Cara Membuat Aplikasi Android untuk Pemula

Cara membuat aplikasi Android Ternyata tidak sesulit apa yang dibayangkan. Tidak hanya bisa dikembangkan oleh orang dengan latar IT, namun seorang pemula ternyata juga bisa membuat aplikasi Android asalkan mengetahui cara-caranya. Meski tidak secanggih aplikasi yang dibuat oleh developer namun bisa membuat aplikasi Android sederhana.

Cara membuat aplikasi Android untuk pemula tidaklah harus dengan menggunakan kode-kode yang rumit dan peralatan yang canggih. Pengguna juga tidak perlu harus memahami bahasa pemrograman yang memusingkan otak, namun cara membuat aplikasi sendiri bagi pemula hanya cukup dengan menjalankan aplikasi tertentu.

Daftar aplikasi untuk membuat Aplikasi Android

Ada banyak aplikasi yang dapat digunakan oleh pemula untuk membuat aplikasi Android. Aplikasi ini pun dapat digunakan secara gratis. Pengguna pun bisa mendapatkan aplikasi-aplikasi tersebut di internet, lalu menginstalnya di PC.

1. Android Studio

Android Studio adalah salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi sendiri hanya dengan ponsel. Sebelum menjalankan aplikasi ini, pengguna harus mempersiapkan beberapa file terlebih dahulu.

RajaBackLink.com
  1. Unduh Download Java Development Kit (JDK) terlebih dahulu. JDK adalah sebuah software development environment yang nantinya digunakan untuk mengembangkan aplikasi berbasis Java.
  2. Instal JDK di PC.
  3. Unduh Android Studio, lalu instal aplikasi tersebut di PC.
  4. Selanjutnya silahkan buka Android Studio yang sudah terinstal di PC. Ketik ada kotak dialog, silahkan lakukan konfigurasi awal Android Studio. Caranya adalah klik do not import setting jika hal ini merupakan pertama kali membuka aplikasi ini.
  5. Selanjutnya pilih tema Studio Android-mu. Ceklis Android Virtual Device jika kamu ingin meng-install Emulator Android di PC. Pengguna akan diminta menentukan RAM yang akan dipakai oleh emulator. Klik finish, maka Android Studio akan mendownload file-file yang dibutuhkan.
  6. Install Android SDK (Software Development Kit). Selanjutnya centang pada OS Android akan diinstall di SDK.

Langkah membuat aplikasi Android

Setelah mempersiapkan beberapa hal diatas, silahkan ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat aplikasi Android di aplikasi Android Studio berikut ini.

  1. Create new project, lalu buka android studio dan pilih start a new android studio project. Tulis nama aplikasinya dan pilih lokasi penyimpanan project android studio.
  2. Pilih minimum OS Android yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasimu, lalu pilih empty activity dan tulis nama activity yang akan dibuat lalu klik Finish
  3. Tampilan Environment Android Studio dengan cara focus pada main activity dan activity_main.xml
  4. Lihat Tampilan Android yang dapat dilakukan dengan membuka file activity_main.xml
  5. Jalankan aplikasi Android dengan klik tombol play berwarna hijau. Berikutnya pilih lokasi untuk menjalankan aplikasi androidnya

AppsGeyser

AppsGeyser dapat digunakan oleh pemula untuk membuat sebuah web app. Web app adalah aplikasi yang memudahkan pengguna untuk mengakses web dari ikon aplikasi. Pembuatan aplikasi Android dengan AppGeyser terbilang sederhana hanya dengan beberapa tahap saja.

  1. Kunjungi website AppsGeyser kemudian klik tombol create now for free
  2. Pilih salah satu dari berbagai macam template aplikasi yang ditawarkan, misal membuat webb app
  3. Masukkan halaman website, lalu tekan Go untuk mengubah konten yang ada.
  4. Arahkan ke bawah untuk memilih warna tema aplikasi dan klik Next.
  5. Tulis nama aplikasi lalu tekan next
  6. Ketik deskripsi aplikasi dengan jelas, lalu next
  7. Pilih ikon aplikasi yang tersedia, lalu next
  8. Selanjutnya klik create untuk kamu membuat aplikasi Android, lalu tinggal log in dengan cara sign in.

Demikian cara membuat aplikasi Android yang dapat coba oleh pemula. Meskipun tanpa mengetahui bahasa pemrograman, pengguna tetap bisa membuat aplikasi Android sederhana. Gunakan aplikasi-aplikasi yang direkomendasikan di atas sesuai dengan kebutuhan masing-masing.