merk dan tipe laptop. Perlu diperhatikan, untuk tombol tersebut harus tidak salah. Kenapa? Karena kalau salah, laptop tidak akan merespon meskipun Kamu sudah berkali-kali menekan tombolnya.

Laptop Tombol
ASUS F2
Dell F2, F12, ESC
Toshiba F1 atau F2
Acer F1 atau F2
Lenovo F2 atau tekan FN + F2

Untuk lebih lengkapnya, Kamu bisa coba cari informasi tombol BIOS sesuai merk dan tipe laptop Kamu lewat internet atau yang lainnya.

3. Menonaktifkan Fast Boot

Fast boot ialah salah satu fitur yang berfungsi untuk mempercepat proses booting. Masalahnya ialah fitur ini terkadang melewati layar BIOS, dan efeknya akan menyulitkan waktu menekan tombol keyboard untuk masuk ke BIOS. Caranya dengan menonaktifkan fast boot. Untuk caranya lebih lengkapnya silahkan cari di internet sesuai merk dan tipe laptop Kamu.

4. Mereset BIOS

Mereset BIOS bertujuan untuk mengatur kembali pengaturan yang tidak sengaja salah. contohnya fast boot tadi. Untuk cara resetnya harus clear CMOS (semacam baterai). cara ini dapat dilakukan dengan catatan harus membongkar laptop Kalian dulu.

5. Service Laptop

Service laptop ialah rekomendasi terakhir yang bisa Kalian coba. Servic laptop ini bermanfaat contohnya seperti mereset BIOS tapi tidak bisa membongkar sendiri laptop, masalah BIOS corrupt, dan yang lainnya. Caranya dengan dilakukannya flash ulang firmware BIOS. Sehingga data BIOS yang lama akan berganti dengan yang baru.

 

Begitulah ulasan tentang Permasalahan Laptop Tidak Bisa Masuk BIOS. Semua solusi diatas dijamin dapat membantu Kalian untuk memperbikinya, jadi silahkan Kalian lakukan satu-persatu. Definisi dari Laptop Tidak Bisa Masuk BIOS ini berbeda-beda. Jadi coba tanyakan kembali lewat komentar Jika mengalami masalah yang berbeda. Contohnya layar laptop gelap saat melakukan BIOS atau yang lain sebagainya. Semoga bermanfaat dan Selmat Mencoba.